Cara Menanam Ciplukan Dalam Pot (Tabulampot Ciplukan) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Cara Menanam Ciplukan Dalam Pot (Tabulampot Ciplukan) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Ciplukan atau Ceplukan (P. angulata L., P. minima, P. peruviana) ialah salah satu jenis buah berukuran kecil yang berasal dari famili Solanaceae. Tanaman ciplukan merupakan tumbuhan herba yang mempunyai umur 1 tahun, ciplukan mempunyai batang yang tegak berusuk, bersegi tajam dan berongga dengan tinggi sanggup mencapai sekitar 1 meter. Daun tumbuhan ciplukan mempunyai ebntuk bundar telur memanjang dengan ujung meruncing dan tepi yang terkadang rata dan terkadang tidak. Bunganya terletak pada ketiak daun. Buah cimplukan terbungkus oleh kelopak yang menggelembung dengan bentuk telur dan meruncing pada bab ujungnya dengan warna hijau kekuningan, buah cimplukan berbentuk buni dan berwarna kekuningan jikalau telah masak dan mempunyai rasa yang manis. Tanaman ciplukan biasanya hidup liar di persawahan, perkebunan, dan lainnya.


Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Solanales

Famili: Solanaceae

Genus: Physalis


Kandungan dalam ciplukan diantaranya ibarat kalori, lemak, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, zat besi, chlorogenik acid, asam sitrun, asam malat, tanin, alkanoid, kriptoxantin, fisalin serta senyawa C27H44O-H2O.


Seluruh bab badan tumbuhan ciplukan dari daun sampai akar mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, berikut beberapa manfaat ciplukan diantaranya yaitu:



  • Dapat membantu mengobati Darah Tinggi atau Hipertensi (herba kering ciplukan)

  • Dapat membantu mengatasi atau mengobati diabetes melitus atau kencing bagus (tanaman ciplukan yang berbuah sampai akarnya)

  • Dapat membantu mengobati Bisul (daun)

  • Dapat membantu mengobati gusi berdarah (buah)

  • Dapat membantu mengobati sakit paru-paru (akar,batang daun dan bunga)

  • Dapat membantu mengobati borok (daun)

  • Dapat membantu mengobati influenza (daun)


Dengan banyaknya kandungan dan keuntungannya bagi kesehatan, banyak orang mencoba peluang perjuangan untuk membudidayakan tumbuhan ciplukan ini.  Jika kalian tidak mempunyai lahan yang luas untuk menanam ciplukan ini, kalian sanggup menanam ciplukan di dalam pot atau tabulampot ciplukan. Berikut Cara Menanam Ciplukan Dalam Pot:


Cara Menanam Ciplukan Dalam Pot atau Tabulampot Ciplukan


Persiapan Bibit Tanaman Ciplukan


Perbanyakan tumbuhan ciplukan sanggup dilakukan melalui biji benih. Ambil buah ciplukan yang benar-benar matang dan berasal dari pohon yang sehat. Kemudian keluarkan biji ciplukan dengan cara dipencet. Pisahkan biji dan daging buahnya. Setelah itu, jemur biji selama sekitar 1-2 jam dibawah sinar matahari.


Setelah itu, lakukan penyemaian biji ciplukan tersebut. Siapkan media semai berupa tanah yang sudah diayak, selanjutnya masukkan dalam polybag kecil dan siram. Buatlah lubang tanam pada tanah sedalam 2-5 mm kemudian setiap polybag diisi sebanyak 2-3 biji ciplukan/polybag semai dan tutup kembali . Setelah sekitar 1 ahad maka biji benih sudah akan bertunas. Lakukan perawatan berupa penyiraman secara rutin setiap hari secukupnya dan tempatkan pada kawasan terbuka atau terkena sinar matahari secara langsung. Setelah bibit ciplukan telah tumbuh setinggi 10-15 cm maka bibit ciplukan siap dipindahkan ke kawasan tanam sebenarnya.


Persiapan Pot dan Media Tanam Ciplukan


Siapkan pot/polybag yang berukuran besar atau diadaptasi dengan ukuran bibit yang akan ditanam. Selain pot atau polybag, sanggup dipakai baskom atau wadah lainnya yang sudah tidak terpakai.


Siapkan media tanam berupa adonan tanah yang mengandung humus dan telah diayak dengan pasir, serbuk gergaji dan sekam (merang).


Penanaman Tanaman Ciplukan Dalam Pot


Masukkan media tanam ke dalam pot setengah bab terlebih dahulu, kemudian masukkan bibit namun lepaskan terlebih dahulu polybag semai bibit dengan hati-hati semoga media semai dan perakarannya tidak rusak. Kemudian masukkan kembali media tanamnya sampai penuh kemudian lakukan penyiraman secukupnya saja.


Perawatan Tanaman Ciplukan Dalam Pot


Lakukan pengairan dengan metode disiram. Penyiraman tersebut dilakukan secukupnya saja, jangan terlalu sering melaksanakan penyiraman, perhatikan kondisi tanah dalam pot terlebig dahulu alasannya ialah jikalau terlalu sering disiram atau terlaku banyak memberi air sanggup menjadikan akar tumbuhan ciplukan membusuk.


Selain itu, semoga nutrisi yang diharapkan untuk pertumbuhan tumbuhan ciplukan terpenuhi, lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk NPK dengan cara dikocor.


Panen Buah Ciplukan


Pemanenan buah ciplukan sanggup dilakukan pada buah ciplukan yang renta dan matang. Ciri-ciri buah yang renta yaitu berwarna kuning kecoklatan. Pemanenan buah ciplukan sanggup dilakukan dengan interval 5-10 hari sekali.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Menanam Ciplukan Dalam Pot (Tabulampot Ciplukan) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Ciplukan Dalam Pot (Tabulampot Ciplukan) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel