Cara Menanam atau Budidaya Tanaman Daun Tempuyung Yang Benar Bagi Pemula SUKSES

Cara Menanam atau Budidaya Tanaman Daun Tempuyung Yang Benar Bagi Pemula – Tempuyung (Sonchus Arvensis) merupakan salah satu tumbuhan obat yang mempunyai banyak khasiat atau manfaat menyerupai membantu mengobati penyakit watu ginjal, demam, juga bengkak. Kandungan pada tumbuhan tempuyang diantaranya kalium, flafonoid, taraksasterol, inositol dan lain sebagainya.  Nama lain daun tempuyung yakni lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana


Tanaman tempuyang sanggup tumbuh dengan ketinggian sekitar 65-150 cm, tumbuhan ini mempunyai batang berbulu dan lunak serta berlubang dan bergetah hujau.


Daun tempuyung tunggal dengan bentuk lonjong dan berujung runcing, berwarna hijau keunguan, mempunyai permukaan licin dengan tepi berombak dan bergerigi tidak beraturan, mempunyai ukutran sekitar 6-48 cm untuk panjangnya dan sekiyat 3-12 cm untuk lebarnya. Di bab akrab pangkal batang, daun yang bergigi terpusat membentuk roset dan yang terletak pada bab atas berselang-seling memeluk batang. Daun itulah yang mempunyai kegunaan sebagai penghancur watu ginjal.


Bunga tempuyung mempunyai bentuk malai dengan kelopak menyerupai lonceng dan mahkota berbentuk menyerupai kumpulan jarum berwarna putih atau kuning.


Tempuyung termasuk ke dalam suku Asteraceae yang tumbuh pada kawasan dengan ketinggian 50-1.600 m dpl danmemiliki curah hujan merata sepanjang tahun atau kawasan dengan isu terkini kemarau pendek. Sebagai tumbuhan liar, tempuyung juga sanggup dibudidayakan di pekarangan.


Cara Menanam atau Budidaya Tanaman Daun Tempuyung


Persiapan Lahan Tanam Tempuyung


Lahan yang akan dipakai untuk menanam atau budidaya daun tempuyung ini diolah terlebih dahulu. Buatlah bedengan 20 cm sampai 30 cm dengan panjang bedengan diubahsuaikan dengan lahan. Setelah itu lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk organik.


Persiapan Bibit Daun Tempuyung


Pilihlah bibit yang baik, bibit telah tumbuh dengan ketinggian 10 cm atau telah berumur sekitar dua bulan (telah mempunyai 4 helai daun).


Cara Menanam Daun Tempuyung


Jika semua sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Tanam bibit ke dalam lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm. Setelah itu, padatkan tanah disekitar pangkal bibit. Bibit-bibit tersebut ditanam dengan jarak tanam sekitar 30-40 cm.


Cara Memelihara Tempuyung


Walaupun tumbuhan tempuyung ini sanggup tumbuh disembarang tempat namun agara tumbuhan daun tempuyung ini sanggup tumbuh dengan baik maka perli dilakukan perawatan yang intensif menyerupai penyiraman, penyiangan, penyulaman serta pemupukan dan juga pengendalian hama.


Masa Panen Daun Tempuyung


Waktu panen yang paling baik untuk tempuyung yakni sebelum tumbuhan tersebut berbunga, sehingga akan didapatkan pertumbuhan vegetatif yang maksimal. Panen pertama biasanya dilakukan pada ketika tumbuhan daun tempuyang berumur 2.5-3 bulan.


Pemanenan daun tempuyung sangat gampang yakni dengan memotong daun dan batangnya sampai ke pangkal dengan memakai gunting ataupun pisau tajam, tumbuhan ini akan segera tumbuh dengan tumbuh tunas dan daun baru.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam atau Budidaya Tanaman Daun Tempuyung Yang Benar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam atau Budidaya Tanaman Daun Tempuyung Yang Benar Bagi Pemula SUKSES"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel