10 Hewan Yang Mampu Berhibernasi Saat Musim Dingin

Hewan-Hewan Yang Memiliki Kemampuan Berhibernasi 


Hibernasi ialah kondisi dimana terjadi ketakaktifan serta penurunan metabolisme binatang yang ditandai dengan pernapasan lebih pelan, kecepatan metabolisme lebih rendah, serta suhu badan lebih rendah. Fungsi dari hibernasi sendiri ialah untuk menghemat energi selama demam isu cuek atau periode tertentu ketika terjadi kelangkaan makanan. Kali ini kita akan membahas wacana hewan-hewan yang bisa berhibernasi, berikut ialah daftarnya:


Hewan-Hewan Yang Memiliki Kemampuan Hibernasi


Beruang

Beruang ialah binatang yang sudah banyak diketahui bisa melaksanakan hibernasi. Spesies beruang yang bisa melaksanakan hibernasi ialah beruang kutub, beruang hitam, beruang cokelat dan beruang hitam amerika. Dalam suhu yang dingin, suhu badan beruang hanya turun sedikit selama hibernasi namun beruang tersebut bisa bertahan sampai 100 hari tanpa makan dan minum selama proses hibernasi berlangsung.


Burung Common Poorwills

Burung Common Poorwills (Phalaenoptilus nuttallii) adalah salah satu jenis binatang yang sanggup berhibernasi, burung ini ialah satu-satunya spesies burung yang sanggup melaksanakan hibernasi dengan suhu, burung ini umum melaksanakan hibernasi ketika suhu benar-benar cuek atau benar-benar panas atau ketika terjadi kesulutan dalam mencari masakan bahkan sanggup melaksanakan hibernasi ketika mengerami anaknya.


Siput atau Bekicot

Siput atau Bekicot ialah salah satu binatang yang sanggup melaksanakan hibernasi pada demam isu cuek dan demam isu panas yang dikenal dengan estivation. Selama hibernasi siput akan masuk dalam cangkang dan menutup lubang dengan kulit yang terbuat dari kapur dan lendir untuk menjaga kelembaban tubuhnya. Bahkan pada iklim kering siput sanggup berhibernasi selama bertahun-tahun.


Tupai Tanah

Hewan ini sanggup berhibernasi selama 9 bulan lebih dalam setahun, bajing tanah ini sanggup berhibernasi ringan yaitu hanya beberapa hari pada waktu tertentu. Hewan ini membuat suatu ruang hibernasi dengan menggali terowongan bawah tanah.


Ular Garter

Ular ini mempunyai kemampuan hibernasi, yang dimana ular ini akan melaksanakan hibernasi bahu-membahu dan mengumpul unyuk kehangatan. Setelah suhu hangat maka ular ini akan berjemur.


Landak

Landak juga termasuk dalam binatang yang bisa berhibernasi, ketika demam isu cuek maka landak akan tidur.


Katak Kayu

Katak kayu ialah salah satu binatang yang mempunyai kemampuan untuk berhibernasi. Cara berhibernasi katak kayu ini sangat unik yaiti katak ini akan tampak membeku menyerupai mati, matanya tertutup, tidak ada detak jantung ada tidak bernapas. Biasanya katak ini akan mencari tempat hibernasi di bawah batu, lorong atau tumpukan daun.


Ratu Lebah

Sementara jantan dan lebah pekerja meninggal pada demam isu panas maka Ratu lebah akan melaksanakan hibernasi selama demam isu cuek dari lubang pohon atau tanah, ratu lebah akan tetap aktif selama 6-8 bulan.


Penyu

Lama waktu hibernasi penyu bergantung pada tempat mereka tinggal, penyu yang tinggal di utara atau kawasan beriklim cuek maka penyu tersebut akan melaksanakan hibernasi selama 6 bulan, selama itu penyu tidak menghirup udara sama sekali dari luar melainkan beliau akan mengambl oksigen dari kulit mereka. Saat hibernasi detak jantung penyu akan turun setiap 5 sampai 10 menit.


Kelelawar

Kelelawar ialah satu-satunya mamalia yang sanggup terbang dan juga salah satu binatang yang sanggup melaksanakan hibernasi. Di alam liar kelelawar berhibernasi selama 64 hari sampai 66 hari dan bangkit hanya untuk minum.


Selain hewn- binatang diatas binatang yang bisa berhibernasi antara lain sigung, hamster, anjing padang rumput, tikus rusa dan lemur.


Demikian artikel pembahasan tentang”10 Hewan Yang Mampu Berhibernasi Saat Musim Dingin“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "10 Hewan Yang Mampu Berhibernasi Saat Musim Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel