Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Polybag atau Pot Agar Cepat Besar

Cara Menanam/ Budidaya Dan Merawat Tanaman Lidah Buaya Dalam Polybag atau Pot Agar Cepat Besar


Lidah Buaya atau Aloe vera ialah salah satu tumbuhan berduri, tumbuhan ini berasal dari kawasan kering Benua Afrika. Tanaman ini mempunyai manfaat serta khasiat yang luar biasa dan telah dipakai semenjak ribuan tahun yang lalu. Lidah Buaya merupakan tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat ibarat Dapat menyuburkan rambut, Dapat mengurangi rasa gatal dan menghilangkan ketombe pada kulit kepala, Dapat mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi, Dapat membantu menjaga berat tubuh dan menurunkan berat badan, Dapat membantu mengatasi duduk kasus pada lisan serta menjaga kesehatannya, dan masih banyak yang lainnya.


Selai di budidayakan di lahan tanam secara langsung, budidaya atau menanam pengecap buaya sanggup dilakukan memakai Pot atau Polybag tanam. Berikut adalah Cara Budidaya Tanam Lidah Buaya Dalam Pot atau Polybag:


a. Persiapan Bibit Lidah Buaya

Untuk mempersiapkan bibit tumbuhan pengecap buaya tidak jauh berbeda dengan cara mempersiapkan bibit tumbuhan bunga pengecap mertua, supaya tumbuhan pengecap buaya sanggup cepat tumbuh maka pembibitan dilakukan dengan cara mengambil tunas yang tumbuh di sekitar tumbuhan indukan.


Pilih dan ambil salah satu tunas dari tumbuhan indukan pengecap buaya yang subur dan mempunyai rimpang yang sehat. Ketika mencabut tunas bakal bibit sebaiknya gunakan alat bantu ibarat pisau atau yang lainnya semoga akar tunas tidak tertinggal dalam tanah.


b. Persiapan Pot atau Polybag Tanam dan Media Tanam

Anda harus menyiapkan pot atau polybag tanam dengan ukuran sedang atau diadaptasi dengan bibit yang akan di tanam, Pot atau polybag tanam yang akan dipakai untuk menanam tumbuhan pengecap buaya ini, dipastikanmemiliki beberapa lubang untuk mengalirkan air bekas penyiraman pada potongan bawahnya.


Setelah pot atau polybag siap. Jika memakai pot, masukkan pecahan genting atau kerikil split pada dasar pot, hal ini bertujuan semoga lubang pot nantinya tidak tersumbat. Selanjutnya masukkan media tanam berupa adonan tanah, pupuk kandang, dan pasir ke dalam pot dengan perbandingan 2 Tanah : 2 Pupuk Kandang : 1 pasir. Pengisian media tanam tersebut dilakukan sampai menyisakan sekitar 10 cm potongan pot. Biarkan pot tersebut selama 1 ahad sebelum di tanami.


Jika memakai polybag tanam, masukkan media tanam berupa adonan tanah, pupuk kandang, dan pasir ke dalam polybag dengan perbandingan 2 Tanah : 2 Pupuk Kandang : 1 pasir. Pengisian media tanam tersebut dilakukan sampai menyisakan sekitar 10 cm potongan polybag. Biarkan polybag tersebut selama 1 ahad sebelum di tanami.


c. Penanaman Lidah Buaya

Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Cara menanam tumbuhan pengecap buaya sama dengan cara menanam tumbuhan bunga pengecap mertua yaitu hanya dengan menancapkan tunas yang telah diambil dari tumbuhan indukan ke dalam pot/polybag atau lubang tanam yang telah disiapkan. Penancapan bibit tunas tumbuhan pengecap buaya sebaiknya jangan terlalu dalam cukup sekitar 15 cm saja, kemudian timbun kembali dengan media tanam yang ada di sekitar lubang tanam dalam pot/polybag. Lalu padatkan dengan menekan memakai tangan.


Jika sudah final menanam lakukan penyiraman namun jangan terlalu basah. Penyiraman tersebut cukup dilakukan dengan memakai sistem spray semoga kelembaban media tanam terjaga. Letakkan pot/polybag yang telah ditanami bibit tumbuhan pengecap buaya di tempat yang terkena sinar matahari, namun pada awal penanaman sebaiknya jangan letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari cukup terik. Letakkan pada tempat yang teduh, namun tetap mendapat asupan sinar matahari.


d. Pemeliharaan Tanaman Lidah Buaya

Pemeliharaan yang dilakukan pada tumbuhan pengecap buaya yaitu ibarat penyiraman dan pemupukan.


Penyiraman

Penyiranam sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering sebab tumbuhan pengecap buaya ialah tumbuhan yang tidak begitu menyukai media tanam yang basah. Penyiraman tersebut sanggup dilakukan 2-3 hari sekali.


Pemupukan Susulan

Pemupukan juga sebaiknya dilakukan kembali, pemupukan susulan pertama dilakukan sehabis tanamab pengecap buaya berumur 1 tahun sehabis tanam. Pemupukan tersebut dilakukan dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos.


e. Pemanenan Lidah Buaya

Panen pengecap buaya yang pertama sanggup dilakukan sehabis tumbuhan pengecap buaya berumur 6 bulan. Cara memanen pengecap buaya yaitu dengan memotong potongan daun yang paling luar memakai pisau atau yang lainnya.


Demikian aritikel pembahasan tentang”Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Polybag atau Pot Agar Cepat Besar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa


su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya:” open=”yes” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]


[/su_spoiler]

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Polybag atau Pot Agar Cepat Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel