Khasiat Daun Alpukat Lawan Batu Ginjal (2)

Subagyo tak pernah menerka kebiasaan menahan kencing semenjak muda berakibat fatal  Khasiat Daun Alpukat Lawan Batu Ginjal (2)


Subagyo tak pernah menerka kebiasaan menahan kencing semenjak muda berakibat fatal 20 tahun kemudian. Tak dinyana suatu saat Maret 2010 Subagyo diserang sakit di pinggang.


Semula sakit itu dianggap angin kemudian karena sesekali saja muncul. Namun sehabis berjalan 3 bulan, frekuensi timbulnya sakit pinggang itu kian sering. Pengusaha sembako di Jakarta Barat itu hingga sulit beraktivitas karena dalam sehari sakitnya sanggup tiba 3-4 kali.


Subagyo juga mengeluhkan kesulitan buang air kecil. Kondisi itu mendorongnya memeriksakan diri kepada dokter di rumahsakit. Setelah berkonsultasi dan menjalani investigasi ultrasonografi, terungkap di ginjal kiri ayah 3 anak itu terdapat watu ginjal yang sudah berukuran biji kedelai. Solusinya hanya satu: Subagyo mesti menjalani operasi.


Namun Subagyo menentukan cara lain untuk meluruhkan watu ginjal itu. Ia meminum kapsul daun alpukat sebanyak masing-masing 3 kapsul di pagi dan sore. Pemakaian kapsul daun alpukat itu atas saran istrinya yang memperoleh gosip wacana khasiat daun alpukat dari salah satu rekan arisannya.


Sebulan rutin mengonsumsi, Subagyo mulai mencicipi perubahan. Menurut Subagyo setiap kencing ia agak kesakitan dan melihat terdapat serbuk halus di air kencing itu. Subagyo belum menyadari jika itu yakni watu ginjal yang luruh. Efek lain yang dirasakan yakni sakit pinggangnya mulai berkurang. Sekitar sepekan kemudian, Subagyo benar-benar mencicipi tubuhnya lebih sehat. Supaya memastikan jika itu sebab rutinitas mengonsumsi kapsul daun alpukat, ia memeriksakan diri ke rumahsakit. Hasilnya? Batu di ginjal kirinya lenyap.


Bukti empiris itu sejalan dengan hasil penelitian Anggara Hernas Saputra pada 2009. Periset dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor itu menunjukan daun alpukat mempunyai sifat antilithiasis atau menghambat pembentukan watu ginjal yang merupakan kristal kalsium oksalat.


Dalam riset itu tikus yang menerima 3 ml per 200 gram bobot tubuh (BB) ekstrak etanol daun alpukat yang diasupkan melalui air minum mempunyai kadar kalsium sebesar 0,060. Nilai itu lebih rendah 0,079 daripada tikus tanpa perlakuan dengan kadar kalsium 0,139.


Sejatinya, watu ginjal yang menyumbat itu jika dibiarkan sanggup merusak kerja ginjal atau gagal ginjal. Padahal ginjal sepanjang 12,5 cm dengan tebal 2,5 cm itu mempunyai 1-4-juta nefron yang berperan menyaring 170 liter darah dalam 24 jam. Ginjal juga penting menyaring limbah metabolik, kelebihan garam dan air dari darah, serta mengatur tekanan darah di tubuh.


Kehadiran daun alpukat mempunyai kegunaan meluruhkan watu ginjal menyerupai keji beling, meniran, dan kumis kucing yang lebih dahulu terkenal sanggup menambah khazanah herbal di tanahair.


Belum ada Komentar untuk "Khasiat Daun Alpukat Lawan Batu Ginjal (2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel