Cara Menanam Sawi Hidroponik Dengan Mudah Dan Hasil Melimpah

Panduan Lengkap Cara Budidaya Menanam Sawi Secara Hidroponik Dengan Mudah Dan Hasil Melimpah


Menanam tumbuhan dengan teknik hidroponik memanglah cukup menguntungkan bagi orang yang tidak mempunyai lahan yang luas untuk melaksanakan penanaman sehingga sekarang hidroponik banyak orang yang memakai teknik tersebut, teknik hidroponik biasa diterapkan pada sayuran ibarat kangkung, sawi dan lain sebagainya. Kali ini kita aakan membahas wacana cara budidaya sawi dengan teknik hidroponik. Berikut yakni cara budidaya sawi dengan teknik hidroponik:


a. Alat Dan Bahan Yang Perlu Di Siapkan

Sebelum melaksanakan penaman sawi dengan teknik hidroponik ada alat dan materi yang perlu dipersiapkan diantaranya benih sawi, media tanam, pisau, rockwool, nutrisi hidroponik, spayer, dan lainnya.


b. Pemilihan Benih Sawi

Binih merupakan hal penting yang perlu dipersiapkan, pilihlah benih sawi yang berkualitas dan terbebas dari hama penyakit untuk ditanam. Benih tersebut sanggup anda dapatkan dari tumbuhan induk yang sehat atau anda sanggup membeli benih bibit sawi tersebut di toko pertanian.


c. Pembibitan Benih

Pembibitan dengan teknik hidroponik mempunyai perbedaan dengan penanaman secara tradisional yang dimana benih bibit tersebut sanggup ditanam secara eksklusif tanpa harus melaksanakan pembibitan. Namun jikalau ingin melaksanakan pembibitan anda sanggup melaksanakan pembibitan benih dengan cara menaburkannya dalam rockwool. Sebelumnya rockwool dipotong kemudian dibasahi dengan air higienis kemudian letakkan di atas nampan, sehabis itu tabur benih yang telah disiapkan. Letakkan nampan semai pada daerah yang gelap atau sanggup juga dengan menutup nampan tersebut dengan kain. Umumnya sehabis 1 sampai 2 hari benih akan mulai tumbuh dan sanggup dipindah ken ke daerah yang terkena sinar matahari. Lakukan perawatan berupa penyemprotan air pada rockwool secara rutin yaitu sebanyak 2 kali sehari padi dan sore hari.


d. Persiapan Media Tanam Dan Penanaman

Lakukan persipan media tanam sembari menunggu pembibitan benih. teknik hidroponik yang akan dipakai untuk menanam sawi ini yakni NFT atau sistem kultur air maka media tanam yang dipakai yakni air. Gunakan botol plastik untuk penamanan, sebelumnya potong dahulu botol menjadi 2 bagian. kemudian bab tutup dibentuk lubang untuk meletakkan sumbu sebagai alat untuk mendistribusikan air, sehabis lubang simpulan dibentuk masukkan sumbu dalam lubang tutup botol kemudian isi tutup botol dengan sedikit tanah humus. Bagian bawah botol diisi dengan air dan juga nutrisi hidroponik. Nutrisi hidroponik tersebut sanggup anda beli di toko pertanian. Botol tersebut diisi air dan nutrisi hidroponik sebanyak 2/3 bab botol. Selain mencampurkan dengan media tanam nutrisi hidroponik sanggup diberikan dengan cara disemprot sebanyak 1 sampai 2 kali sehari.


e. Pemindahan Sawi

Apabila tumbuhan sawi sudah cukup tua, pindahkan kedalam botol tanam yang telah disi dengan tanah humus. Lubangi tanah dalam botol dengan jari sedalam 1 cm kemudian tanam tumbuhan sawi tersebut dengan cara berhai-hati semoga akar tidak putus.


f. Perawatan Tanaman Sawi

Lakukan perawatan dengan cara selalu mengecek kecukupan larutan nutrisi pada tumbuhan setiap hari, jikalau sudah berkurang maka lakukan penambahan larutan nutrisi tersebut. Lakukan pula penyemprotan insektisida dan fungisida semoga tumbuhan tidak terjangkit hama dan penyakit.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Sawi Hidroponik Dengan Mudah Dan Hasil Melimpah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Sawi Hidroponik Dengan Mudah Dan Hasil Melimpah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel