5 Panduan Lengkap Cara Menanam Selada Di Polybag atau Pot Dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Menanam Selada Di Polybag atau Pot Dengan Praktis Bagi Pemula


Selada (Lactuca sativa) ialah tumbuhan sayur yang merupakan tumbuhan orisinil lembah penggalan timur Laut Tengah. Selada biasa di tanam di kawasan beriklim sedang maupun kawasan beriklim tropika. Kini banyak orang yang mulai melaksanakan budidaya tumbuhan selada ini baik untuk dikonsumsi sendiri atau dijual, alasannya selada banyak diminati masyarakat sebagai lalapan. Selain dibudidayakan pada lahan, banyak orang yang membudidayakan selada ini dalam pot atau polybag tanam. Berikut ialah Cara Budidaya Selada Dalam Polybag atau Pot tanam:


A. Persiapan Benih dan Penyemaian Benih Selada

Benih selada untuk di budidaya tanamkan sanggup anda dapatkan di toko pertanian yang terdekat di kota anda. Setelah benih anda dapatkan selanjutnya lakukan penyemaian benih. Media semai yang dipakai ialah media semai yang lembab sanggup berupa gabungan tanah dan pupuk sangkar atau gabungan tanah dengan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1. Setelah benih di semai, tutup media semai dengan mulsa dari jerami, karung, atau daun pisang biar media semai tetap lembab.


Pastikan media semai tetap lembab, kalau mulai kering segera siram dengan cara disemprot. Setelah 3 hingga 4 hari biasanya benih sudah mulai berkecambah dan apabila benih telah mempunyai daun anda sanggup membuang atau menyingkirkan epilog mulsa yang anda berikan. Tetapa lakukan penyiraman secara teratur setiap harinya dengan cara menyemprot secara halus biar bibit tidak rusak. Biarkan benih tersebut tumbuh pada media semaia hingga berumur 17 hari.


Selain pada lahan, penyemaian selada sanggup dilakukan memakai baki semai tau seed tray dan tetap memakai media yang sama yaitu berupa gabungan tanah dengan pupuk sangkar atau gabungan tanah dengan pupuk kompos.


B. Penanaman Bibit Selada dalam Polybag atau Pot Tanam

Setelah bibit selada berumur sekitar 17 hari atau telah mempunyai 4 hingga 5 helai daun, anda sanggup melaksanakan pindah tanam bibit tersebut segera ke dalam pot. Karena kalau tumbuhan bibit selada dipindahkan terlalu bau tanah atau terlalu muda akan mempunyai produktivitas yang tidak begitu optimal.


Namun pertama anda harus menyiaapkan pot atau polybag tanam sesuai ukuran yang diharapkan dan telah dibentuk beberapa lubang di penggalan bawah dan pinggir beserta dengan media tanamnya, media tanam yang dipakai campurana tanah, pupuk sangkar dan juga sekam padi dengan perbandingan 2 : 1 : 1 atau gabungan tanah, pupuk sangkar dan pasir dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Jika media tanam telah siap maka segera masukan dalam polybag atau pot yang telah disiapkan dan segera lakukan penanaman dengan hati-hati jangan hingga akar bibit selada rusak.


Setelah penanaman final anda sanggup memindahkan polybag atau pot tanam yang telah ditanami selada pada tempat yang mendapat sinar matahuari secara penuh atau sanggup juga anda memakai rak bertingkat biar tumbuhan tersususn rapi.


C. Penyiraman Tanaman Selada

Selada yang ditanam dalam pot atau polybag, membutuhkan penyiraman yang relatif sering sehingga apabila pada cuaca kering maka penyiraman dilakukan secara rutin sebanyak 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang an sore hari atau setidaknya lakukan 2 kali sehari yaitu pada pagi adan sore hari. Namun apabila pada animo penghujan, anda tidak perlu melaksanakan penyiraman tapi anda perlu mengontrol jangan hingga tumbuhan tergenang alasannya bila tergenang sanggup mengakibatkan selada anyir bahkan mati.


D. Pemupukan Tanaman Selada

Pemupukan selada sangatlah ringan alasannya tidak membutuhkan pupuk kimia sedikitpun, hanya perlu lakukan penyiranaman secara teratur dengan air bekas perendaman pupuk sangkar yaitu setiap 10 hari sekali namun disarankan 5 hari sebelumnya beri air rendaman pupuk dengan pupuk organik cair.


E. Pemanenan Tanaman Selada

Selada mulai sanggup dipanen sesudah berumur sekitar 40 hari hingga 2 bulan sesudah pindah tanam. Cara pemanenan sanggup dilakukan dengan cara mencabutnya hingga akar atau juga sanggup dengan memotong nya di penggalan pangkal batang.


Demikian artikel pembahasan tentang”5 Panduan Lengkap Cara Menanam Selada Di Polybag atau Pot Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "5 Panduan Lengkap Cara Menanam Selada Di Polybag atau Pot Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel