Panduan Lengkap Cara Sukses Budidaya Jeruk Siam Bagi Pemula dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Siam Bagi Pemula Agar Sukses – Jeruk siam atau jeruk keprok yaitu salah satu spesies buah jeruk yang telah banyak dibudidayakan di aneka macam tempat di Indonesia. Walaupun harga jeruk ini dipasaran semakin menurun namun peluang bisnis untuk budidaya jeruk siam ini masih menjadi primadona bagi sebagian orang. Jeruk siam ini sanggup dibudidayakan dimana saja baik di tempat dataran rendah sampai dataran tinggi. Jika perawatan jeruk siam ini dilakukan dengan baik dan juga benar maka jeruk yang dihasilkan akan bberkualitas super dan mempunyai harga yang tinggi jikalau telah memasuki mall ataupun super market.


Cara Budidaya Jeruk Siam


Syarat Tumbuh Jeruk Siam


Adapun syarat tumbuh jeruk siam yaitu:



  • Iklim yang mempunyai curah hujan cukup

  • Daerah dengan ketinggian 1-700 meter diatas permukaan laut

  • Jenis tanah yang baik untuk menanam jeruk siaam yaitu jenis tanah latosol atau andosol yang mempunyai derajat keasaman (pH) tanah sekitar 5,5-6,5

  • Suhu ruangan sekitar 25-30 derajat celcius

  • Kelembapan air minimal harus 80%

  • Tempat tanah terkena sinar matahari secara langsung


Penanaman Jeruk Siam


Jeruk siam ini sanggup ditanam di lahan dengan kemiringan sampai 30 derajat maupun ditanam di tegalan sawah namun harus memenuhi syarat untuk tumbuh maksimal. Namun sebelum melaksanakan penanaman, siapkan terlebih dahulu bibit dan juga media tanamnya.


Bibit jeruk siam ini sanggup diperoleh dengan cara generatif atau melalui biji dan juga dengan cara vegetatif melalui sambung pucuknya. Jika bibit sudah siap haruslah segera ditanam namun sebelumnya bersihkan terlebih dahulu sisa-sisa tumbuhan dan juga gulma yang ada pada lahan tanam.


Masukkanlah bibit jeruk siam kedalam lubang tanah yang telah disiapkan, kemudian siram dengan air, kemudian tutup lubang tanam kembali kemudian diatasnya tutup kembali dengan dedaunan menyerupai daun kelapa, jerami ataupun yang lainnya untuk melindungi tumbuhan dari gulma ataupun hama.


Pemberian daun ataupun jerami jangan terlalu banyak alasannya yaitu itu sanggup menciptakan bibit bacin dan dihinggapi hama tanaman. Penanaman ini baik dilakukan di awal demam isu hujan.


Perawatan Jeruk Siam


Adapun perawatan yang perlu dilakukan pada jeruk siam diantaranya:


Penyiangan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang ada disekitar tumbuhan jeruk siam, lakukan penyiangan ini secara rutin dengan frekuensi tertentu ketika tumbuhan jeruk siam mulai tumbuh dan penyiangan tersebut harus terus dilakukan sampai tumbuhan jeruk ini tumbuh tinggi dan lebat bahkan sampai pohon buah jeruk siam tersebut berbuah dan juga pada pemupukan.


Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada ranting pohon jeruk untuk membentuk tajuk dan pangkas pula ranting telah kering, sudah tidak produktif dan juga sakit.


Penyiraman

Lakukan penyiraman pasa tumbuhan buah jeruk siam ini setidaknya satu kali dalam seminggu atau sanggup dilakukan juga setiap 2 kali sehari.


Cara Pemupukan

Pemupukan ini dilakukan sehabis tumbuhan jeruk berumur satu bulan, namun perlu diketahui dalam menjalankan teknik budidaya jeruk siam ini pupuk yang dipakai untuk melaksanakan pemupukan ini berbeda di setiap umur tumbuhan menyerupai satu bulan, dua bulan, tiga bulan dan seterusnya.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Siam Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Sukses Budidaya Jeruk Siam Bagi Pemula dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel