Buat Mikroorganisme Lokal (MoL) Skala Rumah

 MoL merupakan sekumpulan mikroorganisme yang diperbanyak dan bermanfaat sebagai stater un Buat Mikroorganisme Lokal (MoL) Skala Rumah


Mikroorganisme Lokal (MoL) dikala ini tengah naik daun. Sejatinya, MoL merupakan sekumpulan mikroorganisme yang diperbanyak dan bermanfaat sebagai stater untuk mendekomposisi atau menguraikan materi organik atau juga menjadi aktivator yang mempermudah perembesan unsur penting bagi tanaman.


Sejumlah riset menandakan MoL sanggup berfungsi sebagai pupuk dan pestisida hayati. MoL sanggup dibentuk untuk skala rumah dengan materi baku yang gampang diperoleh.


Bahan: 2 kg keong/keong mas/tutut segar, 4 liter air kelapa, dan 1 ons gula merah


Cara buat: Pisahkan cangkang keong, lantas tumbuk halus dagingnya. Campurkan bersama air kelapa dan gula merah yang dilarutkan di dalam jerigen berukuran 5 liter. Kocok seluruh materi dan fermentasikan minimal selama 10 hari. Buka tutup jerigen setiap 3 hari untuk membuang gas fermentasi.


Pemakaian: Bila MoL digunakan sebagai pengurai, semisal pada pembuatan pupuk kompos, perbandingan yang digunakan ialah 1:5 (1 bab larutan dan 5 bab air). Namun kalau digunakan sebagai pupuk hayati, perbandingan larutan MoL ialah 1:10. Larutan sanggup disiramkan di bersahabat pangkal batang atau disemprotkan ke daun.


Belum ada Komentar untuk "Buat Mikroorganisme Lokal (MoL) Skala Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel