Unsur Hara Dan Buah Rontok

 Jawa Tengah seringkali mendapati pentil buah pohon jeruk pamelo yang ditanam di belakang  Unsur Hara Dan Buah RontokDarman di Karanganyar, Solo, Jawa Tengah seringkali mendapati pentil buah pohon jeruk pamelo yang ditanam di belakang rumah rontok. Pun Sriyanti di Bogor yang merawat 2 pohon jambu kerikil kristal. “Pentil buah yang rontok cukup banyak,” ujar wanita 35 tahun itu. Apa sebab?


Sejatinya pohon yang mempunyai pentil buah “rakus” menyerap unsur hara. Sebab itu jikalau persediaan unsur hara di media tanam sedikit, tumbuhan bakal kesulitan menjaga pentil buah bermetamorfosis buah. Bahkan unsur hara yang sedikit itu memicu tumbuhan lambat menghasilkan tunas baru. Bila muncul pun, tunas gres lambat membesar.


Sebaliknya, jikalau unsur hara mencukupi, pentil buah leluasa berkembang. Demikian pula tunas baru. Bila pemupukan dilakukan secara benar, yaitu takaran tepat, komposisi tepat, dan frekuensi pinjaman sering, maka tunas gres akan tumbuh pesat. Patokannya sehelai tunas akan muncul saban pekan. Sinar matahari yang cukup juga mendorong tajuk pohon lekas rimbun. Kondisi itu merangsang pembungaan sampai menjadi pentil buah di ujung ranting.


 Jawa Tengah seringkali mendapati pentil buah pohon jeruk pamelo yang ditanam di belakang  Unsur Hara Dan Buah RontokSaat ekspresi dominan hujan, kadar air di tanah biasanya melonjak sehingga konsentrasi unsur hara di tanah menjadi rendah. Akar akan lebih banyak menyerap air sehingga tumbuhan akan berhenti menghasilkan bunga. Solusi mengatasinya: tutup permukaan media menggunakan plastik. Plastik menciptakan kadar air media tidak bertambah. Cara tersebut sanggup mempertahankan konsentrasi unsur hara.


Pada ekspresi dominan hujan proses fotosintesis tumbuhan berjalan lambat. Akar tumbuhan tidak banyak mempunyai energi untuk menyedot unsur hara. Energi yang dimiliki pun terbatas untuk memasok unsur ringan, ibarat air dan nitrogen, sedangkan unsur hara lain sulit terangkut.


Pakar fisiologi tanaman, Ir Yos Sutiyoso di Jakarta menyebutkan kondisi itu memicu ketimpangan absorpsi unsur hara.  Kondisi itu alih-alih menciptakan tumbuhan tak kunjung berbunga dan berbuah. Cara mengatasinya, berikan pupuk daun yang akan masuk melalui stomata untuk memasok kekurangan unsur hara lain.


Belum ada Komentar untuk "Unsur Hara Dan Buah Rontok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel