Cara Menanam Anggrek Hidroponik Dengan Mudah

Cara Dan Tips Menanam Anggrek Menggunakan Teknik  Hidroponik Dengan Mudah


Anggrek merupakan salah satu tumbuhan bunga yang hidup melekat atau menumpang pada pohon lain, namun anggrek bukan bunga parasit. Mereka bisa hidup berdikari meskipun menumpang pada pohon lain. Oleh alasannya itu bunga anggrek banyak dijumpai di dalam hutan dengan melekat pada pohon-pohon besar maupun dilereng-lereng pegunungan. Bunga anggrek memiliki nama latin Orchidaceae. Habitat bunga anggrek banyak tersebar di tempat tropika, namun terdapat juga di tempat sirkumpolar hingga ke wilayah tropika basah. Bunga Anggrek ternyata sanggup ditanam dengan metode Hidroponik.


Hidroponik yaitu metode penanaman tumbuhan dalam larutan nutrisi(pupuk dan air) tanpa memakai tanah. Metode ini sangat ramah lingkungan alasannya tidak perlu memakai pestisida yang membahayakan lingkungan. Media yang dipakai untuk mendukung metode hidroponik biasanya yaitu pipa,pasir,pecahan kerikil bata atau kerikil karang, sabut kelapa, kerikil, kerikil apung, bahkan bisa juga dengan potongan kayu. dan terlebih metode ini sanggup menjadi alternatif bagi seseorang yang memiliki lahan sempit alasannya metode ini tidak memerlukan banyak lahan cukup dengan memanfaatkan tembok rumah atau pagar dan lain-lain. Metode ini juga cocok bagi tempat yang kurang subur. Kali ini kita akan membahas perihal cara menanam bunga anggrek dengan metode Hidroponik.


Cara Menanam Anggrek Hidroponik


a. Persiapan Alat dan Bahan Menanam Hidroponik Bunga Anggrek


Sebelum melaksanakan penanaman ada baiknya menyiapkan dahulu alat dan materi yang diharapkan untuk menanam anggrek dengan metode hidroponik ini. Alat dan materi yang perlu disiapkan antara lain: Media tanam berupa pelet tanah liat, gelas plastik bekas atau yang lainnya, nutrisi hidroponik khusus tumbuhan bunga, Alat pelubang gelas plastik menyerupai paku, gunting atau yang lainnya, tatakan gelas dn tentunya bibit bunga anggrek.


b. Penananam Bunga Anggrek Metode Hidroponik

Setelah alat dan materi siap maka selanjutnya lakukan penanaman. Namun sebelumnya gelas plastik bekas yang akan dipakai untuk tanam dilubangi bab dasar gelas dengan memakai paku atau yang lainnya, buatlah dua lubang yang sejajar dengan diameter masing-masing lubang sekitar 0,5 cm dan jarak antar lubang sekitar 5 cm. Selain pada bab dasar buat juga lubang dengan ukuran diameter yang sama melingkar gelas tanam.


Jika lubang telah dibuat, selanjutnya masukkan media tanam yaitu berupa pelet tanah liat dalam gelas tanam yang sudah dilubangi tadi dengan ukuran hingga setinggi lubang yang dibentuk melingkari gelas tanam. Kemudian tanam bibit anggrek dalam gelas dengan posisi tegak dan timbun kembali dengan media tanam pelet tanah liat hingga seluruh bab akar anggrek tertutup.


Kemudian jikalau sudah jawaban letakkan gelas tanam anggrek tersebut diatas tatakan gelas kemudian beri air yang sudah dicampur dengan nutrisi hidroponik khusus bunga ke dalam gelas tanam tersebut. Letakkan pada tempat yang teduh dan hindari dari sinar matahari secara pribadi hingga beberapa hari supaya anggrek sanggup beradaptasi.


c. Perawatan Tanaman Anggrek

Lakukan perawatan pada tanama anggrek hidroponik tersebut dengan cara menyelidiki larutan nutrisi pada gelas tanam anggrek secara rutin, jikalau larutan mulai berkurang maka segera berilarutan nutrisi kembali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Anggrek Hidroponik Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Anggrek Hidroponik Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel