Cara Menanam Kiwi Dalam Pot atau Tabulampot Kiwi Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Cara Menanam Kiwi Dalam Pot atau Tabulampot Kiwi Di Rumah Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Kiwi (Actinidia deliciosa) ialah buah dari tumbuhan merambat berkayu yang berasal dari genus Actinidia. Buah Kiwi mempunyai bentuk normal yaitu oval, kulitnya berwarna hijau-kecoklatan berbulu halus dengan daging buah hijau terperinci atau keemasan yang didalamnya terdapat biji-biji kecil berwarna hitam yang sanggup dimakan. Buah kiwi mempunyai rasa yang unik dan tekstur yang lembut. Pada awal mula kiwi berjulukan gosberi cina kemudian melonette.


Buah kiwi kaya akan serat, selain itu kiwi mempunyai kandungan anti oksidan yang tinggi pada kulit buahnya, kadar antioksidan pada kulit kiwi tersebut lebih tinggi tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan daging buahnya. Antioksidan pada kulit tersebut mempunyai manfaat, antara lain: anti kanker, anti peradangan, anti alergen, dan sanggup melawan basil Staphylococcus dan E-coli yang sanggup menciptakan insan keracunan makanan. Selain itu, buah kiwi sanggup menurunkan tekanan darah tinggi(hipertensi) sebab adanya ion potasium pada buah kiwi.


Klasifikasi Kiwi

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Ericales

Famili: Actinidiaceae

Genus: Actinidia

Spesies: Actinidia deliciosa


Cara Menanam Kiwi Dalam Pot atau Tabulampot Kiwi


Pembibitan Buah Kiwi


Cara mendapat bibit buah kiwi sanggup dilakukan dengan cara menyemaikan biji buah kiwi yang sudah dikeringkan sebelumnya.


Rendam biji kiwi selama sekitar 4-6 jam kemudian keringkan dengan memakai lap. Setelah itu, simpan biji kiwi dan bungkus dengan tisu atau kapas selama semalaman. Kemudian keluarkan biji kiwi kemudian sebarkan secara merata diatas media tanah humus selama sekitar 10 hari sampai daun kecambah mulai tumbuh.


Hindarkan penyemaian dari sinar matahari secara langsung, jadi sebaiknya penyemaian diletakkan dalam ruangan tanpa cahaya matahari semoga proses pertumbuhan kecambah lebih cepat. Setelah bibit berdaun, bibit sanggup dipindah tanamkan ke pot/polibag tanam.


Cara Menanam Kiwi Dalam Pot


Setelah bibit berdaun, segera lakukan penanaman. Siapkan polybag atau Pot yang berukuran sesuai dengan bibit yang akan ditanam. Lalu masukkan adonan tanah humus dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1 dan sedikit air. Setelah itu, masukkan media tanam ke dalam pot/polybag tanam tersebut sampai setengah tinggi polybag/pot. Kemudian, masukkan bibit kiwi dan tambahkan media tanam lagi sampai penuh. Letakkan tabulampot kiwi tersebut di daerah yang sejuk.


Cara Merawat Kiwi Dalam Pot


Lakukan pemupukan pada tanaman/pohon kiwi dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos secara rutin yaitu sebanyak 3-4 kali sampai pohon kiwi mencapai ketinggian sekitar 1 meter, jikalau sudah lebih pemupukan sanggup dikurangi menjadi 2 kali seminggu.


Penyiraman juga perlu dilakukan secara rutin, akan leih baik jikalau penyiraman dilakukan dengan air yang dicampurkan dengan air cucian beras dengan perbandingan 4:1. Penyiraman tersebut sanggup dilakukan 2 kali sehari.


Jika tanaman/pohon kiwi sudah semakin besar dan dirasa pot sudah tidak cukup untuk pertumbuhannya, lakukan pergantian pot dengan ukuran yang lebih besar. Apabila tumbuhan sudah mulai merambat, buat ajir untuk merambat sulur tumbuhan kiwi.


Masa Panen Kiwi


Buah kiwi sanggup dipanen 3-4 bulan sesudah penanaman tergantung kondisi cuaca dan perkembangan tanaman. Proses panen buah kiwi sanggup dilakukan dengan memotong tangkai buah memakai gunting semoga tidak merusak tumbuhan buah.


Demikian artikel pembahasan tentang Cara Menanam Kiwi Dalam Pot atau Tabulampot Kiwi Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula . Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Kiwi Dalam Pot atau Tabulampot Kiwi Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel