Cara dan Tips Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium

Memelihara Serta Merawat Jenis Ikan Hias Air Tawar Dalam Aquarium Dengan Mudah, Ini Dia Caranya


Hai Sahabat……….


Memelihara ikan hias dalam akuarium tidak hanya untuk sekedar hobi atau hiasan semata kita juga harus merawat atau memelihara kebersihan serta keindahan akuarium. Tanpa merawatnya dengan baik akan menjadikan ikan ikan yang anda pelihara akan tidak terawat dan akan mati. Agar hal tersebut tidak terjadi maka kali ini kita akan membahas perihal  Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar dalam Akuarium, untuk lebih jelasnya simak klarifikasi dibawah ini.

Memelihara Serta Merawat Jenis Ikan Hias Air Tawar Dalam Aquarium Dengan Praktis Cara dan Tips Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium


Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium:


1. Rajin mengganti air dengan yang gres minimal 2x seminggu

Menjaga kebersihan air dalam akuarium ialah hal wajib yang harus dilakukan bagi pemelihara ikan hias. Hal ini dilakukan alasannya ialah kalau air keruh atau tidak higienis didiamkan dalam waktu yang usang serta tidak di bersih-bersihkan maka ikan akan sakit bahkan sanggup mati. Penggantian air sebaiknya dilakukan minimal 2x dalam seminggu.

2. Rajin Membersihkan Kaca Agar Tidak Berlumut

Pencahayaan yang ada dalam akuarium sanggup menjadikan pertumbuhan lumut pada dinding beling akuarium. Adanya lumut pada dinding akuarium akan menjadikan air terlihat keruh dan tidak menarik. Nah untuk menghindari perkembangan lumut dalam akuarium sebaiknya anda memelihara ikan pemakan lumut, seperti: pond snail, otocinclus sp, ikan Siamese algae eater, Malaysian snail, ramshorn dan masih banyak lagi jenis ikan pemakan lumut lainnya yang sanggup anda dapatkan di kawasan penjualan ikan hias. selain memakai ikan pemaka lumut anda juga sanggup memakai obat pencegah pertumbuhan lumut ibarat : vitrol 5% atau stop algae, penggunaan obat tersebut haruslah diadaptasi dengan takaran dalam petunjuk yang ada jangan terlalu banyak alasannya ialah sanggup menjadikan tumbuhan dalam akuarium akan mati (jika ada). Selain memakai ikan pemakan lumut dan obat, pencucian lumut dalam dinding akuarium sanggup dilakukan secara manual, anda sanggup memakai busa resin, darcon, atau pun silet.

3. Mengecek serta membersihkan sistem filter atau penyaring secara rutin

Menjaga kualitas air dalam akuarium sangatlah diperlukan, dan sistem filter ialah alat yang difungsikan untuk hal tersebut. Tetapi Kita harus selalu menjaga sirkulasi air pada filter, apabila tidak terjaga maka kalau terlalu banyak kotoran yang menyumbat pergerakan air akan kurang lancar bahkan sanggup menjadikan kotoran dalam akuarium semakin banyak.Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya anda selalu rutin mengecek dan membersihkan sistem filter pada akuarium biar kualitas kebersihan air tetap terjaga minimal lakukan sekali dalam seminggu.

4. Bersihkan Batuan watu (Gravel) atau Substrat  Yang Ada Dalam Akuarium 

Memelihara Serta Merawat Jenis Ikan Hias Air Tawar Dalam Aquarium Dengan Praktis Cara dan Tips Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium

Pembersihan substrat atau gravel ini sangat penting alasannya ialah gravel sering kali tertutup oleh lumut atau pun kotoran ikan. Pembersihan ini bermanfaat untuk mencegah dekomposisi pada kotoran ikan yang apabila dibiarkan sanggup menjadi toksik bagi ikan. Biasanya yang dibersihkan pada gravel ialah bab atasnya saja dengan cara di sifon memakai selang dengan ukuran yang sempurna alasannya ialah kalau tidak sempurna dan terlalu besar sanggup menjadikan air menjadi keruh. Hal ini sanggup dilakukan minimal sebulan sekali.

5. Perawatan tumbuhan air

Memelihara Serta Merawat Jenis Ikan Hias Air Tawar Dalam Aquarium Dengan Praktis Cara dan Tips Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium

Jika dalam akuarium terdapat tumbuhan maka perlu dilakukan perawatan biar keindahan dalam akuarium tetap terjaga. cara merawatnya ialah dengan cara memangkas, membuang atau memotong tumbuhan yang sudah layu atau mati.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara dan Tips Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara dan Tips Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel