Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Jeruk Lemon Untuk Pemula Agar Berbuah Cepat



Cara Budidaya Jeruk Lemon – Jeruk lemon atau jeruk sitrum semakin terkenal saja dikalangan masyarakat kita. Ya bila jaman dahulu masyarakat kita hanya familiar dengan jeruk purut sebagai materi pemanis masakan, maka sekarang jeruk lemon tampil sebagai materi pemanis kuliner yang nikmat dan menyegarkan.


Cara Menanam Jeruk Lemon Untuk Pemula Agar Berbuah Cepat Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah


Untuk itu, seiring dengan kepopuleran jeruk lemon maka banyak yang mulai membudidayakan jeruk lemon demi memenuhi kebutuhan pasar. Apakah kalian tertarik untuk ikut membudidayakan buah jeruk berwarna kuning mengkilat ini ?? Nah berikut ini panduan mudah cara budidaya bagi kalian yang ingin membudidayakannya.


Budidaya Jeruk Lemon


Jika kalian sudah siap memenuhi kriteria tumbuh flora jeruk lemon diatas maka sekarang saatnya mencermati teknik budidaya jeruk lemon yang berurutan, dimulai dari penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan dan pemeliharaan serta pemanenan.


Penyiapan Lahan


Seperti layaknya bercocok tanam jenis pohon jeruk lainnya, kalian perlu menyiapkan lahan yang cukup luas untuk ditanami pohon jeruk lemon. Undukan tanah perlu kalian buat untuk ditanami masing-masing bibit dan berikan jarak antara flora jeruk lemon satu dengan lainnya.


Tips dalam hal ini pilihlah cara tanam yang sempurna dengan memperhatikan arah mata angin yang sempurna semoga sinar matahari sanggup menempa eksklusif pohon jeruk lemon yang kalian tanami. Selain itu pastikan semoga air tidak menggenangi pohon jeruk lemon dengan cara menciptakan parit-parit kecil sebagai daerah mengalirnya air di kala hujan. Genangan air ini akan menurunkan kualitas dari buah lemon yang dihasilkan. Perhatikan kedalaman lubang flora dan sesuaikan dengan akar bibit sanggup mencengkeram tanah dengan baik.


Pembibitan


Cara pembibitan sanggup kalian lakukan dengan mendatangkan bibit yang terjamin kualitasnya dan diakui secara legal oleh negara. Pembibitan ini merupakan salah satu kunci penting dari kualitas buah yang akan dihasilkan. Untuk itu kualitas bibit harus benar-benar kalian perhatikan dengan seksama.


Penanaman


Penanaman sanggup kalian lakukan kapan saja sebab intinya pohon jeruk bisa sedikit demi sedikit hidup di segala musim, asalkan cara menanam sempurna dan syarat tumbuhnya terpenuhi. Teknik menanam dilakukan dengan manancapkan bibit ke masing-masing undukan tanah yang telah dibuat. Pastikan bibit buah jeruk lemon mendapat sinar matahari yang cukup dan air yang tidak berlebihan.


Pemupukan


Pemupukan sanggup dilakukan maksimal 4 x dalam satu tahun dengan memakai kombinasi pupuk yang direkomendasikan menyerupai pupuk kandang, TPK, ZK dan kompos. Tentunya pertolongan pupuk ini harus dilakukan secara bijaksana dan sempurna waktu.


Perawatan lain yang perlu diperhatikan yakni pengusiran hama flora yang sanggup berupa lalat buah, ulat, tungau dan masih banyak lagi. Kalian bisa memasang jebakan untuk mengusir lalat buah atau menyemprotkan zat tertentu untuk menyelamatkan buah dari hama penyerang.


Jangan lupa bagi kalian yang ingin berbudi daya flora jeruk lemon, penebangan sebagian batang utama perlu dilakukan untuk peningkatan jumlah cabang sehingga produktivitas pohon jeruk lemon sanggup terpelihara dan meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu jumlah buah yang terlalu banyak pada ekspresi dominan panen pertama sanggup kalian pangkas untuk produktivitas buah di tahun mendatang.


Pemanenan


Pemanenan buah jeruk lemon sanggup kalian lakukan ketika buah benar-benar matang. Pasalnya buah jeruk merupakan jenis buah yang hanya sanggup mematangkan diri dir pohon dan sehabis dipetik maka ia akan berhenti melaksanakan proses pematangan, usia buah yang ideal untuk dipanen yakni 30-36 minggu.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Panduan Praktis,, Cara Budidaya Jeruk Lemon sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel