Cara Budidaya dan Merawat Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Tanaman Jambu Air di Rumah Agar Cepat Berbuah



Cara Budidaya Jambu Air – Jambu air adalah jenis tumbuhan tropis yang sangat diminati alasannya kesejukan yang ditawarkan selain warna yang juga cukup menarik minat para pembeli. Untuk mendapat panenan buah jambu air yang menguntungkan, cara budidaya yang tepat menyerupai berikut harus dilakukan.


Cara Menanam Tanaman Jambu Air di Rumah Agar Cepat Berbuah Cara Budidaya dan Merawat Jambu Air Agar Cepat Berbuah


Pembibitan


Proses pembibitan sanggup dilakukan dengan dua pilihan sumber bibit. Bibit sanggup diperoleh dari cara vegetatif dengan menyemaikan benih jambu air yang diambil dari pohon produktif dengan kualitas produksi yang stabil dan sudah berusia 15 tahun atau lebih. Namun untuk mendapat kualitas bibit yang seragam dan lebih cepat panen, bibit vegetatif sebaiknya dipilih.


Bibit vegetatif yang dimaksud merupakan bibit enten yang disambung dengan teknik sambungan celah. Bibit cangkok merupakan pilihan bibt lain uang diambil dari tumbuhan unggul dengan tingkat produksi yang baik.


Pola Tanam


Hal pertama yang harus dilakukan dalam teknik budidaya jambu air adalah dengan memilih contoh tanam yang akan dilakukan. Untuk memastikan bahwa pohon jambu air sanggup tumbuh dengan optimal dengan hasil buah yang juga maksimal, contoh penanaman yang paling baik dilakukan dengan jarak tanam 8 x 8 meter.


Lubang Tanam


Mengingat tumbuhan jambu air sebaiknya ditanam pada demam isu penghujan, lubang tanam ada baiknya sudah dibentuk pada final demam isu kemarau atau menjelang datangnya demam isu hujan. Jika penanaman dilakukan dikala demam isu kemarau, bibit yang ditanam harus disiram dua kali sehari.


Tanah digali di titik yang sudah ditentukan sesuai dengan contoh tanam yang dipilih. Lubang tersebut digali dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm atau 1 x 1 x 0,5 meter. Lubang lalu ditutup dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk sangkar maupun pupuk kompos.


Penanaman


Bibit yang sudah dipilih ditanamkan ke dalam lubang tanam yang sudah dipersiapkan dengan memperhatikan kedalam penanaman bibit tersebut. Menanam bibit dikala demam isu penghujan merupakan cara tanam yang paling tepat alasannya dengan demikian petani tidak perlu dipusingkan dengan proses penyiraman yang harus dilakukan paling tidak dua kali sehari. Agar bibit sanggup tumbuh dengan baik dan cepat menyesuaikan diri dengan kondisi tumbuh yang baru, sore hari merupakan waktu yang tepat untuk menanam tumbuhan jambu air.


Pemupukan


Tidak sanggup dipungkiri bahwa cara menanam tumbuhan jambu air tidak akan mendapat pertumbuhan pohon yang optimal jikalau tidak didukung dengan pemupukan yang tepat. Pemupukan penting dilakukan dikala penanaman benih, tetapi sesudah itu pemupukan perlu pula dilakukan tiga bulan sekali atau paling tidak dua kali dalam satu tahun. Pemupukan sebaiknya dilakukan di sekeliling pohon dengan radius kurang lebih satu meter dengan jumlah pupuk yang cukup.


Pemeliharaan


Penyerapan unsur hara dalam tanah oleh pohon jambu air tidak akan berlangsung dengan lancar jikalau akar pohon tersaingi oleh akar gulma yang tumbuh dengan cepat. Oleh alasannya itu, penyiangan gulma perlu dilakukan dengan jarak kurang lebih satu meter dari pokok pohon jambu air. Setelah itu, petani juga perlu waspada terhadap serangan hama dan penyakit yang sanggup mengurangi produksi buah atau bahkan mengganggu pertumbuhan pohon jambu air itu sendiri sehingga pohon mogok berbuah.


Pemangkasan


Untuk mendapat hasil buah yang optimal tidak sanggup dipungkiri bahwa proses pemangkasan cabang dan dahan pohon jambu air juga perlu dilakukan. Pemangkasan dilakukan biar tajuk gres terbentuk sehingga pohon sanggup membentuk kanopi yang sempurna. Kesempurnaan bentuk kanopi dan banyaknya cabang buah akan sangat besar lengan berkuasa terhadap jumlah buah jambu air yang akan diperoleh dari pohon yang ditanam.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya dan Merawat Jambu Air Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel