Cara Menanam Tanaman Ekor Kucing Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan CEPAT TUMBUH

Cara Menanam Tanaman Bunga Ekor Kucing Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan – Ekor kucing (Acalypha hispida) yaitu salah satu tumbuhan orisinil dari Hindia Barat. Tanaman ini biasanya ditanam sebagai tumbuhan hias di taman ataupun halaman rumah.


Tanaman bunga ekor kucing termasuk dalam jenis tumbuhan perdu yang tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 1 meter sampai 3 meter, mempunyai batang lingkaran dengan permukaan agresif dan berwarna coklat kehijauan. Daun bunga ekor kucing tunggal dengan tangkai panjang dan terletak berseling maupun berhadapan, berbentuk oval maupun lonjong dengan bab pangkal meruncing dan bab tepi bergerigi. Sedangkankan bunga ekor kucing mempunyai bentuk hampir sama dengan ekor kucing dengan warna bunga kemerahan muda atau tua.


Klasifikasi bunga ekor kucing

Kingdom : Plantae

Sub kingdom : Viridiplantae

Super divisi : Embryophyta

Divisi : Tracheophyta

Sub divisi : Spermatophytina

Kelas : Magnoliopsida

Super ordo : Rosanae

Ordo : Malpighiales

Famili : Euphorbiaceae

Genus : Aclypha L

Spesies : Acalypha hispida


Cara Menanam Ekor Kucing Di Pekarangan Rumah


Terdapat beberapa tipe tumbuhan ekor kucing, salah satunya yaitu dwarf acalypha yang cocok dijadikan tumbuhan hias di dalam pot biasa ataupun pot gantung.


Menanam bunga ekor kucing di rumah sanggup dilakukan melalui stek batang. Stek batang dinilai sebagai cara menanam yang paling gampang dan cepat.


Tanaman ekor kucing akan tumbuh dengan sangat baik pada tempat dataran rendah beriklim panas dengan suhu rata-rata 30 sampai 35 derajat Celcius.


Tanaman bunga ekor kucing ini termasuk dalam jenis tumbuhan yang membutuhkan sinar matahari, jadi tidak ada dilema bila tumbuhan ekor kucing ini terkena sinar matahari sepanjang hari.


Tanaman ekor kucing akan mulai berbunga sehabis berumur satu bulan sehabis tanam. Tanaman ini sanggup tumbuh dan berbunga lebih dari sekali dan jumlah bunga yang muncul tiap tumbuhan sanggup lebih dari 5.


Cara Menanam Ekor Kucing Di Pot


Selain ditanam di tanah secara pribadi menyerupai pada taman atau pekarangan rumah, anda yang tidak mempunyai lahan sanggup melaksanakan penanaman di pot tanam. Pilihlah pot yang setidaknya mempunyai diameter sekitar 20-30 cm, baik itu pot biasa atau pot gantung. Sediakan pula media tanam berupa tanah humus ataupun tanah kompos.


Setelah tumbuhan bunga ekor kucing berhasil ditanam, jangan lupa lakukan perawatan secara rutin, setidaknya lakukan penyiraman setiap satu kali sehari. Selain itu lakukan pula pemupukan, pemupukan tumbuhan ini tidak begitu rumit, berikan pupuk setidaknya sebanyak satu kali dalam sebulan dengan memakai pupuk NPK Bunga.


Manfaat Ekor Kucing


Tanaman ekor kucing mempunyai begitu banyak manfaat diantaranya membantu mengatasi radang usus, muntah darah, cacingan, mimisan, disentri, luka bakar dan lain sebagainya


Semua penyakit tersebut sanggup diatasi dengan memanfaatkan bunga ekor kucing sedangkan daun ekor kucing mempunyai manfaat sebagai obat batuk darah, sariawan, disentri dan lain sebagainya.


Untuk obat minum, rebuslah 10-30 gram bunga, kemudian air rebusan bunga ekor kucing diminum. Sedangkan untuk pemakaian luarnya, giling daun ekor kucing atau bunga ekor kucing secukupnya sampai halus kemudian tempelkan pada bab badan yang terasa nyeri.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Tanaman Ekor Kucing Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa





Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Tanaman Ekor Kucing Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan CEPAT TUMBUH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel