6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Adas “Tanaman Minyak Telon”

Panduan Lengkap Cara Budidaya Adas “Tanaman Minyak Telon”


Adas atau adas pedas (Foeniculum vulgare) merupkan salah satu tumbuhan rempah sekaligus tumbuhan obat yang masuk dalam suku adas-adasan atau Apiaceae. Minyak adas yang terkandung bijinya merupakan salah satu komponen untuk menciptakan minyak telon.


Tumbuhan adas berbentuk herba yang mempunyai kedaluwarsa harum, berwarna hijau terang, tegak, dan tingginya sanggup mencapai sekitar 2 meter. Daun tumbuhan adas sanggup tumbuh sampai panjang sekitar 40 cm, berbentuk pita, segmen terakhir dalam bentuk rambut dengan kira-kira selebar 0,5mm. Bunga dihasilkan di ujung tangkai, bunganya beragam yang berdiameter 5 cm sampai 15 cm. Setiap penggalan umbel mempunyai 20-50 kuntum bunga kuning yang berukuran amat kecil pada pedikel-pedikel yang pendek. Buah adas merupakan biji kering dengan panjang sekitar 4-9 mm dan lebar setengah panjangnya, dan mempunyai alur. Biji yang dikeringkan disebut dengan biji adas.


Cara Budidaya Adas


a. Syarat Tumbuh

Tanaman adas sanggup tumbuh dari kawasan dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 10 –2.400 m dpl, cuaca sejuk dan cerah (150C – 200C), dan curah hujan sekitar 2500 mm/tahun. Tanaman Adas akan tumbuh dengan baik pada tanah berlempung, tanah yang cukup subur dan berdrainase baik, berpasir atau liat berpasir dan berkapur dengan Derajat keasaman atau pH sekitar 6,5 – 8,0.


b. Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang akan dipakai untuk menanam adas sebaiknya diolah sekitar sebulan sebelum tanam. Lahan dibersihkan dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Kemudian gemburkan tanah pada lahan dengan cara dicangkuli kemudian di ratakan kembali. Selanjutnya, lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk sangkar sebanyak 3 kg/m2 lahan. Buatlah bedengan dengan lebar sekitar 0, 5 meter sampai 1 meter dengan panjang diubahsuaikan denga lahan tanam. Antar bedengan diberi sela untuk kanal irigasi, dengan ukuranh disesuaiklan dengan bedengan dan dalamnya sekitar 20 cm sampai 30 cm. Lalu buatlah lubang tanam pada bedengan dengan jarakantar lubang sekitar 60 cm x 60 cm.


c. Persiapan Bibit

Pilihlah biji benih yang telah renta untuk dijadikan bibit yang diambil dari tumbuhan yang sehat. Biji benih sanggup ditanam eksklusif ke lahan tanam atau disemaikan dahulu. Jika disemai, biji yang ditebar pada media semai kemudian ditutup memakai jerami sampai benih tumbuh. Benih biasanya akan tumbuh sekitar 1 sampai 2 ahad sesudah semai. Setelah bibit berumur sekitar 1,5 sampai 2 bulan, bibit sanggup dipindah tanamkan ke lahan tanam.


d. Penanaman

Setelah bibit berumur sekitar 2 bulan dan lahan pun telah siap, lakukan penanaman. Ambil bibit pada media semai, kemudian tanamkan dalam lubang tanam yang telah dibentuk pada bedengan dan tutup kembali dengan media tanam disekitar lubang tanam dan padatkan. Agar mencegah pertumbuhan gulma annda sanggup memperlihatkan mulsa berupa jerami.


e. Perawatan Tanaman



  • Penyiraman

    Lakukan penyiraman secara teratur biar kelembaban anah terjaga namun jangan terlalu banyak alasannya yaitu sanggup menjadikan tumbuhan membusuk.

  • Penyiangan

    Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan adas biar tidak mengganggu pertumbuhan tumbuhan adas tersebut.

  • Peninggian bedengan

    Karena tumbuhan adas mempunyai umbi, lakukan peninggian tanah dan tutupi umbi tersebut biar umbi terlindung dari sinar matahari.


f. Pemanenan Adas

Tanaman adas mulai sanggup dipanen sesudah berumur 8 bulan sesudah tanam. Hal tersebut ditandai dengan warna buah hijau keabu-abuan sampai kehitaman dan cukup keras jikalau ditekan. Buah adas matangnya tidak serempak, sehingga pemanenan membutuhkan waktu cukup usang yaitu sekitar 4 bulan dengan 15 kali pemetikan dalam interval waktu 1 sampai 2 minggu. Pemanenan dilakukan dengan cara memetik karangan buah yang sudah masak.


Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Adas “Tanaman Minyak Telon”“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Adas “Tanaman Minyak Telon”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel