5 Panduan Lengkap Cara Budidaya/Menanam Kangkung Dalam Pot atau Polybag

Panduan Lengkap Cara Budidaya/Menanam Kangkung Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah


Kangkung (Ipomoea aquatica) yakni jenis sayuran dan ditanam sebagai materi makanan.Kangkung banyak terdapat di tempat Asia yang sanggup dijumpai di hampir di semua daerah terutama di tempat berair. Ada 2 jenis kangkung yaitu kangkung darat (Ipomoea Reptans) dan kangkung air (Ipomoea Aquatica).


Banyak orang yang membudidayakan atau menanam tumbuhan sayuran ini sebab sangat gampang ditanam. Tanaman sayuran ini tidak hanya sanggup di tanam di lahan namun juga sanggup ditanam di pot atau polybag tanam yang lebih mudah terkhusus bagi anda yang tidak mempunyai lahan yang tidak luas. Berikut yakni cara menanam kangkung dalam pot atau polybag tanam:


a. Persiapan bibit kangkung

Sebelum melaksanakan tanam pastilah perlu menyiapkan bibit. Pilihlah bibit kangkung yang unggul dan berkualitas. Kangkung sanggup dipernnyal dengan cara generatif(menggunakan biji) dan juga cara vegetatif(menggunkan cara stek).


Apabila anda akan melaksanakan penanaman memakai bibit dari biji maka anda harus melaksanakan penyemaian. Siapkan lahan semau terlebih dahulu kemudian beri lahan semai dengan pupuk sangkar atau pupuk kompos kemudian diamkan selama sekitar 1 hari. Jika sudah maka selanjutnya taburkan biji benih kangkung dan tutup kembali dengan tanah. Tutup lahan semai dengan dedaunan atau yang lainnya dengan jarak sekitar 20 sampai 30 cm dari permukaan semai semoga lahan semai terjaga kelembabanya. Bibit yang telah mempunyai 3 sampai 4 helai daun sanggup dipindahkan ke pot atau polybag tanam.


b. Persiapan Tempat dan Media Tanam

Pot, polybag tanam, atau wadah bekas yang akan kita gunakan untuk menanam kangkung sebaiknya mempunyai lubang resapan air dan untuk ukurannya sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan anda. Media tanam yang perlu disiapkan untuk menanam kangkung dalam pot yakni media tanam yang terbuat dari adonan tanah dengan pupuk kompos atau pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1. Jika pot dan media tanam telah siap maka masukkan media tanam dalam pot sampai 3/4 bagian. Biarkan selama 1 sampai 2 hari semoga tanah stabil.


c. Penanaman Kangkung Dalam Pot atau Polybag Tanam

Apabila bibit dan pot beserta media tanamnya telah siap maka segera lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada pot yang telah diisi dengan media tanam dengan kedalaman sekitar 10 cm sampai 15 cm. Dalam setiap pot atau polybag tanam anda sanggup menciptakan lubang tanam sampai 3 lubang yang masing-masing lubang sanggup anda isi dengan 2 bibit tumbuhan kangkung.


d. Perawatan Tanaman Kangkung Dalam Pot Atau Polybag Tanam

Setelah melaksanakan penanaman maka perlu lakukan perawatan tanaman. Perawatan pada tumbuhan kangkung intinya sama dengan perawatan tumbuhan lainnya menyerupai penyiraman, penyiangan, dan pemupukan.



  • Penyiraman

    Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari apabila pada ketika cuaca kering.

  • Pemupukan

    Pemupukan sanggup mulai dilakukan sehabis tumbuhan kangkung berumur 10 hari sehabis tanam, pemupukan dianjurkan memakai pupuk organik semoga sayuran ini tetap sehat untuk dikonsumsi.

  • Penyiangan

    Penyiangan terhadap gulama atau tumbuhan pengganggu yang tumbuh disekitar tumbuhan kangkung juga perlu dilakukan semoga tidak menghambat pertumbuhan tumbuhan kangkung.


e. Pemanenan Kangkung

Kangkung sanggup dipanen sehabis berumur sekitar 25 hari sampai 30 hari sehabis tanam, dan pemanenan tersebut sanggup dilakukan secara berkelanjutan setiap hari. Pemanenan sanggup dilakukan dengan cara mencabut kangkung sampai akarnya atau dengan cara memotong sebagian tumbuhan kangkung dengan memakai pisau.


Demikian artikel pembahasan tentang”5 Panduan Lengkap Cara Budidaya/Menanam Kangkung Dalam Pot atau Polybag“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "5 Panduan Lengkap Cara Budidaya/Menanam Kangkung Dalam Pot atau Polybag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel