Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik Dengan Mudah Di Rumah

Panduan Lengkap Cara Budidaya Menanam Bawang Merah Hidroponik Dengan Mudah Di Rumah


Teknik tanam secara hidroponik sekarang memang sedang menjadi trend, sebab memang menanam secar hidroponik sanggup dilakukan dimana saja termasuk bagi anda yang mempunyai lahan yang sempit. Tanaman yang sanggup ditanam dengan teknik ini ialah bawang merah. Bawang merah ialah salah satu jenis bumbu dapur yang sering dipakai dalam masakan. Berikut adalah cara budidaya tanam bawang merah hidroponik:


Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik


a. Alat dan Bahan

Teknik hidroponik yang akan kita gunakan dalam budidaya tanam bawang merah ialah sistem wick. Sebelum melaksanakan penanaman maka kita perlu menyiapkan alat dan materi menyerupai bibit bawang merah, pot, tandon nutrisi (bisa toples atu yang lainnya), media tanam (arang sekam atau cocopeat), nutrisi hidroponik, pH meter, air dan TDS meter.


b. Persiapan Bibit Bawang Merah

Persiapan bibit sangatlah perlu dilakukan, pilihlah bibit yang berkualitas dengan ciri umbi bawang merah telahbenar-benar bau tanah dan kering dengan warna mengkilat dan padat, telah mempunyai calon akar dan sesudah pemilihan bibit maka potong sedikit cuilan ujung bawang merah sekitar seperlima dari ukuran umbi.


c. Persiapan Pot dan Tandon Nutrisi

Pot yang akan dipakai sanggup kita dapatkan ditoko pertanian dan untuk tandon nutrisi kita sanggup menggunkan toples yang sudah tidak terpakai. Berikut ialah langkah persiapan pot tanam bawang merah:



  • Siapkan pot yang sesuai dengan ukuran tandon (toples).

  • Setelah itu, buatlah lubang pada tutup toples dengan ukuran menyesuaikan pot.

  • Buatlah lubang udara pada cuilan sisi samping tandon toples dengan diameter sekitar 1 cm dan dibentuk sedikit lebih rendah dari posisi dasar pot.

  • Kemudian gunting kain flanel untuk sumbu dan pasangkan pada lubang cuilan bawah pot dan kemudian barulah masukkan media tanam.

  • Bila perlu cat tandon toples biar larutan nutrisi nantinya tidak ditumbuhi lumut.


d. Media Tanam Bawang Merah Hidroponik

Media tanam yang akan dipakai dalam tanam bawang merah dengan teknik hidroponik ialah cocopeat atau arang sekam atau juga adonan keduanya dengan perbandingan 1 : 1.


e. Penanaman Bawang merah Hidroponik

Jika sudah siap semua dari pot, tandon, media tanam dan bibitnya maka segera lakukan penanaman. Masukkan media tanam yang telah disiapkan pada pot yang telah diberi sumbu, kemudian siram media tanam dengan air, sesudah itu benamkan bibit bawang merah yang telah disiapkan ke media tanam. Letakkan pot tanam pada daerah yang teduh selama sekitar 3 hingga 4 hari atau hingga tunas pada bibit keluar. Jika tunas telah tumbuh berukuran sekitar 1 cm, isi tandon dengan larutan nutrisi ab mix dan kemudian tempatkan pot tanam di daerah yang terkena sinar matahari.


f. Kebutuhan Nutrisi Tanaman Bawang Merah

Nutisi untuk bawang merah yang ideal ialah yang mempunyai pH sekitar 5,5 hingga 6,5. Nutrisi yang diharapkan untuk bawang merah berbeda setiap tahap pertumbuhannya, semakin bertambah umur tumbuhan maka dosisnya semakin tinggi. Berikut ppm untuk bawang merah:



  • Awal tanam (bibit telah bertunas 1 cm) beri nutrisi sekitar 400 ppm

  • Pada ahad kedua beri nutrisi sekitar 800 ppm

  • Pada ahad ketiga- kelima beri nutrisi sekitar 1000 ppm

  • Pada ahad keenam dan seterusnya beri nutrisi sekitar 1200 ppm


g. Perawatan Dan Pemanenan Bawang Merah Hidroponik

Perawatan tumbuhan bawang merah perlu dilakukan biar tumbuhan sanggup tumbuh maksimal. Perawatan yang dilakukan tidak begitu sulit yaitu hanya pastikan kebutuhan larutan nutrisi dalam tandon tetap terpenuhi jangan hingga kekeringan dengan ppm sesuai umur tanaman. Selain itu lakukan pengecekan pH air atau nutrisi dengan pH meter secara terencana dan usahakan pH tetap stabil.


Bawang merah hidroponik sanggup dipanen sesudah berumur sekitar 60-65 hari sesudah tanam atau bawang merah yang siap panen ditandai dengan daun yang telah rebah dan menguning.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik Dengan Mudah Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik Dengan Mudah Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel