Cara Menanam Bayam Hidroponik Di Rumah Dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Menanam Bayam Hidroponik Di Rumah Dengan Mudah 


Bayam atau Amaranthus merupakan jenis tumbuhan yang ditanam untuk diambil daunnya sebagai sayuran. Tanaman sayur ini berasal dari kawasan tropik Amerika tapi kini sudah banyak tersebar di seluruh dunia. Tanaman ini populer akan kandungan zat besi yang tinggi.Bayam mempunyai batang berair dan agak berkayu, daun bertangkai dengan bentuk bundar telur berwarna hijau, merah atau hijau keputihan. Selain itu kandungan gizi yang cukup tinggi ibarat Kalium, kalsium, zat besi, magnesium, protein, vitamin dan lain sebagainya, menciptakan baym diminati oleh para pecinta sayuran hijau. Selain ditanam pada lahan tanam dengan metode tanam tradisional, bayam sanggup ditanam dengan metode atau teknik hidroponik. Teknik hidroponik ialah teknik penanaman tumbuhan dalam larutan nutrisi(pupuk dan air) tanpa memakai tanah. Teknik hidroponik banyak dipilih alasannya ialah sanggup ditempatkan diberbagai lahan meskipun itu lahan sempit. Berikut ialah cara budidaya bayam dengan teknik Hidroponik:


a. Persiapan Bibit Bayam

Sebelum melaksanakan penanaman, maka siapkan dahulu benih bayam. Setelah benih siap selanjutnyarendam benih tersebut dalam air hangat selama sekitar 1 jam biar kulit benih menjadi lunak.


Selanjutnya, siapkan media semai berupa rockwool, potong rockwool berbentuk dadu dengan ukuran 2×2 cm. Lalu susun potongan rockwool tersebut dalam baki, nampan atau tempat lain untuk persemaian.


Setelah rockwool siap, masukkan benih yang sudah direndam dalam rockwool. Setiap rockwool diisi dengan 1 benih bayam, sehabis simpulan kemudian siram rockwool secara perlahan hingga agak berair memakai air higienis (jangan hingga air menggenang pada nampan atau baki semai tersebut). Setelah itu tutup baki dengan plastik hitam biar memercepat perkecambahan, kemudian letakkan baki atau nampan semai tersebut pada tempat yang teduh dan kering. Biarkan selama sekitar 48 jam atau 2 hari, kalau sudah berkecambah maka pindahkan baki atau nampan semai tersebut pada tempat yang terkena sinar matahari.


Lakukan perawatan terhadap bibit dengan menjaga kelembaban media semai, hingga tumbuhan sanggup dipindahkan ke media tanam yang gres atau hingga tanamana setidaknya mempunyai 4 daun sejati.


b. Persiapan Media Tanam

Sistem hidroponik yang akan kita gunakan untuk menanam bayam ialah Sistem Wick yaitu sistem hidroponik yang memakai sumbu sebagai penyalur nutrisi untuk tanaman.


Siapkan sebuuah box sterofoam atau box air yang mempunyai tinggi minimal sekitar 30 cm. Buatlah tutup box dengan menggunkan sterofoam tipis dengan ukuran yang sama dengan box yang akan digunakan. Jika tutup sudah jadi, buatlah lubang pada sterofoam tutup tersebut dengan diameter sekitar 5 cm dengan jarak sekitar 10 cm. Jika Box dan tutup sudah siap maka selanjutnya isi box dengan larutan nutrisi, larutan nutrisi tersebut sanggup anda gunakan nutrisi AB Mix yang sanggup anda beli di toko pertanian. Larutan nutrisi tersebut dibentuk dengan mencampurkan 5 ml Mix A dan 5 ml Mix B dengan 1 liter air atau dengan perbandingan 5:5:1. Aduk larutan hingga merata.


c. Penanaman Bayam

Setelah bibit dan media tanam siap maka selanjutnya lakukan penanaman. Dalam penanaman kita membutuhkan net pot atau gelas plastik dan juga sumbu. Jika semua sudah siap masukkan sumbu dalam lubang net pot hingga setengah belahan berada diluar net pot. Jika anda memakai gelas plastik, anda sanggup menciptakan lubang kecil disemua sisinya dan lubang sedikit besar untuk belahan bawahnnya, Dan untuk sumbu sebaiknya anda memakai kain flanel alasannya ialah mempunyai daya serap yang lebih baik.


Setelah semua siap maka pindahkan bibit yang telah mempunyai 4 helai daun kedalam net pot atau gelas plastik tersebut. Jika sudah maka pindahkan net pot atau gelas plastik yang telah ditanami bibit ke lubang epilog sterofoam. Pastikan akar bibit menyentuh larutan nutrisi yang ada dalam box. Lakukan penyiraman pada bibit dengan air secukupnya, letakkan box di pekarangan rumah biar tumbuhan mendapat sinar matahari.


d. Perawatan dan Pemanenan Bayam

Lakukan penyiraman secara teratur namun jangan hingga tergenang dan juga jangan hingga kekeringan. Selain penyiraman lakukan juga penyiangan terhadap tumbuhan liar yang mengganggu tumbuhan bayam. Bayam sanggup dipanen sehabis berumur sekitar 25 hari sehabis penanaman, pemanenan dilakukan dengan cara mencabutnya secara perlahan biar bayam tidak rusak.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bayam Hidroponik Di Rumah Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bayam Hidroponik Di Rumah Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel