Maskoki Berkualitas Ala China (2)

Maskoki berkualitas di China dirawat dengan seksama. Salah satu yang penting dalam perawatan tersebut yaitu kualitas air.


Kualitas air berperan penting bagi kelangsungan hidup maskoki. Ia besar lengan berkuasa terhadap kecepatan reproduksi dan psikologi ikan. Air yang anggun mempercepat keluarnya sel telur ketika ikan matang gonad. Selain itu membikin ikan bergerak aktif dan terlihat sehat.


Secara normal, binatang berdarah cuek ini sanggup hidup di air ber pH 6,5-8,5. Bila terlalu rendah mengakibatkan maskoki mengalami acidosis. Demikian juga kalau terlampau tinggi, terjadi alkalidosis.


Acidosis yaitu menimbunnya asam dalam badan dan ditandai dengan kadar ion hidrogen. Gejala serangan, ikan suka berdiam di dasar kolam dan ogah makan. Alkalidosis, ikan mengeluarkan lendir berlebih sebagai upaya mengatasi amonia yang makin beracun.


Maskoki menyukai kesadahan air yang lunak sekitar 4. Kesadahan tinggi, di atas 6 menimbulkan stres. Suhu air sebaiknya 18-28 derajat Celcius. Meski demikian ketika suhu lebih dari 30 derajat Celcius ia bisa bertahan hidup. Namun, proses metabolisme badan lebih cepat, sehingga ikan gampang lelah karena kehabisan energi.


Pada suhu kurang dari 15 derajat Celcius, ikan sulit bergerak dan sedikit menyantap pakan. Pasokan oksigen mutlak diperlukan. Oksigen akan membantu menguraikan senyawa sisa-sisa metabolisme yang beracun menyerupai amonia dan nitrit. Minimal oksigen terlarut 5 ml/liter. Oleh alasannya pemanfaatan aerator sangat dianjurkan.


Hampir semua farm maskoki berkualitas di China mempunyai air kolam berwarna kehijauan karena kehadiran alga. Tanaman bersel satu ini merupakan indikator kualitas air. Semakin kehijauan kian anggun kualitas air dan sebaliknya. Yang perlu diingat mencegah ledakan ganggang itu. Jika itu terjadi hingga menutupi permukaan kolam mengakibatkan anjloknya oksigen terlarut.


Untuk menghindari, lakukan penggantian air minimal sebanyak 20% dari total kapasitas kolam. Penggantian sanggup dilakukan setiap ahad atau hingga air kolam tampak terlalu hijau pekat. Di Tung Hoi Aquarium, eceng gondok Eichornia crassipes dimanfaatkan sebagai filter air. Setiap air yang keluar dari kolam akan melalui flora pengisap racun itu sebelum diolah lagi di bak-bak filter. Jadi, masuk akal hingga ketika ini China merupakan produsen maskoki berkualitas.


Belum ada Komentar untuk "Maskoki Berkualitas Ala China (2)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel