Wasabi Sambal Jepang

Menyantap sashimi dan sushi di restoran jepang pastilah disuguhi pula pasta putih kehijaua Wasabi Sambal Jepang


Menyantap sashimi dan sushi di restoran jepang pastilah disuguhi pula pasta putih kehijauan. Rasa pasta itu pedas dan menjadikan rasa hangat di tubuh. Itulah sambalnya orang Jepang, sambal wasabi.


Bagi sebagian besar restoran atau rumahmakan berbau Jepang, wasabi sudah kebutuhan sehingga sedapat mungkin tersedia di meja makan sebagai perhiasan hidangan.


Wasabi disantap dengan cara menaruhnya di atas sajian pada santapan sushi. Namun pada sashimi, pemakaian wasabi tinggal dicocol. Wasabi ternyata juga enak disantap dengan tempura dan mi hirau taacuh yang diberi kecap asin (soyu).


Secara tradisional, wasabi disajikan dalam bentuk parutan. Wasabi diparut dengan arah memutar lantas dipukul-pukul dengan bab belakang pisau. Itu agar tercipta rasa lebih kuat. Berikutnya wasabi didiamkan selama 5-10 menit pada suhu ruang agar muncul rasa hangat. Setelah dicampurkan kecap, parutan wasabi ditaruh di piring berisi mi atau ikan. Bila tidak dipakai, wasabi sanggup disimpan dalam lemari pendingin maksimal selama 4 pekan.


Di pasar, wasabi tersedia dalam bentuk abu dan pasta. Bentuk abu dijual dalam kemasan aneka ukuran, adalah 300 gram dan 1 kg. Cara penyajian, wasabi dicampurkan air sebelum disajikan. Tanpa tambahan air, wasabi terasa pahit dan rasa pedasnya tidak muncul.


Daun wasabi juga sanggup dimanfaatkan. Di Jepang, daun wasabi yang diacarkan dalam sake dan kecap terkenal sebagai perhiasan nasi putih. Daun sanggup juga digunakan sebagai hiasan atau untuk salad.


Sejatinya, wasabi Wasabia japonica yang tingginya sekitar 15 cm dengan rimpang sepanjang 5-25 cm itu butuh budidaya intensif. Hanya sedikit tempat yang cocok untuk budidaya keluarga Cruciferae itu. Di Indonesia, wasabi cocok di tanam di tempat dataran tinggi menyerupai Wonosobo (Jawa Tengah) atau Pangalengan (Jawa Barat). Syarat lain, tumbuhan wasabi butuh naungan 70-75%. Bila terlalu banyak sinar matahari, ia menjadi layu.


Tanah untuk budidaya wasabi juga harus kaya materi organik. Wasabi sanggup dipanen minimal sesudah 18 bulan dipelihara. Meski semua bab tumbuhan diangkat dari tanah, hanya 10-15% bobot tanaman-berupa rimpang-yang dimanfaatkan. Yang menarik, wasabi ternyata sanggup dibudidaya di air, bahkan kualitas panennya lebih baik.


Belum ada Komentar untuk "Wasabi Sambal Jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel