6 Panduan Lengkap Cara Menanam Jeruk Limau/Jeruk Limo Dengan Mudah Bagi Pemula

Cara Menanam Jeruk Limau/Jeruk Limo Dengan Praktis Bagi Pemula Jeruk limau atau jeruk limo (Citrus amblycarpa) atau disebut juga dengan jeruk sambal ialah salah satu jenis varietas jeruk yang mempunyai aroma bacin dan masuk sebagai materi bumbu masakan. Jeruk ini sering dipakai sebagai penambah aroma bacin dan segar pada kuliner menyerupai pada soto atau sambal.


Cara Budidaya Jeruk Sambal/Jeruk Limau/Jeruk Limo


Pemilihan Bibit Jeruk Limo


Bibit jeruk limo sanggup didapatkan dengan melaksanakan pembibitan terlebih dahulu, pembibitan tersebut sanggup memakai cara vegetatif berupa penyambungan tunas pucuk ataupun generatif dari biji. Jika anda tidak ingin repot, kalian sanggup membeli bibit jeruk limo di toko tanaman. Pilihlah bibit yang sehat bebas hama dan penyakit, subur, mempunyai diameter batang 2-3 cm, permukaan batang halus, akar serabut banyak, akar tunggang berukuran sedang dan mempunyai sertifikasi penangkaran bibit.


Pemilihan Lokasi Tanam


Tanaman jeruk limau termasuk tumbuhan yang gampang tumbuh dimana saja. Jeruk limo sanggup tumbuh baik pada tempat di dataran rendah hingga dataran tinggi. Lokasi tanam yang perlu disiapkan untuk menanam jeruk limo harus higienis dari rerumputan , mendapat matahari secara pribadi tidak ada yang menaungi, serta tanahnya kaya akan materi organik.


Persiapan Lubang Tanam


Jika lahan tanam sudah siap, selanjutnya buatlah lubang tanam. Lubang tanam dibentuk dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Jika lubang tanam sudah final dibuat, biarkan lubang tersinari sinar matahari kurang lebih 2-3 hari tujuannya untuk mematikan basil yang ada dalam lubang tanam.


Kemudian buatlah media tanam berupa gabungan tanah dengan kompos/pupuk sangkar yang sudah terfermentasi dan juga sekam untuk menutup lubang tanam bila bibit sudah sudah siap untuk ditanam


Penanaman Jeruk Limo


Jika semuanya sudah selesai, segera lakukan penanaman. Letakan pangkal bibit ke dalam lubang tanam. Jika bibit di beli dari toko bibit biasanya bibit sudah tertanam dalam media polybag, maka kita hanya perlu merobek plastik polybagnya namun jangan hingga media tanamnyanya terputus-putus sebab akan mengganggu perkembangan akar. Selanjutnya, letakkan pada lubang tanam dan posisikan bibit tegak lurus jangan miring.


Selanjutnya, tutup lubang tanam denganmedia tanam berupa gabungan tanah dengan kompos/pupuk sangkar dan sekam yang telah disiapkan sebelumnya. Tutup lubang tanam hingga rata, kemudian padatkan sedikit supaya bibit tidak gampang roboh, kemudian siram media tanamnya hingga benar-benar meresap. Penyiraman tersebut sanggup dilakukan dengan tunjangan alat menyerupai gembor.


Perawatan Tanaman Jeruk Limo


Pemasangan Ajir

Tanaman yang gres ditanam membutuhkan penyangga dalam proses penyesuaian dengan lingkungan barunya. Maka dari itu, diharapkan ajiruntuk menopang bibit jeruk limo supaya tidak gampang roboh atau berubah posisi yang diakibatkan oleh gangguan dari luar menyerupai angin atau yang lainnya. Ajir tersebut sanggup dibentuk dari bambu yang dibelah menjadi beberapa serpihan dengan ukuran diadaptasi dengan ukuran bibit.


Pemupukan

Tanaman jeruk limo memerlukan asupan nutrisi secara terpola dalam kelangsungan pertumbuhannya. Tanaman yang nutrisinya tercukupi tentu pertumbuhannya akan lebih cepat, subur, dan tidak gampang terjangkit penyakit. Untuk itu perlu dilakukan pemupukan secara rutin, setidaknya lakukan setiap 1 bulan sekali.


Penyiangan, Penyiraman dan Pemangkasan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lain yang ada disekitar tumbuhan jeruk limau supaya pertumbuhannya tidak terganggu. Selain itu lakukan penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 1-2 kali sehari tergantung kelembaban tanah pada lahan tanam. Jika ada cabang-cabang yang kering atau tidak perlu, anda sanggup melaksanakan pemangkasan.


Merangsang Munculnya Bunga/Buah


Agar tumbuhan yang cepat berbuah dengan kualitas baik maka perlu diaplikasi hormon perangsang buah. Pemberian hormon perangsang buah ini sanggup menciptakan tumbuhan cepat memproses munculnya buah. Buah yang dihasilkan akan lebih baik, sehat dan lebih padat. Tak hanya itu, hormon perangsang buah akan memproduksi buah lebih banyak, sehingga tumbuhan menjadi lebat buah. Untuk mengaplikasikan hormon perangsang buah ini sanggup dilakukan dengan cara disemprotkan ke tumbuhan jeruk sebanyak 1 bulan sekali.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam Jeruk Limau/Jeruk Limo Dengan Praktis Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "6 Panduan Lengkap Cara Menanam Jeruk Limau/Jeruk Limo Dengan Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel