Cara Menanam dan Merawat Bunga Bromelia Untuk Tanaman Hias Di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Bromelia Untuk Tanaman Hias Di Rumah – Bromelia yakni kelompok tumbuhan yang masuk dalam keluarga Bromeliaceae (nanas-nanasan) yang terdiri dari sekitar 3000 spesies dengan ratusan sampai ribuan hibrida. Tanaman Bromelia ini berasal dari Amerika dan beberapa diantaranya berhabitat orisinil Afrika, menyerupai Pitcairnia Feliciana. Bunga bromelia ini mempunyai daun yang tersusun rapat, melingkat menyerupai bunga. Tanaman yang masih satu keluarga dengan nanas ini kaya akan kandungan kalsium dan vitamin C. Orang Amerika Latin mengenal tumbuhan bromelia ini sebagai tumbuhan obat yaitu sebagai obat cacing. Nama latin tumbuhan bunga bromelia yaitu Ananas cosmusus


Tanaman bunga Bromelia ini mempunyai daun yang beraneka ragam dengan corak yan mempesona. Beberapa jenis bunga bromelia ini memekarkan bunga yang atraktif.


Klasifikasi Tanaman Bromelia

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Monokotil

(tidak termasuk): Commelinids

Ordo: Poales

Famili: Bromeliaceae

Subfamili: Bromelioideae

Genus: Bromelia


Ada banyak sekali jenis atau spesies bunga bromelia ini, ada bromelia merah (Bromelia Alsodes, Bromelia Antican, Bromelia Goyazensis, Bromelia Hieronymii scarlatina, Bromilia serra); bromelia kuning (Bromelia chryssantha, Bromelia goeldiana, Bromelia palmeri); dan bromelia ungu (Bromelia horstii dan Bromelia karatas).


Cara Menanam dan Merawat Bunga Bromelia


Cara Pembibitan Bromelia


Pembibitan bromelia sanggup dilakukan dengan cara induksi anakan, carilah induk bunga bromalia yang sehat dan berumur cukup tua. Selanjutnya, siapkan bambu atau lidi berukuran 20 cm untuk menusuk kucup tumbuhan tersebut.


Setelah didapat bambu yang sebesar tusuk satu dan panjang 10 cm, masukkan ujung bambu ke larutan fungisida kemudian bacokan ke serpihan kuncup bromelia dan biarkan selama beberapa minggu, biasa sesudah 40 hari akan muncul banyak tunas anakan di pangkal batang induk dan apabila sudah mempunyai 3-5 daun, anakan sanggup dipisahkan dari indukan.


Media Tanam Untuk Bunga Bromelia


Media tanam yang dipakai untuk menanam bunga bromelia harus sanggup membuang air dan akar tidak akan tergenang alasannya yakni lembab. Jika media tanam lembab maka akan menciptakan akar membusuk. Gunakan media tanam yang dipakai jangan tanah, namun berupa sekam bakar yang dicampur humus dan serbuk kelapa atau sanggup juga memakai sabut, pakis, sekam yang dicampur dengan pasir. Jika bromelia akan dipakai untuk tumbuhan hias dalam ruangan, media tanamyang dipakai sanggup berupa cocopeat.


Berikan Nuangan Berupa Paranet


Sebagai habitat aslinya, bromelia banyak tumbuh di hutan yang tak terkena sinar matahari secara langsung, jadi untuk menyamakan menyerupai habitat aslinya lahan tanam bromelia diberi paranet.


Penyiraman Bunga Bromelia


Walaupun bromelia sangat menyukai kelembaban, namun penyiraman jangan terlalu sering disiram alasannya yakni sanggup mengakibatkan bromelia amis dan jadinya mati. Kaprikornus lakukan penyiraman jikalau media tanam terlihat sudah kering dan apabila isu terkini hujan tidak perlu dilakukan penyiraman.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Bromelia Untuk Tanaman Hias Di Rumah” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Bromelia Untuk Tanaman Hias Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel