Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Bogor Bagi Pemula

Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Bogor Bagi Pemula


Di Indonesia, Kacang Bogor (Vigna subterranea) dikenal dengan sebutan kacang bandung, kacang tanah, kacang gangge, dan kacang baleud. Asal tumbuhan kacang bogor belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan berasal dari tempat Afrika Tropis. Kini, kacang bogor telah tersebar ke Madagaskar, Mauritus, India, Ceylon, Indonesia, Philipina, Malaysia, Iowa, New Caledonia, Australia, Amerika Tengah tropis, Suriname, dan Brazilia. Kacang ini juga disebut Bambara Groundnuts.


Klasifikasi Ilmiah Kacang Bogor


Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Ordo : Rosales

Famili : Leguminoceae/Papilionaceae

Subfamili : Papilionoideae

Genus : Vigna

Spesies : Vigna subterranea


Tanaman kacang bogor merupakan herba semusim dengan cabang-cabang lateral yang menjalar di atas tanah. Tanaman ini mempunyai daun beragam dengan tiga anak daun yang berbentuk agak ellips. Tangkai daun panjang, tumbuh tegak, dan sedikit berbulu.


Bunga kacang bogor termasuk tipe bunga kupu-kupu. Bunga muncul dari ketiak daun dan tumbuh menyebar. Mahkota bunga berwarna kuning muda, kuning renta kemerah-merahan, dan ada pula yang berwarna merah gelap. Panjang tangkai bunga tidak lebih dari 1,5 cm. Setelah terjadi penyerbukan, tangkai bunga memanjang dan masuk ke dalam tanah sebagai ginofora.


Buah berbentuk polong bulat. Periode perkembangan polong paling usang 30 hari sehabis terjadi penyerbukan. Polong yang masak atau tua, dalam keadaan segar berwarna putih dan halus, namun jikalau kering, menjelma kecokelat-cokelatan dan berkerut. Polong berisi 1-2 biji dengan bentuk agak bulat, licin, dan keras. Warna kulit biji bervariasi yaitu putih, krem, cokelat, ungu, dan hitam.


Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Bogor Bagi Pemula Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Bogor Bagi Pemula


Budidaya Kacang Bogor


Kacang bogor mempunyai daya penyesuaian yang luas, sehingga sanggup ditanam di tempat savana hingga tempat hutan hujan atau transisi savana di Afrika.


a. Syarat Tumbuh

Tanaman kacang bogor sanggup tumbuh dengan subur pada tempat dengan suhu rata-rata tahunan 19°C-27°C, dan dengan penyinaran matahari yang cukup. Curah hujan yang dikehendaki berkisar antara 500 mm-3.500 mm/th. Kacang bogor merupakan tumbuhan berhari pendek.


Tanaman ini sanggup tumbuh baik pada ketinggian hingga 1.520 m dpl. Keasaman (pH) tanah yang dikehendaki berkisar antara 5,0-6,5, tetapi bisa bertoleran hingga pH 4,3. Tanaman kacang bogor memerlukan drainase yang baik dan struktur tanah yang ringan, semoga ginofora gampang menembus dan berkembang dalam tanah.


b. Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah dilakukan 1 ahad sebelum penanaman dengan cara dicangkul atau dibajak. Pada ketika pengolahan tanah, diberikan pula pupuk sangkar sebanyak 3 ton/ha.


c. Penanaman

Jarak tanam yang dipakai adalah 60 cm x 25 cm. Lubang tanam dibentuk dengan cara ditugal. Ke dalam tiap lubang dimasukkan 2 butir benih. Sebelum ditanam, biji direndam satu malam dalam air dingin, dengan tujuan untuk mempercepat perkecambahan. Untuk melindungi biji, ke dalam lubang tanam diberikan pula Furadan 3G sebanyak 30 kg/ha. Penjarangan tumbuhan dilakukan pada ketika tumbuhan berumur 14 HST (hari sehabis tanam) dengan menyisakan satu tumbuhan yang paling baik.


d. Pemupukan

Selain memakai pupuk kandang, dipakai pula pupuk buatan yaitu Urea 100 kg/ha, TSP 50 kg/ha, dan KCl 50 kg/ha. Pupuk TSP dan KCl seluruhnya diberikan secara bersamaan pada waktu tanam. Pupuk Urea diberikan 3 kali yaitu 1/3 takaran pada ketika tanam, 1/3 takaran pada ketika tumbuhan berumur 21 HST, dan 1/3 takaran lagi diberikan pada ketika tumbuhan menjelang berbunga, yaitu 35 HST.


e. Penyiangan dan Pembumbunan

Penyiangan dan pembumbunan dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu pada ketika tumbuhan berumur 4 MST (minggu sehabis tanam) dan 10 MST. Penyiangan dilakukan dengan memakai tangan atau kored.


f. Panen

Tanaman dipanen sehabis berumur antara 140-170 HST. Tanda tumbuhan siap panen yaitu daunnya menguning dan mulai berguguran. Pemanenan dilakukan dengan cara mencabut seluruh bab tumbuhan secara hati-hati dengan dukungan alat garpu.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Bogor Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Bogor Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel