Cara Budidaya Jati Emas Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jati Emas Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”


Jati termasuk dalam jenis kayu yang mempunyai kualitas tinggi, dan banyak diminati orang untuk menciptakan furniture rumah ataupun yang lainnya. Banyak orang yang mulai mencoba menanam atau membudidayakannya alasannya yaitu menanam atau membudidayakan pohon jati sanggup dijadikan prospek perjuangan yang menjanjikan.


Kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya Jati Emas, tumbuhan jati emas mempunyai nama latin Cordia subcordata atau Cordia sebestena. Tanaman jati emas banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis, jadi tumbuhan ini sangat cocok ditanam atau dibudidayakan di Indonesia. Bagi anda yang ingin membudidayakan jati emas untuk jadikan usaha. Berikut yaitu cara budidaya tanam jati emas selengkapnya :


Cara Budidaya Jati Emas


Sebagai informasi, dalam lahan yang mempunyai luas sekitar satu hektar sanggup ditanami sekitar 2000 bibit jati emas dengan jarak tanam yang tidak terlalu akrab yaitu sekitar 2 m x 2 m atau 2 m x 2,5 m. Lubang tanam yang dibuat, mempunyai ukuran sekitar 30 cm x 30 cm sampai 40 cm x 40 cm dengan kedalaman lubang sekitar 30 cm – 40 cm.


Sebelum melaksanakan penanaman lahan tanam dibersihkan dahulu dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Setelah semua proses telah dilakukan mulai dari pengolahan lahan sampai pembuatan lubang tanam lakukan penanaman (sama halnya menanam pohon jati pada umumnya).


Pemeliharaan Tanaman Jati Emas


Tanaman jati emas ini memang menjadi primadona, tumbuhan jati emas mempunyai keunggulan yaitu tidak membutuhkan waktu yang usang untuk melaksanakan pemanenan. Pada zaman dahulu tumbuhan jati membutuhkan waktu sekitar 40 sampai 50 tahun untuk memanenanya, namun sekarang hanya diharapkan waktu sekitar 7 tahun sampai 15 tahun saja. Tanaman jati emas yang telah berumur 7 tahun mempunyai lingkar pohon sekitar 27 cm dengan ketinggian sekitar 16 meter.


Pemeliharaan tumbuhan jati emas ini tidak terlalu sulit. Karena tumbuhan jati jenis ini tidak gampang terjangkit penyakit sehingga penyemprotan insektisida hanya perlu dilakukan seiap 2 ahad secara teratur denagn takaran yang telah dianjurkan untuk mengendalikan serta membunuh hama yang sering menyerang tumbuhan jati yaitu ulat dan juga belalang.


Setelah penanaman memang tumbuhan jati sanggup dibiarkan tumbuh tanpa pupuk dan mereka mencari unsur hara dalam tanah yang dibutuhkannya sendiri. Namun untuk mendapakan hasil yang maksimal maka perlu dilakukan pemupukan terhadap tanaman. Pupuk yang dipakai untuk pemupukan tumbuhan jati emas sanggup berupa pupuk kompos dan juga pupuk kimia. Pemupukan tersebut dilakukan secara berkala, beri pupuk NPK setiap 6 bulan sekali minimal sebanyak 3 kali. Pemupukan 6 bulan pertama beri NPK dengan takaran sebanyak 250 gram, kemudian 6 bulan berikutnya beri pupuk dengan takaran sekitar 500 gram den seterusnya. Dosis pupuk tersebut diadaptasi sengan kondisi tanah pada lahan tanam.

Berbicara mengenai kondisi tanah yang dimaksudkan tentunya menurut jenis tanah, Tanaman jati emas sanggup tumbuh dengan baik pada jenis tanah berkapur, lempung, lempung berpasir, liat berpasir dan pastinya tidak tergenang air serta mempunyai sistem drainase yang baik.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Jati Emas Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Jati Emas Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel