Cara Sukses Ternak Burung Cucak Rowo Bagi Pemula

Cara Dan Tips Sukses Ternak Burung Cucak Rowo Bagi Pemula


Cucak Rawa atau Cucak Rowo (Pycnonotus zeylanicus) ialah salah satu jenis burung kicau yang mempunyai kicauan yang cukup unik dan menarik. Cucak Rowo masuk dalam famili Pycnonotidae, burung ini termasuk burung berukuran sedang dengan ukuran panjang badan sekitar 28 cm (paruh sampai ekor), mempunyai bulu berwarna jingga sampai kuning jerami pucat pada bab atas kepala dan epilog telinga, mempunyai garis yang melintasi mata berwarna hitam, mempunyai bulu punggung berwarna coklat zaitun bercoret putih, sayap dan ekornya mempunyai bulu berwarna kehijauan atau hijau coklat-zaitun, bab dagu mempunyai warna bulu putih atau keputihan; bab leher dan dada mempunyai warna bulu abu-abu bercoret putih; bab perut mempunyai bulu berwarna abu-abu, dan mempunyai bulu pantat berwarna kuning, serta mempunyai Iris mata berwarna kemerahan, paruh berwarna hitam, serta kaki berwarna coklat gelap. Burung ini sangat suka memakan serangga atau hewan kecil lainnya dan juga buah-buahan. Burung cucak rowo biasaya banyak ditemukan pada kawasan yang tidak jauh dengan hutan, rawa ataupun pinggir sungai.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Passeriformes

Famili: Pycnonotidae

Genus: Pycnonotus

Spesies: P. zeylanicus


Cucak rowo merupakan salah satu jenis burung kicau yang berharga mahal, jadi sekarang banyak orang yang mencoba menernakkan burung ini alasannya ialah dengan harganya yang mahal, hal ini akan menjadi prospek perjuangan yang menjanjikan.


Beternak Burung Cucak Rowo


a. Pemilihan Indukan Burung Cucak Rowo

Pilihlah calon indukan yang baik semoga burung yang dihasilkan akan baik pula. Berikut ialah ciri atau syarat indukan cucak rowo yang baik:



  • Burung cucak rowo calon indukan harus mempunyai perawakan yang anggun yaitu mempunyai leher yang panjang dan kaki yang tampak kokoh dan tidak cacat sama sekali

  • Burung cucak rowo calon indukan mempunyai paruh yang berpangkal lebar serta paruh terlihat tebal dan besar

  • Burung cucak rowo calon indukan sudah jinak dan sudah siap kawin

  • Burung cucak rowo calon indukan usahakan dipilih yang sudah gacor atau ropel semoga anakan yang dihasilkan akan menyerupai indukan.


b. Persiapan Kandang Ternak Burung Cucak Rowo

Usahakan lokasi pembuatan sangkar sedikit sepi dan lenggang, mengingat burung cucak rowo gampang sters kalau ditempatkan pada tempat yang terlalu berisik. Kandang biasanya di buat dengan ukuran minimal 80 cm x 80 cm x 180 cm. Kandang biasanya di buat dengan tembok dari watu bata dan juga kawat ram serta lantai sangkar diberi bebatuan dan pasir semoga burung ebih bahagia dan air dan kotoran sanggup terserap dengan baik. Selah sangkar final dibentuk jangan lupa beri perlengkapan sangkar menyerupai tempat mandi atau kolam yang berukuran cukup besar sebagai tempat untuk mandi burung dan jangan lupa pula letakkan satu sampai dua sarang dalam sangkar untuk meletakkan telur burung.


c. Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan untuk burung cucak rowo sanggup berupa voer, beri juga masakan ekstra berupa buah-buahan menyerupai apel, pisang, pir, atau tomat atau juga sanggup masakan berupa hewan kecil menyerupai siput air atau jangkrik mengingat cucak rowo menyukainya. Jangan lupa pula beri multivitamin semoga kebutuhan nutrisi burung terpenuhi.


d. Telur dan Anak Burung Cucak Rowo

Saat induk burung sedang mengerami telurnya kurangi gangguan sampai telur menetas. Setelah menetas, biarkan indukan merawat anakan sampai 2 minggu, sesudah 2 ahad barulah anda sanggup memanen anakan burung dan memindahkannya pada sangkar untuk dilakukan perawatan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Sukses Ternak Burung Cucak Rowo Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Ternak Burung Cucak Rowo Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel