Cara Budidaya Jeruk Keprok Agar Cepat Berbuah dan Lebat

Cara Menanam Jeruk Keprok Untuk Pemula Agar Cepat Berbuah



Cara Budidaya Jeruk Keprok – Bagi warga Indonesia orisinil pastinya sudah tidak abnormal lagi dengan yang namanya jeruk keprok. Jeruk keprok ialah jeruk yang familier bagi masyarakat kita. Jeruk ini berwarna hijau “kadang-kadang bersemburat kuning”, rasanya manis dan seringkali dijadikan buah konsumsi harian masyarakat kita.


Cara Menanam Jeruk Keprok Untuk Pemula Agar Cepat Berbuah Cara Budidaya Jeruk Keprok Agar Cepat Berbuah dan Lebat


Berbudidaya jeruk keprok tentunya menjadi pilihan kalian tersendiri alasannya yaitu pasarnya yang masih luas. Ditambah lagi sekarang antusiasme komoditi jeruk semakin meningkat seiring bertambahnya supermarket modern yang menyediakan aneka buah baik pribadi maupun dalam kemasan, kalian siap mengetahui bagaimana cara budidaya jeruk keprok ?? Berikut ulasannya.


Syarat Tumbuh


Untuk sanggup menghasilkan panen yang maksimal baik dari segi kualitas maupun kuantitas, tentunya kalian harus mengenali daerah tumbuh kesukaan si hijau ini. Berikut ini beberapa hal penting mengenai syarat tumbuh buah jeruk keprok yang harus kalian penuhi:



  • Pilihlah jenis tanah latosol maupun andosol sebagai media tanam buah jeruk keprok

  • Pastikan lahan kalian terkena sinar matahari pribadi sepanjang hari

  • Pastikan derajat keasaman tanah “pH” tidak lebih dari 6

  • Jika lahan kalian berada pada lahan miring pastikan kemiringannya tidak melebihi 30 derajat

  • Siapkan systen drainase yang manis alasannya yaitu pohon jeruk keprok tidak menyukai genangan air

  • Bisa ditanam di dataran tinggi maupun rendah asalkan memenuhi syarat tumbuh pohon jeruk keprok


Budidaya Jeruk Keprok


Jeruk keprok yang ingin kalian hasilkan tentunya tidak hanya sekedar banyak dari segi jumlah, namun juga unggul dari segi rasa “manis” dan warna. Teknik budidaya jeruk keprok mencakup penyiangan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan dan perawatan serta pemanenan.


Penyiangan Lahan


Penyiangan lahan merupakan langkah penting dalam pembudidayaan tumbuhan jeruk keprok. Pastikan lahan kalian subur dan gembur. Hal ini tentunya sanggup kalian lakukan dengan mencangkul lahan dan mencampurkannya dengan pupuk kandang. Langkah penyiangan lahan ini sanggup kalian lakukan beberapa ahad sebelum kalian memulai penanaman.


Untuk ukuran petak tanah yang akan ditanami bibit jeruk keprok, maka siapkan undukan tanah sebesar 1 x 1 x 1 ” P X L X T ” untuk setiap bibit yang akan ditancapkan. Selain itu sediakan jarak sebesar 5 x 5 meter antara 1 pohon dengan pohon lainnya semoga sinar matahari sanggup mencapai pohon dan pohon sanggup tumbuh maksimal. Dengan ukuran ibarat ini maka kalian sanggup mempunyai 400 pohon jeruk keprok di setiap 1 hektar lahan.


Pembibitan


Cara pembibitan pohon jeruk keprok ini sanggup kalian lakukan dengan memakai bijinya. Beberapa petani juga menyebarkan system stek maupun cangkok untuk menanam jeruk keprok ini. Dengan banyak sekali kelebihan dan kekurangannya, kalian sanggup menimbang system bibit mana yang akan kalian aplikasikan untuk cara pembibitan ini.


Penanaman


Teknik menanam jeruk keprok sanggup kalian lakukan dengan cara tanam jeruk biasa, tergantung dengan metode bercocok tanam yang kalian gunakan. Cara menanam dilakukan dengan menancapkan bibit pada masing-masing undukan tanah yang telah kalian sediakan.


Pemupukan


Pemupukan idealnya dilakukan sebanyak minimal dua kali dalam setahun dan maksimal 4 x dalam setahun tergantung kondisi dan cuaca yang terjadi. Kombinasi pupuk yang sanggup dipakai yaitu pupuk sangkar atau sintetis atau sanggup dikombinasikan dengan jenis pupuk lainnya ibarat Urea, TSP dan ZK.


Tipe penting: perawatan lain yang harus diperhatikan dalam membudidayakan jeruk keprok yaitu pemangkasan batang dan daun. Berikut ini beberapa manfaat pemangkasan batang dan daun yaitu:



  • Pemangkasan dilakukan semoga bentuk pohon dan cabangnya baik

  • Pemangkasan daun sanggup merangsang pertumbuhan lebih banyak tanaman

  • Pemangkasan pohon sanggup meningkatkan jumlah cabang yang berarti meningkatnya jumlah hasil berupa buah jeruk keprok

  • Pemangkasan dilakukan untuk menghindari serangan hama dan ulat

  • Pemangkasan buah jeruk keprok yang terlalu banyak dala satu pohon yang sama dilakukan untuk meningkatkan kualitas rasa jeruk keprok dan menjaga kestabilan hasil di masa yang akan datang


Selain pemupukan dan pemangkasan maka kalian juga perlu memperhatikan pengusiran hama dan banyak sekali binatang pengganggu ibarat ulat jeruk, kutu, kumbang dan tungau.


Pemanenan


Kalian gres sanggup mendapat panen besar sesudah tahun ketiga pembudidayaan jeruk keprok. Pada panen pertama kalian belum sanggup memetik semua karenanya demi kelancaran produktifitas jeruk keprok di masa yang akan datang, pada tahun keempat kalian gres sanggup mencicipi panen besar. Umur buah yang siap dipanen ialah kira-kira 30-36 ahad dengan rasa yang manis.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Jeruk Keprok Agar Berbuah Lebat sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Jeruk Keprok Agar Cepat Berbuah dan Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel