Panduan Lengkap Cara Budidaya Jamur Truffle Putih, Jamur Termahal di Dunia Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jamur Truffle Putih, Jamur Termahal di Dunia Bagi Pemula – Jamur truffle putih atau white truffle (Tuber magnatum) merupakan salah satu jenis jamur truffle yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Jamur truffle putih ini tergolong jamur termahal di dunia dengan harga perkilonya yaitu sekitar 120 juta rupiah.


Jamur truffle biasanya menjadi hidangan glamor bagi masyarakat eropa. Sejarah mencatat bahwa jamur ini pada awalnya dikonsumsi oleh raja-raja Prancis. Selain itu, penyebab harga jamur truffle putih sangat mahal yaitu lantaran untuk memperoleh jamur truffle putih tidaklah mudah. Sebab secara habitat jamur ini hanya tumbuh melekat dan bersimbiosis dengan akar batang tumbuhan oak, poplar, beech dan hazel.


Cara Budidaya Jamur Truffle Putih


Pahami Karateristik Jamur Truffle Putih


Truffle ialah jenis jamur yang sanggup ditemukan melekat pada akar pohon. Jamur truffle banyak dipakai dalam hidangan eropa sebagai penyedap rasa makanan. Jamur Truffle menerima julukan sebagai “Intannya dapur”. Karena keberadaan jamur ini amat Istimewa dalam hidangan masakan Prancis dan merupakan pecahan dari hidangan masakan tingkat tinggi. Maka tidak heran jikalau truffle mempunyai harga jual yang amat fantastis.


Jamur truffle putih dinilai lebih yummy anyir dan aromanya dengan truffle hitam. Inilah alasannya ialah mengapa harga jamur truffle putih lebih mahal.


Jamur truffle putih tidak sanggup ditemukan sepanjang waktu. Jamur ini akan mensimbiosis hanya pada tumbuhan pohok ek, poplar beech dan hazel. Selain itu jamur ini hanya sanggup dipanen ketika bulan Oktober-November. Jamur truffle putih biasanya disajikan dalam bentuk mentah dan ditaburkan diatas salad, pasta atau telur goreng. Truffle putih mempunyai anyir yang lebih kuat, sehingga menjadikan cita rasa yang khas dalam setiap hidangan makanan.


Syarat Tumbuh Jamur Truffle Putih


Sebenarnya jamur truffle tumbuh di alam liar yaitu di lokasi hutan belantara. Tumbuhnya tidak sembarangan, mereka hanya akan bersimbiosis dengan akar pohon oak atau hazel yang berada di dalam hutan.


Selain itu, lingkungan hutan yang spesifik menciptakan tumbuhan ini akan sanggup tumbuh. Jamur truffle putih ini tidak sanggup ditemukan hanya dengan kasat mata, hal tersebut lantaran biasanya jamur ini akan tumbuh pada kadalaman 45-50 cm dibawah permukaan tanah.


Adapun syarat tumbuh jamur truffle putih diantaranya yaitu:



  • Hanya akan melekat pada akar batang tumbuhan oak atau hazel.

  • Lingkungan tempat tumbuh merupakan lingkungan yang spesifik.

  • Biasanya ditemukan di hutan tempat Prancis, dan Italia.

  • Habitat orisinil white truffle atau truffle putih ialah tempat Alba Italia.

  • Wilayah budidaya bukan merupakan tempat dengan suhu dan cuaca udara yang ekstrim (Indonesia tidak masuk kategori).

  • Biasanya habitat orisinil merupakan negara yang mempunyai 4 musim.

  • Lingkungan budidaya harus dibentuk sebagaimana habitat asli.

  • Kondisi tanah subur dan gembur.

  • Tidak terpapar cahaya matahari secara penuh.


Penanaman Pohon Oak dan Hazel


Pohon oak atau Pohon ek merupakan jenis pohon yang sanggup ditemukan diberbagai belahan bumi dari dataran asia hingga eropa. Berikut ini cara menanam pohon oak atau pohon ek:


Tanam pohon oak atau pohon ek pada lokasi budidaya yang dipilih. Sebaiknya jarak antar tumbuhan dibentuk 3-5 meter, alasannya ialah tumbuhan oak sanggup tumbuh hingga sangat besar.

Bibit pohon ek sanggup diperoleh dengan membeli pada toko yang menjualnya.

Lakukan penanaman pohok oak ibarat melaksanakan penanaman pada tumbuhan lainnya. Buat lubang tanam yang sesuai dengan ukuran bibit. Kemudian tanamkan bibit kedalam tanah, selanjutnya lakukan perawatan dan pemeliharaan intensif, supaya akar tumbuhan sanggup menghasilkan jamur truffle putih.


Perawatan dan Pemeliharaan Jamur Truffle


Lakukan pengairan tergantung pada kondisi tanah dan cuaca. Tapi, pada awal penanaman pastikan tumbuhan tidak kekurangan air sehingga tumbuhan tidak mengalami kehilangan cairan tubuh dan sanggup tumbuh dengan baik. Penyiraman dilakukan dengan menawarkan air pada pecahan perakaran tanaman. Berikan air secukupnya jangan hingga menggenang atau becek.


Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan oak. Untuk menopang pertumbuhan pohok oak serta menstimulan supaya pertumbuhan jamur truffle putih sanggup optimal maka sangat perlu ditambahkan pemupukan dengan pupuk yang mengandung Kalsium dan Alkalin.


Pemanenan Jamur Truffle Putih


Berdasarkan budidaya yang telah dilakukan oleh Dr. Paul Thomas dengan lokasi budidaya di Leichestershire Inggris. Pemanenan pertama jamur truffle putih sanggup dilakukan dikala pohon oak berumur sepuluh tahun. Untuk mengetahui umur ideal jamur yang akan dipanen, sanggup mengandalkan indera penciuman anjing yang sudah dilatih atau memakai Babi Betina.


Demikian artikel pembahasan tentang” Panduan Lengkap Cara Budidaya Jamur Truffle Putih, Jamur Termahal di Dunia Bagi Pemula “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Jamur Truffle Putih, Jamur Termahal di Dunia Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel