Cara Budidaya Tanaman Kaktus Hias Dengan Mudah

Tips & Cara Budidaya/Menanam Tanaman Kaktus Hias Mini Dengan Praktis Di Rumah


Kaktus merupakan nama dari anggota tumbuhan berbunga yang berasal dari famili Cactaceae (Tanaman berduri). Tanaman kaktus sanggup tumbuh tanpa air dalam waktu yang lama, tumbuhan ini banyak ditemukan didaraeah kring menyerupai gurun. Tanaman kaktus mempunyai akar yang panjang dan berfungsi untuk mencari air dan memperlebar medan peresapan air dalam tanah, air yang sudah diserap akar kemudian akan di simpan dalam batang.


Terdapat banyak sekali jenis kaktus mulai yang berukuran sangat kecil sampai berukuran tinggi, ada yang berduri tanpa bunga dan ada yang berbunga tanpa duri. Karena hal tersebut, banyak orang sekarang menanam kaktus ini untuk tumbuhan hias dirumah. Berikut yakni cara menanam kaktus hias :


a. Persiapan Bibit Kaktus Hias

Bibit yakni hal utama yang perlu disiapkan sebelum melaksanakan penanaman. Bibit kaktus yang akan anda tanam sanggup anda dapatkan dengan membelinya  di toko tumbuhan hias atau anda sanggup mendapatkannya dari tumbuhan induk. Pilihlah bibit yang berkualitas unggul tanpa ada cacat, pilihlah bibit kaktus yang mempunyai batang yang tidak mengalami memar, mempunyai duri yang masih sempurna, serta mempunyai arah tumbuh yang tegak lurus. Bibit yang akan di pilih sebaiknya telah berumur lebih dari 3 tahun. Apabila bibit yang akan ditanam berasal dari batang tumbuhan induk maka pastikan tumbuhan itu telah berumur layak tanam.


b. Persiapan Media Tanam Kaktus Hias

Tanaman kaktus hias membutuhkan media tanam yang kering dan juga tidak menahan air, sehingga akar tumbuhan kaktus tersebut tidak terlalu usang mengikat air. Oleh lantaran itu jangan gunakan media tanam berupa tanah merah dan tanah liat sebagai media tanam kaktus, lantaran jenis tanah tersebut mempunyai daya ikat air yang tinggi kesannya jikalau jumlah air pada media tanam terlalu banyak dengan daya serap yang tinggi maka akan sanggup menjadikan batang kaktus hias menjadi busuk.


Untuk media tanam kaktus sebaiknya anda memakai media tanam berupa tanah berpasir, pupuk kompos, serta arang sekam yang dicampur jadi satu dengan perbandingan 1 : 1: 1. Setelah media tanam siap selanjutnya siapkan pot, pot yangakan dipakai pastikan dahulu mempunyai drainase yang baik semoga nantinya tanamana kaktus tidak membusuk, untuk ukuran pot tanam yang akan digunakan, di sesuai dengan tumbuhan kaktus yang akan di tanam, jikalau tumbuhan kaktus berbentuk membulat maka siapkan pot yang mempunyai ukuran sekitar 5 cm sampai 10 cm. Jika tumbuhan kaktus hias yang kan ditanam mempunyai bentuk yang tinggi maka pot tanam yang dipakai yakni pot yang berukuran tinggi setengah tinggi kaktus tersebut.


c. Perawatan Kaktus Hias

Walaupun tumbuhan kaktus merupakan tumbuhan yang tidak begitu menyukai air, tumbuhan katus tetap perlu di lakukan peniraman, penyiraman tersebut dilakukan setiap seminggu sekali atau juga diubahsuaikan dengan tingkat kekeringan media tanam kaktus tersebut. Dan sesudah 2 ahad barulah tumbuhan kaktus dipindahkan ketempat yang sesuai.


Perawatan lain selain penyiraman yakni pergantian pot tanam dan juga media tanam yang setidaknya dilakukan setiap setahun sekali. Untuk peletakan sesuaikan dengan jenisnya lantaran ada yang menyukai sinar matahari dan ada juga yang menyukai kawasan gelap. Namun untuk tumbuhan kaktus yang menyukai matahari sesudah penanaman jangan pribadi diletakan dibawah sinar matahari, tapi lakukan penempatan dibawah matahari seelah tumbuhan telah berumur sekitar 3 ahad sesudah tanam. Untuk tumbuhan kaktus yang menyukai kawasan gelap, perlu sesekali dipindahkan ke kawasan yang terang.


Selain penyiraman, pergantian pot dan media tanam serta penempatan, Lakukan pula pemangkasan tumbuhan kaktus jikalau dirasa sudah cukup panjang. Hal ini dilakukan semoga tumbuhan terlindungi dari hama menyerupai keong tanah, tungau dan juga cendawan. Namun jikalau sudah terjangkit hama tersebut perlu dilakukan penanganan dengan menyemprotkan pestisida.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Tanaman Kaktus Hias Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Tanaman Kaktus Hias Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel