Kepiting Soka Dari Tarakan Kalimantan Utara

Bagi penggemar masakan seafood terutama kepiting Kepiting Soka Dari Tarakan Kalimantan UtaraBagi penggemar masakan seafood terutama kepiting, sanggup menyantap kepiting soka yakni sesuatu istimewa. Harap mafhum kepiting soka sanggup dilahap seluruh tubuhnya.


Hal itu alasannya karapas kepiting lunak. Penyebutan soka sebetulnya mengacu kepada proses moulting alias berganti kulit sehingga seluruh kepingan karapas kepiting dalam kondisi lembek belum sempat mengeras.


Kota Tarakan di Kalimantan Utara mempunyai masakan khas kepiting soka. Bahkan masakan itu sudah menjadi oleh-oleh bagi pelancong yang tiba ke kota seluas 250 kilometer persegi itu sesudah menyelam di Pulau Derawan.


Bagi penggemar masakan seafood terutama kepiting Kepiting Soka Dari Tarakan Kalimantan UtaraData dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Tarakan pada 2011 memperlihatkan produksi kepiting soka yang diperoleh dari Pulau Tarakan dan sekitarnya mencapai 5.200 kg per bulan.


Kepiting-kepiting soka itu merupakan hasil pembesaran di keramba-keramba jaring apung yang diawasi ketat sehingga masa moulting kepiting sanggup terpantau.


Nah kepiting soka itu diolah dengan cara menggoreng menggunakan tepung, tapi ada pula yang tidak. Hasilnya disebut sebagai Kaltara Fried Crab Soka alias KFC Soka yang berasa crispy dan gurih. Harga KFC Soka rata-rata mencapai Rp75.000. Namun untuk sajian sup kepiting sekitar Rp25.000. Sebab tanpa pengawet KFC Soka kalau dibawa sebagai oleh-oleh hanya tahan disimpan selama 24 jam.


Belum ada Komentar untuk "Kepiting Soka Dari Tarakan Kalimantan Utara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel