Panduan Lengkap Cara Budidaya Kerang Kupang (Mytilus edulis) Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kerang Kupang (Mytilus edulis) Bagi Pemula – Kupang (Mytilus edulis) yaitu binatang bahari semacam kerang kecil. Kerang kupang ini juga disebut juga kerang putih atau Corbula Faba. Kerang kupang ini hidup di lumpur air asin.


Klasifikasi Ilmiah Kerang Kupang

Kingdom: Animalia

Filum: Moluska

Kelas: Bivalvia

Subkelas: Heterodonta

Ordo: Mytiloida

Famili: Mytilidae

Subfamili: Mytilinae

Genus: Mytilus

Spesies: Mytilus edulis


Kandungan gizi yang terkandung di kerang kupang diantaranya ibarat lemak, air, protein, karbohidrat sampai abu. Nilai gizi dalam kerang hijau ibarat dengan kandungan pada daging sapi, ayam juga telur ayam.


Kerang kupang ini banyak ditemukan pada kedalaman bahari 1-7 meter. Persebaran kerang kupang cukup merata di seluruh pantai di Indonesia, terutama di pantai Kupang. Kerang kupang akan berkembang biak dengan sangat pesat di bulan Maret-Juli.


Cara Budidaya Kerang Kupang Bagi Pemula


Reproduksi Kerang Kupang


Kerang kupang termasuk binatang ovipora yang mempunyai sel sperma dan sel telur yang banyak juga mikroskopik. Cara perkembangbiakan kerang kupang dilakukan melalui pembuahan diluar, hal tersebut sebab kerang mengeluarkan sel sperma dan sel telur di air sehingga dibiarkan tercampur.


Percampuran tersebut nantinya akan menghasilkan pembuahan. Hanya dalam waktu 24 jam, telur akan menetas dan berkembang menjadi larva. Larva akan tumbuh menjadi spat sampai umur 15-20 hari. Selanjutnya mereka akan berkembang menjadi kerang kupang cukup umur pada usia 5-6 bulan.


Persiapan Lokasi Budidaya Kerang Kupang


Lokasi yang akan dijadikan daerah budidaya kerang kupang harus tidak mengecewakan terlindung dari arus yang kencang, tidak mempunyai kadar garam tinggi dan wajib mempunyai dasar perairan yang berlumpur serta berpasir. Selain itu pastikan juga, lokasi budidaya tidak terkotori limbah beracun. Pastikan menentukan lokasi mempunyai air yang baik.dengan suhu berkisar diantara 27-37°C serta mempunyai pH 6-8.


Mengumpulkan Spat/Benih Kerang Kupang


Benih biasanya dikumpulkan dari alam, tapi sampai ketika ini belum ada orang yang memproduksi benih kerang kupang dari hatchery sebab biaya produksi yang mahal. Keberhasilan dalam pengumpulan benih sangat bergantung pada musim, lokasi, jenis kolektor sampai teknik pemasangan kolektor.


Pada ketika mengumpulkan spat kerang kupang sanggup memasukkannya memakai tali kolektor. Tali kolektor tersebut sanggup dibentuk memakai pintalan ijuk, serabut kelapa, dan juga polyethylene.


Caranya hanyap perlu memasukan tali kolektor di perairan yang miliki banyak benih kerang kupang. Selanjutnya benih akan berpindah dan melekat di tali kolektor. Setelah itu, tali kolektor yang telah berisi benih kerang kupang sanggup dipindahkan ke bak pembudidayaan.


Cara Budidaya Kerang Kupang


Budidaya kerang kupang sanggup dilakukan dengan memakai beberapa metode diantaranya yaitu metode tancap, rawai, rakit tancap, serta rakit apung. Metode yang paling sering dipakai yaitu metode rakit tancap, yakni menggabungkan 2 metode yaitu metode tancap dan rakit tancap. Caranya dengan menancapkan bambu sampai kedasar perairan.


Pastikan lokasi rakit telah dihitung menurut tinggi rendah air pada ketika pasang surut. Karena hal tersebur sangat penting semoga rakit tidak akan mengalami kekeringan. Kemudian sanggup diletakkan tali kolektor pada rakit tancap. Jarak yang direkomendasikan untuk masing-masing tali kurang lebih 1 meter. Biasanya dalam kurum waktu 6 bulan, sanggup menghasilkan 20-25 kg setiap tali.


Masa Panen Kerang Kupang


Pemanenan kerang kupang sanggup dilakukan sehabis berumur 5-6 bulan pada masa pemeliharaan. Kerang yang siap dipanen yaitu kerang yang telah mencapai ukuran konsumsi sekitar 6-8 cm, mempunyai daging tebal dan berwarna krem. Agar kerang kupang yang dipanen berkualitas maka pemanenan harus dilakukan di ketika kerang kupang di fase istirahat. Pengikisan ataupun perontokan kerang pada ketika dilepaskan dari pancang bambu atau dilepaskan dari tali memakai benda tajam semoga memperkecil luka benang byssusnya yang menciptakan kerang mempunyai daya tahan hidup jauh lebih lama.


Demikian artikel  perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Kerang Kupang (Mytilus edulis) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Kerang Kupang (Mytilus edulis) Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel