Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula Agar Sukses

Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula Agar Sukses – Pakcoy atau Pak Choi (Brassica Chinensis) yakni salah satu jenis sayuran yang masih dalam golongan yang sama dengan sawi. Pakcoy biasanya disebut juga dengan sawi sendok, sawi daging, atau sawi

manis.


Pakcoy mempunyai banyak kandungan gizi dan mempunyai nilai irit yang tinggi, oleh lantaran itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy ini, waktu panen pakcoy yang singkat yakni hanya sekitar 30-45 hari sesudah tanam. Selain ditanam di lahan perkebunan, pekarangan rumah, pot, polybag atau wadah lainnya, pokcoy ini sanggup ditanam secara hidroponik.


Nah kali ini kita akan membahas wacana cara menanam pakcoy secara hidroponik dengan sistem NFT, NFT System atau Nutrient  Film Technique System yakni teknik sumbangan nutrisi yang dialirkan tipis secara terus menerus  pribadi pada akar tanaman. Hidroponik sistem NFT membutuhkan fatwa listrik yang stabil, pompa,  gully, pipa dan selang. Berikut cara menanam pakcoy hidroponik dengan sistem NFT selengkapnya:


Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Dengan Sistem NFT


Persiapan Alat dan Bahan Hidroponik Pakcoy


Adapun alat dan materi yang perlu disiapkan untuk menanam pakcoy secara hidroponik dengan sistem nft diantaranya yaitu:



  • Talang air / Talang PVC

  • Pompa akuarium

  • Rockwoll

  • Tandon nutrisi (ember, styrofoam atau apa saja)

  • Pipa 3/4 inch.

    Selang 5 ml secukupnya.

    Benih pakcoy, nutrisi, air


Persiapan Bibit Pakcoy


Pada sistem ini, media tanam yang dipakai yakni rockwool. Potong rockwool berbentuk kubus dengan ukuran 4x4x4 cm. Semai benih pakcoy pada rockwool tersebut, namun sebelumnya rockwool tersebut diberi lubang terlebih dahulu. Letakkan rockwool pada nampan atau wadah kemudian isi wadah dengan nutrisi ab ni. Selanjutnya, tutup dengan plastik hitam agara benih pakcoy cepat berkecambah dan letakkan di daerah yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Apabila bibit sudah mempunyai 4-5 daun, maka bibit sanggup dipindahkan ke gully atau instalasi NFT.


Cara Membuat Instalasi NFT


Sembari menunggu benih tumbuh, siapkan instalasi NFT. Talang pvc yang berbentuk U ditutup bab atasnya dengan memakai styrofoam atau materi lainnya. Selanjutnya, pada styrofoam dibentuk lubang berbentuk bundar dengan diameter sekitar 8-10 cm. Letakkan talang pvc pada rak yang dibentuk sedikit miring, sudut kemiringan sanggup diatur sendiri -/+ 5 derajat.


Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula Agar Sukses Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula Agar Sukses


Tandon nutrisi diletakkan di bawah rak dan pompa air diletakkan dalam tandon dengan posisi selalu terendam semoga tidak panas dan tidak gampang rusak. Selanjutnya, pasang pipa buang dari pompa menuju gullu pada bab ujung yang lebih tinggi dan pada bab ujung gully yang lebih rendah dihubungkan pribadi ke tandon semoga nutrisi kembali mengalir pribadi ke dalam tandon.


Menanam Bibit Pakcoy di Instalasi NFT


Jika bibit pakcoy sudah mempunyai 4-5 daun, maka bibit pakcoy sanggup ditanam dalam gully. Pindahkan bibit ke dalam gully bersama dengan media semainya. Letakkan bibit pakcoy pada lubang gully yang telah dibentuk sebelumnya. Kemudian isi tandon dengan larutan nutrisi ab mix, kemudian hubungkan pompa dengan listrik semoga nutrisi tersebut sanggup mengalir terus menerus.


Perawatan dan Pemeliharaan Pakcoy Hidroponik Sistem NFT


Perawatan pada tumbuhan pakcoy hidroponik sistem NFT yang perlu dilakukan diantaranya yaitu: selalu mengontrol tandon nutrisi jikalau berkurang, menjaga posisi pompa selelu terendam air, menaikkan ppm nutrisi sesuai dengan kebutuhan dan usia tanaman.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kali berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Pakcoy Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel