Jati Cepat Bongsor

 sanggup tumbuh menjulang mencapai diameter pohon di atas  Jati Cepat Bongsor


Pohon jati Tectona grandis sanggup tumbuh menjulang mencapai diameter pohon di atas 25 cm dalam waktu kurang dari 5 tahun. Bagaimana bisa? Padahal pada umur 5 tahun paling banter diameter jati genjah gres mencapai garis tengah 15 cm. Bahkan jati alam lebih pendek lagi sekitar 10-12 cm.


Resepnya, rutin memperlihatkan kotoran sapi berikut urinenya setiap 2 pekan. Jumlahnya tidak perlu banyak-banyak cukup seember kotoran sapi plus setengah baskom urine yang dicampurkan menjadi satu dan disiram di bersahabat perakaran yang jaraknya sekitar 0,5-1 meter dari batang pohon.


Apa manfaat kotoran dan urine sapi? Pada dasarnya, kotoran sapi termasuk pupuk organik yang lengkap kandungannya mulai dari kalium, fosfor, dan nitrogen.


Berbagai riset memperlihatkan setiap 1 ton kotoran sapi menyimpan 22 kg nitrogen, 2,5 kg fosfor, dan 13,7 kg kalium. Jumlah itu memang lebih rendah daripada pupuk sintetis, tapi unggul alasannya yaitu ramah lingkungan. Kotoran sapi akan memperbaiki sifat granulasi tanah, kaya mikroba mempunyai kegunaan serta mempunyai kandungan hara tinggi.


Kehadiran mikroba pada kotoran sapi bermanfaat ketika makhluk liliput itu mensintesis materi tertentu sehingga menghasilkan produk hormon tumbuh yang mempunyai kegunaan bagi pertumbuhan tumbuhan jati.


Belum ada Komentar untuk "Jati Cepat Bongsor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel