Cara Budidaya Kopi Luwak Usaha Yang Menjanjikan

Panduan Lengkap Teknik dan Cara Budidaya Kopi Luwak Usaha Yang Menjanjikan


Kopi Luwak merupakan salah satu jenis kopi yang berasal dari pengolahan yang istimewa, kalau kopi lain difermentasi dengan diawetkan dalam peti maka kopi luwak ini difermentasi di dalam pencernaan luwak yaitu mamalia yang termasuk dalam suku musang-musangan dan Viverridae (garangan). Nama ilmiah luwak yakni Paradoxurus hermaphroditus. Biji kopi yang telah dimakan oleh binatang luwak tersebut akan secara alami mengalami fermentasi dalam perut luwak sesudah dikeluarkan dalam bentuk fases, kopi sanggup diolah.


Cara Dan Teknik Budidaya Luwak


Budidaya kopi luwak terbilang agak sedikit rumit, namun laba dengan kualitas serta harga yang melambung tinggi sangat manis untuk mejadi prospek perjuangan yang menjanjikan. Untuk melaksanakan budidaya ini, anda harus mempunyai 2 lahan tanam yaitu lahan yang pertama dipakai untuk menanam tumbuhan kopi, dan yang kedua yakni untuk lahan sangkar luwak. Sebenarnya kalau ingin lebih fokus untuk memproduksi kopi luwak, anda sanggup hanya mempunyai luwaknya saja, kemudian buah kopinya membeli dari kebun kopi. Jika anda berencana untuk membudidaya luwak dengan dari kebun kopi sendiri berikut ini yakni persiapannya.


Siapkan lahan tanam untuk menanam kopi. Untuk lahan sebaiknya pilih lahan dengan tanah yang manis dan mempunyai cuaca yang mendukung ibarat pada pegunungan. Luas lahan gotong royong tidak terlalu penting untuk produksi kopi luwak tapi yang terpenting yakni cara menanam dan teknik menanam kopi yang benar semoga menghasilkan kopi dengan kualitas yang bagus. Untuk menanam kopi semoga menghasilkan buah kopi berkualitas yang manis ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk teknik budidaya kopi luwak yang baik dan tepat.


Jenis Bibit Kopi Yang Akan Di Tanam

Pilihlah bibit kopi yang berasal dari pohon kopi berkualitas atau sanggup didapatkan dari penjual bibit. Sebenarnya semua jenis binatang luwak suka memakan semua jenis kopi asal kopi tersebut benar-benar matang dan dalam keadaan berkualitas atau bagus. Disarankan untuk menentukan jenis kopi robusta yang dimana kualitas kopi robusta sudah populer manis dan kalau diolah untuk menjadi kopi luwak maka akan semakin meningkat kualitasnya.


Proses Penyemaian dan Penanaman Tanaman Kopi

Sebelum melaksanakan penanaman, lakukan penyemaian bibit kopi hingga berumur 7 hingga 9 bulan. Penyemaian sanggup dilakukan dalam polybag semoga lebih mudah. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan antara lain kadar air, intensitas cahaya, dan juga takaran pupuk yang sempurna dalam proses pemupukan. Siramlah bibit yang disemai sebanyak 2 kali sehari dan beri pupuk urea. Lakukan pula penyiangan pada gulma serta tanaan pengganggu lainnya. Setelah bibit berumur 7 hingga 9 bulan, bibit sudah siap ditanam di lahan tanam.Untuk cara penanaman, sebelumnya lahan tanam harus diberi pupuk sangkar terlebih dahulu kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang sekitar 60 cm persegi dengan jarak tanam sekitar 2,5 cm. Kemudian lubang didiamkan selama 2 bulan. Setelah melaksanakan bibit di tanam maka lakukan perawatan semoga kopi yang dihasilkan manis sehingga luwak mau memakan kopi tersebut.


Proses Produksi Kopi Luwak

Setelah penananam kopi, selanjutnya lakukan produksi kopi luwak. Yang perlu disiapkan tentu saja sangkar luwak dan binatang luwak. Pastikan luwak yang dipilih merupakan luwak yang dalam keadaan sehat dan remaja untuk memakan kopi. Jika mempunyai lahan yang luas dengan produksi buah banyak, sebaiknya anda juga mempunyai jumlah luwak yang cukup. Luwak hanya memakan buah kopi yang benar-benar baik dan matang.


Untuk proses pemanenan sebaiknya dilakukan ketika kopi benar-benar matang. Namun, sebelum diberikan pada luwak, lakukan penyortiran manual pada kopi semoga luwak lebih gampang untuk menentukan buah kopi. Pastikan luwak yang akan dipakai dalam memproduksi kopi dalam keadaan yang sehat. Jika ada gejala luwak sakit, jangan gunakan luwak tersebut dalam produksi kopi luwak.


Untuk peralatan proses produksi ada beberapa alat yang harus dimiliki ibarat daerah untuk menjemur kopi atau mesin over untuk mengeringkan kopi. Tapi untuk proses pengeringan yang paling baik yakni memakai sinar matahari. Selain itu alat yang harus dimiliki yakni mesin tumbuk untuk memisahkan kopi luwak mentah dari kulit arinya. Siapkan pula daerah untuk mencuci biji kopi luwak. Dan alat lain yang harus dimiliki yakni alat tumbuk untuk menghaluskan kopi.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Kopi Luwak Usaha Yang Menjanjikan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kopi Luwak Usaha Yang Menjanjikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel