Kandungan Gizi Belimbing Dan Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Belimbing Dan Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan


Belimbing (Averrhoa carambola atau dalam bahasa inggris disebut Star fruit) ialah salah satu tanaman buah yang mempunyai bentuk khas. Tanaman ini berasal dari Sri Langka, India dan Indonesia. Buah belimbing mengandung banyak air, mempunyai warna kehijauan dan ada yang kuning, apabila buah di potong maka akan terlihat penampang melintangnya ibarat bentuk bintang. Rasa buahnya elok dengan sedikit asam, biji pada buah berwarna hitam atau coklat. Namun taukah anda kandungan gizi, manfaat dari buah yang berjulukan latin Averrhoa carambola ini? berikut ialah klarifikasi lengkapnya.


Belimbing mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, dalam 100 gram belimbing mengandung 31 Kcal kalori; 6.73 g karbohidrat; 1.04 g protein; 0.33 g lemak; 2.80 g serat; 12 µg folat; 0.367 mg niacin; 0.017 mg pyridoxine; 0.016 mg riboflavin; 0.014 mg thiamin; 61 IU vitamin A; 34.4 mg vitamin C; 0.15 mg vitamin E; 2 mg sodium; 133 mg kalium; 3 mg kalsium; 0.08 mg zat besi; 10 mg magnesium; 12 mg fosfor; 0.12 mg seng dan banyak sekali senyawa lainnya. Dengan kandungan gizi tersebut belimbing mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan badan diantaranya:



  • Dapat mencegah kanker

    Kandungan vitamuin C yang cukup tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam buah belimbing memberi pencegahan terhadap serangan tanda-tanda kanker. Selain itu vitamin c juga berfungsi sebagai antiinflamasi, pencegah radikal bebas dan juga pencegah infeksi.

  • Dapat menyehatkan pencernaan

    Karena kaya akan serat buah belimbing sanggup membantu mencecah absorpsi LDL masakan dalam usus, selain itu juga sanggup melindungi selaput lendir usus dari racun penyebab kanker usus besar. Oleh kerrena itu belimbing baik dikonsumsi alasannya sanggup menyehatkan pencernaan dan mencegah terjangkit penyakit kanker usus besar.

  • Dapat membantu meningkatkan kerja enzim

    Buah belimbing meningkatkan kerja enzim alasannya buah belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks yang terdiri dari riboflavin,folat, serta piridoksin yang bekerja sama sebagai co-faktor enzim dalam proses metabolisme badan dan membantu mendukung fungsi sintetis enzim.

  • Dapat membantu mengatasi Gangguan pada Ginjal

    Karena kandungan asam oksalat pada buah belimbing sangat tinggi sanggup membantu mengatasi duduk perkara tersebut dengan mengkonsumsi buah belimbing.

  • Dapat mengatasi Hipertensi atau tekanan darah tinggi

    Kandungan mineral dan elektrolit dalam buah belimbing ibarat kalium, seng, zat besi dan fosfor sanggup membentu mengatasi duduk perkara hipertensi atau tekanan darah tinggi apabila dikonsumsi secara rutin.

  • Sumber Antioksidan

    Buah belimbing kaya akan antioksidan flavonoid polifenol ibarat asam galat, quercetin, dan epicatachin yang sanggup membentu badan untuk melindungi badan dari kerisakan tanggapan radikal bebas.

  • Dapat membantu mengurangi kadar lemak jahat dalam darah

    Zat pektin dalam buah belimbing sanggup membntu mengurangi kolesterol jahat yang ada dalam darah dengan cara mengikat kolesterol tersebut dan mengeluarkan asam empedu dikala sekresi sehingga buah belimbing baik dikonsumsi untuk penderita tanda-tanda diabetes.

  • Dapat membantu mengatasi duduk perkara rambut rontok

    Kandungan vitamin c dalam belimbing baik untk mencegah rambt rontok, selain itu uga kandungan vitamin c tersebut sanggup membantu mencegah penuaan dini.

  • Dapat menyehatkan rambut

    Kandungan vitamin B kompleks dalam belimbing sanggup membantu pertumbuhan rambut dan juga menjaga rambut tetap berpengaruh dan sehat.

  • Dapat membantu mengatasi jerawat dan kulit berminyak

    Belimbing sanggup membantu mengatasi jerawat dan kulit berminyak dengan cara membuatnya menjadi masker wajah ataupun dimakan secara langsung.

  • Dapat mengurangi jerawat

    Kandungan seng dalam belimbing sanggup membantu mengurangi jerawat, alasannya adanya imbas anti mikroba.


Demikian artikel pembahasan tentang”Kandungan Gizi Belimbing Dan Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Kandungan Gizi Belimbing Dan Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel