Cara Menanam Pakcoy di Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Cara Menanam Pakcoy di Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Panen – Pakcoy atau Pak Choi, bok choy (Brassica Chinensis) ialah salah satu jenis sayuran yang masih dalam golongan yang sama dengan sawi. Pakcoy biasanya disebut juga dengan sawi sendok, sawi daging, atau sawi manis.


Pakcoy mempunyai banyak kandungan gizi dan mempunyai nilai hemat yang tinggi, oleh alasannya itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy ini, waktu panen pakcoy yang singkat ialah hanya sekitar 30-45 hari sesudah tanam. Jika kalian tidak mempunyai lahan yang luas untuk melaksanakan budidaya pakcoy ini, kalian sanggup menanam pakcoy di pot atau polybag tanam yang lebih praktis, berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam Pakcoy Organik di Pot atau Polybag


Pembibitan dan Penyemaian Pakcoy


Pertama, siapkan biji benih pakcoy, media tanam, sprayer dan kawasan penyemaian. Media tanam yang disiapkan sanggup berupa tanah, sekam bakar, kompos atau cocopeat. Jika memakai tanah, maka gunakan tanah yang gembur dan subur dan dicampur dengan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1.


Sedangkan untuk kawasan persemaiannya sanggup dipakai kawasan berupa nampan atau tray semai (seedling tray), pot, polybag atau wadah yang lainnya.


Masukkan media semai ke kawasan semailalu buatlah lubang tanam pada media semai dengan ujung jari sedalam satu ruas jari. Selanjutnya, masukkan 2 (dua) biji pakcoy ke dalam setiap lubang. Jika memakai polybag berdiameter 15 cm, dalam setiap polybag sanggup dibentuk 5 lubang semai.


Setelah biji dimasukkan dalam lubang semai, tutup kembali dengan media semai disekitarnya dan agak sedikit padatkan. Kemudian lakukan penyiraman dengan memakai sprayer dengan lembut secukupnya saja, kemudian simpan di kawasan yang tidak terkena sinar matahari secara eksklusif dan jauh dari gangguan lainnya.


Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Setelah berumur sekitar 2 (dua) ahad pakcoy tumbuh dan mempunyai dua daun, pakcoy sanggup dipindah tanamkan ke media tanam yang lebih luas.


Pemindahan Tanam Pakcoy Ke Polybag/Pot Tanam


Siapkan pot atau polybag tanam minimal berukuran 15 cm, kemudian isi dengan media tanam berupa adonan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1 atau sanggup juga memakai sekam bakar, namun jangan terlalu penuh maupun jangan terlalu dangkal. Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada media tanam, sempurna ditengah dengan ukuran disesuai dengan gundukan akar pakcoy.


Ambil bibit pakcoy dengan dicabut secara hati-hati biar tidak rusak atau patah perakarannya. Setelah dicabut segera lakukan penanaman. Tepuk bab media tanam disekitar akar pakcoy yang sudah tertanam, tapi jangan terlalu keras ini bertujuan biar pakcoy tidak miring ketika disiram air.


Perawatan dan Masa Panen Pakcoy dalam Pot/Polybag


Selama seminggu pertama tanam, tempatkan pakcoy pada kawasan yang teduh sepanjang hari dan jauh dari sinar matahari eksklusif lantaran jikalau terkena sinar matahari eksklusif maka daun pakcoy akan terbakar lantaran sinar matahari yang terlalu panas.


Lakukan penyiraman secara teratur dengan air ialah setiap pagi dan sore hari dengan memakai sprayer atau semprotan air. Agar nutrisi yang diperlukan tumbuhan pakcoy terpenuhi maka lakukan pemupukan secara terencana dengan memakai pupuk organik atau pupuk kandang.


Pemanenan pakcoy sanggup dilakukan sesudah pakcoy berumur 30-45 hari sesudah tanam di pot atau polybag tanam. Pemanenan pakcoy sanggup dilakukan dengan cara mencabutnya sampai akar atau memotong bab batang pakcoy.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam Pakcoy di Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kali berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Pakcoy di Pot atau Polybag di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel