Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kerapu Lumpur Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kerapu Lumpur Bagi Pemula Agar Sukses – Kerapu (Epinephelus) ialah ikan anggota sejumlah genus dalam anak suku Epinephelinae, suku Serranidae dalam seri Perciformes. Ada banyak jenis ikan kerapu ini, salah satunya yaitu kerapu lumpur.


Kerapu lumpur (Epinephelus bleekeri) merupakan salah satu jenis ikan kerapu yang mempunyai daya tarik tersendiri sehingga cukup banyak orang mengkonsumsi jenis ikan kerapu ini. Nah kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya ikan kerapu lumpur, budidaya ikan kerapu lumpur ini sama dengan budidaya kerapu jenis lain. Berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Ikan Kerapu Lumpur Bagi Pemula


Persiapan dan Penebaran Benih Kerapu Lumpur


Benih ikan kerapu lumpur sanggup diperoleh dari tangkapan, tapi disarankan pilih bibit dari hasil pembenihan semoga benih mempunyai ukuran yang seragam. Pilihlah benih ikan kerapu lumpur yang sehat dengan ciri tidak cacat, mempunyai warna yang cerah, mempunyai gerakan yang lincah dan aktif serta mempunyai nafsu makan yang tinggi.


Jika benih suda diperoleh selanjutnya, lakukan pendederan benih. Kepadatan penebaran pada fase pendederan yaitu 150-200 ekor/m3 dengan ukuran panjang ikan sekitar 9-12 cm serta mempunyai berat 15-25 g. Setelah dibesarkan selama 1-1,5 bulan, kurangi kepadatan bak menjadi 100 ekor/m3. Kepadatan ini hanya dilakukan selama 2 bulan saja. Kemudian kurangi lagi menjadi 20-25 ekor/m3 selama 4 bulan sampai ikan berukuran layak konsumsi.


Proses Pertumbuhan Ikan Kerapu Lumpur


Biasanya pertumbuhan ikan kerapu lumpur dipengaruhi oleh pakan mulai dari jenis pakan, jumlah pakan dan mutu pakan yang diberikan. Laju pertumbuhan ikan kerapu lumpur yaitu sekitar 1-1,3 gram perharinya. Ini berbeda dengan laju pertumbuhan kerapu jenis macan 2,5-3 gram perharinya.


Makanan Ikan Kerapu Lumpur


Pakan yang sanggup diberikan pada ikan kerapu lumpur sanggup berupa pelet atau ikan rucah segar. Pemberian pakan tersebu sanggup dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari. Pastikan rasio sumbangan pakan tepat, sehingga pakan yang diberikan akan efisien.


Seleksi Ukuran Ikan Kerapu Lumpur


Karena termasuk jenis ikan kanibal, maka perlu dilakukan pemilahan atau penyeragaman ukuran ikan kerapu lumpur secara rutin mulai dari awal pembesaran minimal dua ahad sekali. Penyeleksian ini sanggup dilakukan dengan menjaring ikan kemudian tempatkan pada bak sesuai ukuran ikan semoga seragam.


Perawatan Ikan Kerapu Lumpur


Agar tidak menghambat pertumbuhan dan menyebabkan penyakit pada ikan kerapu lumpur, maka lakukan perawatan dan pengontrolan pada jaring atau waring. Bersihkan jikalau waring atau jaring terhambat oleh kotoran alasannya itu sanggup menghambat pertukaran air dan oksigen. Pembersihan ini dilakukan minimal 3 ahad sekali.


Jangan lupa melaksanakan pengamatan kesehatan ikan dengan cara visual dan juga organoleptik untuk mengamati ektoparasit juga morfologi ikan kerapu yang dibudidayakan. Untuk pengamatan secara mikroskopik sanggup dilakukan di laboratorium.


Seleksi Induk Ikan Kerapu Lumpur


Kamatangan kelamin atau gonad indukan kerapu lumpur jantan sanggup diketahui dengan cara mengurut bab perutnya, biasanya pada awal sperma yang keluar akan berwarna putih susu, perhatikan jumlahnya alasannya itu akan memilih kualitas ikan kerapu lumpur jantan tersebut. Sedangkan kematangan gonad ikan kerapu lumpur betina sanggup diketahui melalui kanulasi yaitu memasukkan selang plastik ke lubang kelamin ikan kemudian dihisap.


Penetasan Telur Ikan Kerapu Lumpur


Untuk penetasan telur dan pemeliharaan larva, maka siapkan bak khusus yang sanggup dibentuk dari beton, berbentuk persegi empat panjang dengan ukuran 4 x 1 x 1 m³. Sebelum digunakan, tiga hari sebelumnya bersihkan dan basuh hamakan bak dengan larutan chlorine (Na OCI) 50-100 ppm kemudian netralkan dengan larutan Natrium thiosulfat sampai wangi sanggup hilang.


Selanjutnya masukan air maritim berkadar garam 32% ke dalam bak kemudian diamkan selama sehari untuk menjaga suhu badan stabil di antara 27-28°C. Telur hasil pemijahan dikumpulkan dengan memakai air mengalir. Telur yang dibuahi biasanya akan mengapung di permukaan air juga transparan.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kerapu Lumpur Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kerapu Lumpur Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel