Cara Menanam Nanas Dengan Mahkotanya di Rumah Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Nanas Dengan Mahkotanya di Rumah Agar Cepat Berbuah – Nanas, ananas, atau nenas (Ananas comosus) Adalah salah satu jenis tumbuhan buah tropis yang berasal dari Paraguay, Brazil, dan Bolivia. Nanas masuk dalam famili Bromeliaceae.


Klasifikasi Nanas

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Monokotil

(tidak termasuk): Commelinids

Ordo: Poales

Famili: Bromeliaceae

Upafamili: Bromelioideae

Genus: Ananas

Spesies: A. comosus


Buah nanas mempunyai citarasa segar perpaduan antara manis, agak asam, dan berair. Seperti yang diketahui, buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang sangat diminati sehingga potensi budidaya tumbuhan ini sangat menggiurkan. Tak heran kalau banyak orang yang mencoba menanam bahkan membudidayakannya secara besar-besaran, namun bagi kalian yang ingin menanam nanas untuk di konsumsi sendiri, kalian sanggup menanam nanas di halaman rumah kalian. Berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam Nanas di Rumah


Syarat Tumbuh Nanas


Pertumbuhan tumbuhan nanas sangat dipengaruhi oleh iklim. Curah hujan yang dibutuhkannya yakni sekitar 600-3500 mm/tahun. Suhu yang baik untuk merangsang pembuahan nanas yakni sekitar 29-32°C. Tanah yang baik untuk menanam nanas yakni tanah berpasir, mengandung kapur rendah, bebas dari batu, serta tingkat kesuburannya tinggi.


Pembibitan Dan Persemaian Nanas


Proses pembibitan ini akan besar lengan berkuasa besar pada hasil kesudahannya nanti, untuk itu lakukan pembibitan dengan baik dan benar. Bibit diperoleh dari mahkota buah atau tunas akar nanas. Guna mempercepat pertumbuhan akarnya, daun mahkota nanas diolesi dengan ZPT secara merata. Setelah itu, bibit disemai dalam lubang dengan kedalaman 2-3 cm dengan jarak tanam sekitar 5-10 cm.


Lakukan perawatan pada bibit dengan melaksanakan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Jika hujan, penyiraman tidak perlu dilakukan sehingga tingkat kelembaban media tanam tetap terjaga. Setelah bibit berumur sekitar 3-5 ahad atau telah mencapai ketinggian 25-30 cm biasanya sistem perakaran yang dimiliki sudah lengkap. Kalian sanggup memindahkan bibit nanas tersebut ke lahan utama.


Pemeliharaan & Perawatan Tanaman Nanas


Lakukan perawatan berupa penyiangan, pengairan, dan pemupukan. Penyiangan bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan gulma sehingga pembentukan penyakit yang hidup di area pertanian sanggup dicegah. Pemupukan susulan dilakukan setiap sebulan sekali dengan memakai pupuk Urea dan KCl dengan cara membenamkannya ke dalam tanah dengan kedalaman sekitar 10-15 cm.


Lakukan pencegahan serangan hama dan penyakit dengan memperlihatkan pestisida (disarankan pestisida alami) yang tepat dan takaran yang tepat pula, biar nantinya kualitas nans tetap terjaga walaupun untuk dikonsumsi sendiri.


Pemanenan Buah Nanas


Biasanya tumbuhan nanas yang berasal dari bibit mahkota akan menghasilkan buah sesudah berumur sekita 2 tahun (24 bulan). Sedangkan bibit yang dari tunas akar akan memproduksi buah pada ketika umurnya mencapai 18 bulan.


Buah nanas yang siap panen ditandai dari mahkotanya yang sudah terbuka tepat serta mata buahnya tampak berukuran besar, bulat, dan lebih mendatar. Buah nanas yang benar-benar masak juga umumnya akan mengeluarkan aroma khas yang kuat dan kulit buahnya berwarna kuning oranye. Pemanenan buah nanas dilakukan dengan memotong penggalan pangkal buah memakai pisau yang tajam biar tidak memar sehingga kondisinya anggun dan tahan lama.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Menanam Nanas Dengan Mahkotanya di Rumah Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Nanas Dengan Mahkotanya di Rumah Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel