Gudangnya Jambu Air

Indonesia yaitu gudangnya jambu air. Hampir semua jenis jambu air unggulan yang dikenal berasal dari sini. Sekadar menyebutkan contoh, di Sampang, Madura terdapat jambu air camplong.


Jambu air yang telah dirilis menjadi varietas unggulan nasional pada 1997 tersebut mempunyai warna kulit buah putih, berdaging tebal dengan bobot buah 80-100 gram/buah, berasa anggun serta tidak berbiji. Lantas siapa tak mengenal jambu air semarang yang mempunyai 2 tipe warna merah dan hijau putih. Belum lagi menyebut jambu air lilin, apel, dan cincalo.


Yang menciptakan miris justru di negara lain jambu air asal Indonesia berkembang pesat menjadi komoditas hortikultura yang komersial. Contoh jambu air citra. Jambu air berbobot hingga 150-200 gram/buah itu malah dikembangkan secara besar-besaran oleh para pekebun Thailand. Kondisi itu memperlihatkan ketidakmampuan kita dalam menghargai sumber plasma nutfah jambu air. Orang luar malah lebih jeli memanfaatkan sumber plasma nutfah kita sebagai suatu berkah.


Jambu air black diamond, misalnya, sangat populer di Taiwan. Padahal tetua jambu air itu berasal dari tanahair. Melihat ciri buahnya, jambu air tersebut menyerupai dengan varietas semarang yang lalu sesudah dipoles oleh jago buah Taiwan, penampilannya menjadi lebih menarik dan menggiurkan sehingga nilai komersialnya meningkat.


Lantas mengapa Taiwan sukses mengebunkan? Rupanya jambu air di sana dipelihara dengan sepenuh hati alasannya menjadi sumber pendapatan. Pemangkasan, pemupukan, dan pengairan dilakukan rutin sehingga setiap pohon jambu air bisa dipanen 3-4 kali setahun.


Buah pun diperlakukan baik. Setiap buah itu dibungkus kertas pembungkus khusus. Hasil perawatan maksimal itu yaitu buah yang mulus, renyah, dan manis. Sedangkan produksi lokal sejauh ini minim perawatan sehingga sosok buahnya meski menarik, tapi ukurannya kecil sekitar 80 gram/buah dan kurang berasa manis. Pantas dengan kondisi itu para pekebun di Taiwan bahkan bisa mengekspor produksi jambu air ke banyak sekali negara menyerupai Jepang dan beberapa negara Eropa dengan harga tinggi mencapai Rp45.000-Rp50.000 per kg.


Fakta itu pula yang mendorong Thailand membuatkan jambu air dengan tujuan menyerupai Taiwan. Nah ketika ekspresi dominan raya jambu air di negeri yang tidak pernah dijajah itu sangat gampang menjumpai jambu air lilin hijau yang bekerjsama tidak begitu menarik karena sosoknya panjang, pucat dan kurang manis. Jenis anggun yang ada antara lain varietas king dan tentunya jambu air gambaran yang telah bersalin rupa.


Bagi mereka hingga ketika ini sumber plasma nutfah jambu air Indonesia dinilai eksklusif, jadi sudah sepantasnya kita memperlihatkan perhatian khusus bagi si jambu air sehingga jangan hingga sesudah diakui di mancanegara barulah kita kebakaran jenggot.


Belum ada Komentar untuk "Gudangnya Jambu Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel