Cara “Sukses” Budidaya Ulat Hongkong Yang Bernilai Ekonomi

Cara “Sukses” Budidaya Ulat Hongkong Yang Bernilai Ekonomi



Cara Budidaya Ulat Hongkong – Nah bagi para pecinta burung, ulat hongkong tentunya ialah barang yang tidak ajaib lagi bukan. Ulat yang satu ini memang sangat baik untuk dijadikan pakan burung berkicau alasannya ialah kandungan gizinya yang sanggup meningkatkan kualitas bunyi burung kicau.


 Budidaya Ulat Hongkong Yang Bernilai Ekonomi Cara “Sukses” Budidaya Ulat Hongkong Yang Bernilai Ekonomi


Fenomena ini pastinya sanggup menjadi sebuah lahan yang sangat menguntungkan mengingat harga jual ulat hongkong dan peminatnya yang cukup tinggi. Budidaya ulat hongkong sendiri tidaklah terlalu sulit namun diharapkan kesabaran dan ketelatenan. Nah berikut ini ialah hal yang perlu diperhatikan sebagai panduan budidaya ulat hongkong.


Persiapan


Pada dasarnya hanya ada empat hal dasar yang perlu kita sediakan pada cara budidaya ulat hongkong. Keempat hal tersebut ialah kandang, media pemeliharaan, bibit dan pakan. Kandang ulat hongkong sanggup dibentuk memakai triplek yang ukurannya sanggup diadaptasi dengan kebutuhan. Kotak dari triplek ini kemudian dibentuk rak kayu yang disusun bertingkat didalamnya dengan jarak antar rak berkisar 10 cm, serta dilapisi dengan lakban pada bab bibirnya supaya ulat tidak kabur. Kandang juga sanggup berupa kontainer plastik yang sanggup dengan gampang dibeli di toko.


Persiapan selanjutnya dalam teknik beternak ulat hongkong ialah media pemeliharaan. Media yang dipakai untuk memelihara ulat hongkong ialah gabungan dari dedak halus atau Polard dengan ampas tahu kering. Media ini kemudian di masukkan ke dalam rak-rak atau kontainer yang dipakai sebagai sangkar dengan ketebalan sekitar 1/4 bab dari total ketinggian wadah. Sedangkan bibit ulat hongkong sendiri sanggup dibeli di peternak lain maupun di toko pakan hewan.


Setelah mempersiapkan kandang, media, serta bibit. Teknik budidaya selanjutnya yang harus diperhatikan ialah pakan ulat hongkong. Ulat hongkong ialah larva yang binatang yang sanggup memakan apa saja mulai dari pakan ayam, ampas tahu, batang pohon pisang, batang talas, pepaya, labu siam, bisai dan sawi. Pastikan untuk mengganti pakan secara terencana supaya tidak membusuk dan menjadi sarang penyakit bagi ulat hongkong.


Proses Pemeliharaan


Cara beternak ulat hongkong tidaklah sulit, pertama bibit ulat hongkong yang sudah dimasukkan ke dalam sangkar kemudian dipelihara selama sekitar 90 hari hingga bermetamorfosis kepompong. Jangan lupa untuk memisahkan kepompong dengan larva ulat hongkong yang belum berubah kedalam wadah lain alasannya ialah larva sanggup memakan kepompong tersebut. Sekitar 10 hari kemudian, kepompong akan bermetamorfosis serangga berwarna putih yang akan bermetamorfosis coklat kemudian hitam dan menjadi kumbang. Kumbang inilah yang akan menghasilkan telur dan bibit baru.


Pindahkan kumbang ke wadah tersendiri dan biarkan mereka melaksanakan proses reproduksi. Setelah sekitar 10 hari, lakukan penyayakan untuk memisahkan kumbang dan telur-telurnya. Kembalikan telur ke wadah dan tempatkan kumbang di wadah gres supaya mereka sanggup melaksanakan proses reproduksi lagi. Lakukan cara ternak ini secara berkala, telur yang dihasilkan kemudian akan bermetamorfosis ulat hongkong yang sesudah berumur 50 hari dan cukup besar lantas sanggup kita pasarkan.


Tips Pemeliharaan


Dalam pemeliharaannya suhu dalam sangkar sangatlah penting, tips yang pertama ialah menjaga sangkar pada suhu 29-30 derajat celcius yang merupakan suhu ideal untuk perkembang biakan ulat hongkong. Perhatikan juga warna kulit ulat alasannya ialah ulat hongkong yang sehat mempunyai warna kuning keemasan. Jika kulit ulat hongkong bermetamorfosis kuning kehitaman, maka kurangilah derma dedaunan dan dedak sebagai pakan. Jika terdapat ulat mati berwarna merah, berilah pakan yang tidak terlalu basah. Atasilah persoalan ini sesegera mungkin alasannya ialah penularan sanggup terjadi dengan cepat.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara “Sukses” Budidaya Ulat Hongkong Yang Bernilai Ekonomi sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara “Sukses” Budidaya Ulat Hongkong Yang Bernilai Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel