Cara Sukses Budidaya dan Memelihara Ayam Ketawa Dengan Mudah

Cara Budidaya dan Memelihara Ayam Ketawa Dengan Mudah – Ayam ketawa merupakan jenis ayam yang mempunyai bunyi mirip orang tertawa, dengan keunikan tersebut jenis ayam ini banyak dibudidayakan oleh para pecinta ayam sebagai ayam koleksi atau ayam hias. Nah kalau anda ingin membudidayakan dan memelihara ayam ketawa ini, anda sanggup memakai metode yang sama dengan ayam kampung biasa.


Cara Budidaya Ayam Ketawa


Orang yang belum mengetahui, banyak yang membayangkan bahwa cara memelihara ayam ketawa sangatlah sulit dan merepotkan. Namun gotong royong memelihara ayam ketawa sama halnya dengan memelihara ayam hias atau ayam aduan lainnya bahkan lebih gampang alasannya yaitu dalam pemeliharaannya, tidak ada hukum khusus.


Cara Menetaskan Telur


Penetasan telur ayam ketawa sanggup dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan memakai mesin penetas ataupun dengan mengeramkan pada induk ayam betina lain yang sedang mengeram. Kedua cara penetasan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan memakai mesin penetas, kita tidak perlu menyiapkan induk ayam betina lain untuk menetaskan telur ayam ketawa. Selain itu, dengan memakai mesin penetas kita lebih gampang memilih kapasitas telur yang akan ditetaskan, tinggal menyesuaikan dengan produksi telur dan kapasitas med=sin penetas yang akan diigunakan.


Persiapan Kandang


Kandang yang perlu dipersiapan untuk memelihara ayam ketawa yakni memakai sangkar dengan sistem baterai. Kandang tersebut dibentuk supaya ayam jantan maupun ayam betina lebih leluasa bergerak. Karena prinsip lantai sangkar sistem baterai ayam ketawa miring, maka dikala ayam ketawa betina bertelur maka telurnya akan menggelinding ke bab yang rendah, kalau begitu tinggal mengambil telur tersebut untuk di tetaskan. Namun perlu diingat, lakukan pemasangan ban atau busa sebagai penahan dikala telur menggelinding ke luar telur ayam ketawa tersebut tidak jatuh dan pecah.


Perawatan Anakan Ayam


Anakan ayam ketawa sanggup diberi pakan berupa por yang lembut dan minum yang diberikan air yang sudah di beri suplemen. Selain pakan dan minum, suhu ruangan di sangkar anakan dibentuk hangat dengan memberi lampu listrik 5 watt.


Agar anak ayam ketawa tidak gampang terjangkit penyakit sebaiknya di vaksin, pilihlah cara vaksin melalui tetes mata. Vaksin sanggup diberikan ke ayam ketawa yang gres menetas sampai berumur 1 minggu. Pastikan vaksin tersebut benar-benar masuk ke mata ayam, sesudah diteteskan ke mata ayam, ayam dipegang dulu sampai ayam mengerjapkan mata berkali-kali, kalau sudah barulah ayam ketawa dilepas. Vaksin selanjutnya diberikan dikala ayam berumur 1 bulan sampai dewasa, cara derma vaksin tersebut sama dengan cara derma vaksin pada anak ayam ketawa.


Ayam ketawa yang sudah berumur 4 bulan derma pakan por 591 mulai dikurangi, por yang akan diberipakan pada ayam ketawa dicampur dengan beras merah atau jagung slep. Anakan ayam ketawa yang sudah berumur 4 bulan sudah mulai berguru berbunyi dan selain pakan, minuman yang diberikan pada ayam ketawa tetap dicampur dengan suplemen.


Perawatan Ayam Ketawa Dewasa


Agar menghasilkan ayam ketawa yang baik, sehat dan mempunyai bunyi yang anggun maka perlu dilakukan perawatan dan latihan . Berikut ini tips & cara merawat dan melatih ayam ketawa :


Lakukan pencucian sangkar ayam ketawa secara rutin. Karena kebersihan sangkar sangat besar lengan berkuasa pada sehat tidaknya ayam ketawa. Apabila sangkar kotor maka ayam akan rentan terkena penyakit, sedangkan kalau sangkar higienis maka hal tersebut menciptakan ayam mempunyai nafsu makan yang baik.


Ayam ketawa dimandikan paling tidak setiap 3 hari sekali supaya menjaga badan ayam ketawa tetap higienis dan segar. Setelah dimandikan, ayam ketawa dijemur kurang lebih selama 30 menit.


Karena sifat alamiah ayam yang suka naik ke atas, sebaiknya ayam ketawa mempunyai daerah untuk bertengger. Dengan mengkondisikan lingkungan sekitar ayam ketawa dengan baik, maka pertumbuhan ayam ketawa juga akan baik dan tidak gampang sakit.


Untuk melatih ayam ketawa supaya mau berkokok, ayam diperdengarkan bunyi kokokan ayam ketawa lain. Pilihlah audio ayam ketawa dengan bunyi bagus, kemudian diperdengarkan ke ayam ketawa milik anda supaya terpacu untuk ikut bersuara, walaupun tidak sanggup ibarat namun hal tersebut sanggup melatih keberanian ayam ketawa.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya dan Memelihara Ayam Ketawa Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Budidaya dan Memelihara Ayam Ketawa Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel