Mikroorganisme Lokal (MoL) Dari Bonggol Pisang

 merupakan sekumpulan mikroorganisme yang diperbanyak dan bermanfaat sebagai stater untuk  Mikroorganisme Lokal (MoL) Dari Bonggol PisangMikroorganisme Lokal (MoL) merupakan sekumpulan mikroorganisme yang diperbanyak dan bermanfaat sebagai stater untuk mendekomposisi atau menguraikan materi organik serta sanggup menjadi aktivator untuk mempermudah perembesan unsur penting bagi tanaman.


Salah satu materi yang sanggup menjadi sumber pembuatan Mol yaitu bonggol pisang. Bonggol pisang diketahui mengandung mikroba pengurai materi organik, yakni Bacillus sp, Aeromonas sp, serta Aspergillus niger. Mikroba pada Mol bonggol pisang tersebut akan berfungsi sebagai pengurai materi organik yang dikomposkan.


1. Cincang bonggol pisang sampai berukuran seukuran koin.


2. Masukkan ke dalam jeriken kapasitas 10 liter sebanyak 1,5 kg.


3. Masukkan 4 liter air beras, 3 liter air kelapa dan 3 balok gula merah yang telah dicairkan.


4. Tutup rapat jeriken. Pada epilog diberi lubang seukuran selang infus. Masukkan selang sepanjang 45-60 cm yang terhubung dengan botol minuman kemasan yang berisi air separuh tinggi botol. Diamkan selama 15-20 hari sampai proses fermentasi berlangsung tepat dengan ditandai oleh aroma kecut seakan-akan cuka.


Belum ada Komentar untuk "Mikroorganisme Lokal (MoL) Dari Bonggol Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel