Khasiat Tersembunyi Gelembung Ikan

Saban pekan Yian di Salatiga, Jawa Tengah, mendatangi penjual ikan air tawar langganan di Pasar Raya. Selain rutin membeli ikan mas atau patin, wanita 46 tahun itu kerapkali mengumpulkan gelembung ikan yang menjadi limbah. “Saya biasanya pesan jikalau ada gelembung ikan, tolong dikumpulkan,” ujarnya. Gelembung yang sejatinya gelembung renang ikan itu dijadikan gabungan sop oleh Yian.


Berkat rutin mengonsumsi gelembung ikan itu, Yian menuturkan ia terlihat abadi muda dan kulitnya menjadi lebih halus. “Banyak yang menerka usia aku lebih muda dari sebenarnya,” tuturnya senang. Khasiat lain yang dirasakan oleh ibu 3 putri itu yaitu terbebas dari gangguan pencernaan menyerupai mulas dan kembung yang dideritanya.


Gelembung ikan yang disebut sebagai fish maw tersebut terkenal di Tiongkok sebagai sebagai materi perhiasan pada aneka sop, bahkan menjadi masakan glamor bila menggunakan gelembung renang ikan kakap tawar, misalnya. Harap mafhum gelembung ikan gulama-sebutan lain kakap tawar-mencapai harga belasan juta per kg, tergantung kualitas.


Sejatinya gelembung renang itu dapat dijumpai di swalayan besar, meski tidak selalu tersedia. Gelembung ikan yang dijual tersebut sudah dikeringkan dalam bentuk padat dengan tekstur keras serta rupa menyerupai balon. Pengolahan sebelum dimasak dengan merendam di air selama 4-5 jam semoga lunak.


Kandungan tinggi kolagen menciptakan gelembung ikan tersebut berkhasiat. Di Tiongkok, konsumsi fish maw tersebut diyakini dapat mendongkrak kesehatan sistem metabolisme tubuh, mengencangkan kulit, menjaga kesehatan kulit, bahkan meningkatkan kesuburan pasangan pasutri.


Kolagen merupakan material protein berbentuk serat. Protein tersebut lebih banyak didominasi dijumpai pada vertebrata tingkat tinggi menyerupai manusia. Hampir 1/3 protein di badan vertebrata merupakan kolagen. Kolagen juga merupakan komponen serat utama pada tulang, gigi, tulang rawan, lapisan kulit, tendon (urat daging), sampai retina mata.


Belum ada Komentar untuk "Khasiat Tersembunyi Gelembung Ikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel