Manfaat Dan Khasiat Daun Dewa Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pengobatan

Manfaat Tanaman Daun Dewa Atau Sambung Nyawa Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pengobatan


Daun Dewa (Gynura divaricata) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dimana daunnya banyak dimanfaatkan untuk obat atau sebut saja tumbuhan herbal. Tanaman daun ilahi masuk dalam keluarga Compositae. Nama lain dari tumbuhan daun ilahi yaitu sambung nyawa, ngokilo, dan San qi cao. Tanaman daun ilahi merupakan tumbuhan tegak dengan ketinggian sekitar 30 cm – 40 cm. Daun pada tumbuhan daun ilahi mempunyai ukuran panjang sekitar 20 cm dan lebar sekitar 10 cm, mempunyai tangkai, bentuk daunnya lingkaran lonjong berdaging berujung lancip, mempunyai bulu halus serta bertoreh pada bab tepi serta mempunyai warna hijau keunguan. Daun ilahi mempunyai bunga beragam berkelopak hijau berbentuk cawan dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum, Bunga ini tumbuh pada bab ujung batang.


Kandungan zat pada daun ilahi antara lain: saponin, minyak astiri, flavonoid, tannin, vanilat, polifenol, asam klorogenat, asam p-kumarat, asam p-hidroksi benzoate, alkaloid, triterpenoid, sterol dan vitamin K. Zat-zat tersebut mempunyai sifat kimia seperti: Antikoagulan, Diuretik, Anti-toxic, Anti-kolesterol, Anti-piretik, Hipotensif, Hipoglikemin, Anti-inflamasi, Analgesik, Antihyperlipidemia, Anti bakteri, dan Sitostatik.


Dari kandungan serta sifat yang dimiliki zat pada daun dewa, daun ilahi mempunyai manfaat/khasiat yang baik untuk badan diantaranya:


1. Dapat membantu mengobati Stroke

Stroke merupakan gangguan kesehatan yang terjadi jawaban rusaknya jaringan pada otak. Daun ilahi sanggup membantu mengobati gangguan kesehatan tersebut dengan cara memanfaatkan bab umbi tumbuhan dan daunnya. Untuk pemanfaatan umbi bisa dilakukan dengan cara menumbuk umbi daun ilahi dengan beberapa butir biji ginko dan sedikit madu, kemudian tumbukan tersebut dimasukan dalam kapsul, selanjutnya di konsumsi secara rutin sampai 1-2 bulan. Untuk pemanfaatan daun bisa dilakukan dengan cara merebus daun kemudian air rebusan diminum secara teratur yaitu 2 x sehari.


2. Dapat mengobati Hipertensi atau Tekanan darah tinggi

Daun ilahi mempunyai kandungan yang bersifat hipotesif yang sanggup membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi secara alami tanpa adaya pengaruh samping. Caranya: Rebuslah sekitar 7 sampai 10 lembar daun ilahi kemudian air rebusan diminum setiap 2 kali sehari sehabis makan atau juga bisa gunakan daun ilahi tersebut untuk lalapan.


3. Dapat membantu mengobati diabetes

Diabetes atau kencing manis sanggup terjadi alasannya yaitu adanya kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah. Daun ilahi mempunyai kandungan yang bersifat hipoglikemik yang terbukti bisa untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah, Caranya: Rebuslah daun ilahi kemudian minum air rebusan minimal sekali sehari.


4. Dapat mengobati reumatik

Untuk mengobati reumatik dengan memakai daun ilahi caranya yaitu dengan meminum secara rutin ramuan dari rebusan daun ilahi dengan jahe merah dan akar sawi langit.


5. Dapat membantu mengobati sakit jantung

Untuk menurunkan risiko sakit jantung secara alami anda bisa memanfaatkan tumbuhan daun dewa. Caranya: Tumbuk umbi tumbuhan daun ilahi kemudian seduh memakai air, kemudian minum ramuan tersebut setiap sore.


6. Dapat membantu mengobati luka

Tumbukan umbi daun ilahi dengan sedikit gula merah sanggup membantu mengobati luka bakar maupun luka jawaban goresan. Selain memanfaatkan umbi untuk mengobati luka bakar atau goresan, anda sanggup memanfaatkan daunnya untuk mengobati luka memar dengan cara membalurkan tumbukan daun ilahi dengan daun jarak pada bab yang mengalami luka memar.


7. Dapat membantu mengobati Kanker

Daun ilahi mempunyai sifat sitotastik yang sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker dalam badan untuk itu konsumsilah ramuan atau hasil rebusan daun tumbuhan daun ilahi dengan temu ireng dan jombang secara rutin.


8. Dapat memnbantu mengobati pendarahan atau pembengkakan Payudara

Caranya: konsumsilah air rebusan dari daun tumbuhan daun ilahi sebanyak sekali sehari 1/2 gelas.


9. Dapat membantu mengobati kutil

Kutil atau papilloma yaitu sejenis tumor jinak pada kulit jawaban adanya penebalan yang berlebih dari lapisan kulit luar. Cra alami mengobatinya yaitu dengan menumpuk beberapa lembar daun dari tumbuhan daun ilahi kemudian ditempelkan pada bab yang terkena kutil dengan di plester, atau bisa juga daun di potong dahulu gres di tempel pada kutil dan diplester.


10. Dapat mengobati gigitan hewan buas

Caranya: Tumbuk beberapa umbi tanman daun ilahi kemudian terapkan pada bab yang terkena gigitan dan perban.


11. Dapat membantu mengobati kejang pada anak

Caranya tumbuk batang tumbuhan daun ilahi kemudian campurkan dengan sedikit arak kemudian minumkan pada anak yang mengalami kejang.


12. Dapat membantu mengobati demam berdarah

Caranya: minumlah rebusan daun tumbuhan daun ilahi secara rutin yaitu 2 x sehari.


13. Dapat membantu mengobati keseleo atau terkilir

Selain dengan memijit, mengobati keseleo sanggup dilakukan dengan cara meminum ramuan dari rebusan daun tumbuhan daun dewa, temu lawak dan temu hitam sebanyak 2 x sehari.


14. Dapat membantu mengobati Wasir atau ambeien

Caranya: Rebuslah saun tumbuhan daundewa dengan daging tumbuhan pengecap buaya dan sedikit madu, kemudian minum. Atau juga bisa dengan cara meremas daun tumbuhan daun ilahi sampai mengeluarkan getah kemudian masukkan kedalam anus.


15. Dapat menghilangkan flek hitam pada wajah

Caranya: remaslah daun tumbuhan daun ilahi kemudian ambl getahnya dan oleskan pada bab wajah yang ada flek hitam.


Demikian artikel pembahasan tentang”Manfaat Dan Khasiat Daun Dewa Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pengobatan“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Daun Dewa Untuk Kesehatan Tubuh Dan Pengobatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel