4 Tahap Cara Budidaya Asam Jawa Dengan Mudah

Panduan Cara Budidaya Asam Jawa Lengkap Dengan Penjelasan Dan Klasifikasinya


Hai Sahabat……kali ini kita akan membahas wacana buah yang mempunyai rasa masam baik itu dari muda sampai buah matang, buah itu yaitu Asam. Untuk lebih jelasnya mari simak klarifikasi dibawah ini.


Asam jawa, asam atau asem yaitu sejenis buah yang mempunyai rasa masam. Asam biasa dipakai sebagai adonan bumbu dalam banyak kuliner Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, contohnya pada sayur asam atau kadang kala kuah pempek. Asam juga dipakai untuk adonan jamu tradisional yaitu jamu gendong. Asam jawa dihasilkan oleh pohon Tamarindus indica dan termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini yaitu satu-satunya anggota marga Tamarindus.


Panduan Cara Budidaya Asam Jawa Lengkap Dengan Penjelasan Dan Klasifikasinya 4 Tahap Cara Budidaya Asam Jawa Dengan Mudah


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Fabales

Famili: Fabaceae

Upafamili: Caesalpinioideae

Bangsa: Detarieae

Genus: Tamarindus

Spesies: T. indica


Berikut yaitu cara budidaya asam jawa:

Syarat Tumbuh

Panduan Cara Budidaya Asam Jawa Lengkap Dengan Penjelasan Dan Klasifikasinya 4 Tahap Cara Budidaya Asam Jawa Dengan Mudah


Asam sanggup tumbuh di tanah berpasir maupun tanah liat baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dari 1000 sampai 1500 meter diatas permukaan laut. Di kawasan tropis lembap dengan curah hujan lebih dari 4000 mm pohon asam tidak sanggup tumbuh bunga.

Pedoman Budidaya

Pohon asam sanggup diperbanyak dengan memakai benih, pencangkokan, penyambungan, dan penempelan. Pohon induk yang baik biasanya diperbanyak secara vegetatif.

Penempelan perisai (shield budding) dan penempelan tambalan (patch budding) serta sambung-celah (cleft grafting) merupakan metode yang cepat dan sanggup mendapatkan amanah Pohon hasil perbanyakan secara penempelan atau penyambungan ditanam di kebun pada awal animo hujan dengan jarak tanam 8-10 m.

Pemeliharaan Asam

Pemeliharaan pada asam di lakukan secara intensif yaitu dengan cara pemupukan secara berkala, penyambungan yang sanggup dilakukan pada umur 3-4 tahun , penyiraman di lakukan 2 hari dalam satu hari, penyuburan kembali tanah , penimbunan batang dengan tanah semoga menghasilkan akar yang baru. hal-hal ini dilakukan bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan asam jawa .

Hama Dan Penyakit

Hama yang sering menyerang pohon asam yaitu penggerek (shot-hole borers), serangga (toy beetles), ulat pemakan daun, cacing (bagworms), kutu bubuk, dan kutu perisai. Hama tersebut sanggup ditangani memakai cara yang sempurna apabila memakai obat ibarat pestisida atau yang lain diubahsuaikan dengan takaran yang tepat.

Panen

Panduan Cara Budidaya Asam Jawa Lengkap Dengan Penjelasan Dan Klasifikasinya 4 Tahap Cara Budidaya Asam Jawa Dengan Mudah


Pohon Asam yang baik sanggup menghasilkan sekitar 170 kg / tahun. Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai asam semoga asam tidak terjadi kerusakan atau pun dengan cara menjepit untuk menghindari kerusakan pada polong asam. Biasanya:



  • Buah dari kultivar asam dipanen dalam dua tahap yaitu tahap polong hijau untuk bumbu penyedap, dan polong matang untuk diproses.

  • Buah kultivar elok dipanen dalam dua tahap pula:  tahap setengah matang  dan tahap matang penuh.

  • Pada tahap setengah matang, kulitnya gampang dikupas, daging buahnya berwarna hijau kekuning-kuningan dan konsistensinya ibarat daging buah apel.

  • Pada tahap matang, daging buahnya mengkerut alasannya yaitu hilang kelembapannya, dan berubah warnanya menjadi coklat kemerah-merahan dan menjadi lengket.


Demikian artikel pembahasan tentang”4 Tahap Cara Budidaya Asam Jawa Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa



Belum ada Komentar untuk "4 Tahap Cara Budidaya Asam Jawa Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel