Tanamlah Bibit Sayuran Sore Hari

Kapan waktu terbaik menanam bibit? Jawabnya sore hari. Penanaman bibit pada sore hari mempunyai nilai tambah sebab bibit tidak mengalami kekeringan lebih lama. Bila tidak memungkinkan, usahakan menanam pada pagi hari sebelum pukul 08.00. Gunakan bibit berumur 16-20 hari, atau minimal sudah berdaun 4 helai.


Bibit yang siap dipindahkan perlu segera disiram dan sebaiknya juga direndam dalam larutan fungisida sistemik atau bakterisida dengan takaran 0,5-1,0 gram/liter air, selama 15-30 menit. Tujuannya untuk mencegah penularan hama dan penyakit.


Selanjutnya, ambil bibit secara cermat untuk menghindari perakaran rusak. Usahakan media tanam ketika pembibitan masih melekat pada serabut akar. Akar rusak menciptakan tumbuhan stres dan mati. Pindahkan tumbuhan secara hati-hati ke dalam lubang tanam.


Usahakan posisi tumbuhan sempurna di tengah lubang tanam. Padatkan tanah di sekitar tanaman, jangan hingga ada celah antartanah. Celah yang ada berpeluang menyebabkan serangan hama dan penyakit. Setelah itu siram tanah di sekeliling tumbuhan hingga cukup basah.


Belum ada Komentar untuk "Tanamlah Bibit Sayuran Sore Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel