Produksi Kelopak Rosella

 Teh dari kelopak buah rosella yang menghasilkan cairan segar berwarna kemerahan itu berkh Produksi Kelopak Rosella


Pernah merasakan teh rosella? Teh dari kelopak buah rosella yang menghasilkan cairan segar berwarna kemerahan itu berguna untuk kesehatan tubuh.


Sejatinya, rosella merupakan tanaman semusim setinggi 1,2-1,5 meter. produksi Hibiscus sabdariffa pada penanaman di lahan subur (syarat tanah tidak berlempung) serta dirawat intensif, sanggup mencapai 200 kelopak buah.


Perbanyakan rosella sejauh ini memanfaatkan biji. Biji disemaikan selama 2 pekan menggunakan media cacahan daun pisang yang dikomposkan. Tanaman sanggup dipindah ke lahan setelah mencapai tinggi 10 cm. Sesudah 3 bulan dipelihara, tanaman siap berbunga dan pada bulan ke-4 panen sanggup dilakukan.


Dari mana asal biji rosella? Mayoritas biji tersebut diimpor dari sejumlah negara di Benua Afrika menyerupai Sudan dan Jamaika. Harga biji tanaman yang sanggup mengatasi mabuk berkendaraan itu mencapai Rp3-juta/kg. Namun sekarang setelah tanaman itu banyak ditanam, harga biji rosella relatif lebih murah serta gampang diperoleh.


Dalam satu periode tanam, pemetikan hasil panen rosella sanggup sebanyak 7-8 kali dengan rentang antarpemetikan setiap 10-12 hari. Bila rosella dipelihara baik, sehabis panen pertama tananam yang tidak tahan genangan air tersebut masih sanggup memproduksi kelopak buah. Tanaman rosella sanggup produktif hingga tanaman berumur 12-15 bulan.


Pemanenan rosella dilakukan dengan mengambil kuntum buah. Selanjutnya, biji didalam kuntum dikeluarkan menggunakan alat khusus sehingga menyisakan kelopak buah tanpa biji. Cara lain dengan mengiris bab bawah kelopak buah, kemudian salah satu sisi kelopak buah dibelah serta dikeluarkan bijinya.


Proses selanjutnya yaitu pengeringan kelopak buah. Pengeringan dilakukan dengan mengeringkan di bawah sinar matahari selama 2-3 hari atau menggunakan panggangan dengan pada suhu 60-70 derajat Celcius sebagai alternatif jikalau dilakukan di demam isu hujan. Pengeringan panggangan biasanya dilakukan selama satu hari. Oven sebaiknya dilengkapi pengatur waktu atau timer untuk menjaga kualitas warna dan citarasa rosella.


Sejatinya, seluruh bab tanaman rosella mulai dari buah, biji, daun, dan batang bermanfaat. Namun bab yang paling banyak dimanfaatkan yaitu kelopak buahnya. Harga jual kelopak buah rosella ini cukup tinggi Rp30.000/kg berair dan Rp 75.000-Rp90.000/kg kering.


Kelopak buah rosella sanggup dinikmati eksklusif tanpa diolah, yakni menjemurnya hingga kering, lantas membuatnya eksklusif sebagai teh. Namun alasannya yaitu ajakan pasar, rosella sekarang tersedia pula dalam kemasan teh yang mudah dan higienis. Sejumlah produsen juga memproduksi minuman rosella dalam botol plastik siap saji.


Belum ada Komentar untuk "Produksi Kelopak Rosella"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel