Cara Budidaya Jati Putih Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”

Panduan Lengkap Cara Menanam Jati Putih Dan Budidaya Jati Putih Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”


Jati (Tectona grandis) ialah salah satu jenis pohon penghasil kayu yang bermutu tinggi. Pohon ini mempunyai ukuran besar, mempunyai batang lurus, serta sanggup tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 30 meter-40 meter.


Jati termasuk dalam jenis kayu yang mempunyai kualitas tinggi, dan banyak diminati orang untuk menciptakan furniture rumah ataupun yang lainnya. Banyak orang yang mulai mencoba menanam atau membudidayakannya alasannya ialah menanam atau membudidayakan pohon jati sanggup dijadikan prospek perjuangan yang menjanjikan. Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya jenis jati putih atau yang mempunyai nama ilmiah Gmelina arborea, tumbuhan jati putih sendiri berasal dari daerah Asia Tenggara. Di Indonesia tumbuhan jati putih banyak ditanam di daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan.


Klasifikasi ilmiah Jati Putih

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Lamiales

Famili: Verbenaceae

Genus: Gmelina

Spesies: Gmelina arborea


Berikut ialah cara budidaya tumbuhan jati putih :


a. Cara Budidaya dan Pemelihaan Tanaman Jati Putih

Dalam melaksanakan budidaya tumbuhan jati putih milai dari proses tanam hingga proses pemeliharaan pastilah membutuhkan kesabaran yang tinggi, alasannya ialah melaksanakan bisnis atau perjuangan budidaya tumbuhan ini berbeda dengan bisnis atau perjuangan yang lain yang mungkin akan lebih cepat mengembalikan modal awal usaha. Jika melaksanakan perjuangan budidaya tumbuhan jati putih kita perlu menunggu paling cepat 7 tahun hingga 15 tahun untuk sanggup mengembalikan modal awal.


Tapi 15 tahun merupakan waktu yang cukup singkat untuk melaksanakan pemanenan tumbuhan jati putih ini, alasannya ialah pada zaman dahulu diharapkan sekitar 40 tahun hingga 50 tahun untuk sanggup memanennya menjadi tumbuhan industri perkayuan. Tapi sebenarnya, semakin bau tanah usia tumbuhan jati dikala akan di panen kualitas kayu yang dihasilkan akan lebih baik.


b. Persiapan Lahan Tanam Jati Putih

Terdapat aneka macam jenis tumbuhan jati, salah satunya ialah jati putih. Berbeda dengan jenis jati yang lain, Jati putih mempunyai ciri yang khas yaitu warna kayu yang dimilikinya berwarna pucat, lebih kuning hingga krem.


Sebelum melaksanakan penanaman, kita perlu mempersiapkan lahan tanam terlebih dahulu. Lahan tanam yang baik untuk menanam tumbuhan jati putih ini ialah daerah dataran rendah yang mempunyai curah hujan sekitar 1000 mm per tahun hingga 1200 mm per tahunnya, mempunyai tanah yang bertektur lempung, lempung berpasir, atau liat berpasir dengan prioritas tanah berkapur. Lahan tanam yang akan dipakai untuk budidaya tanam jati putih harus mempunyai tanah yang tidak simpel tergenang oleh air atau sanggup dibilang simpel becek alasannya ialah tumbuhan jati tidak sanggup tumbuh dengan baik pada daerah yang mempunyai kondisi terlalu banyak air.


c. Penentuan Sistem Drainase dan Pencegahan Hama Penyakit Tanaman Jati Putih

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan penanaman ialah sistem drainase, sistem drainase haruslah baik. Setelah menentukan lahan tanam selanjutnya perhatikan cara tanam jati putih, buatlah jarak tanam yang ideal yaitu sekitar 3 m x 3m hingga dengan 8m x 8m, sesudah jarak tanam telah ditentukan selanjutnya buatlah lubang tanam. Setelah penanaman hal yang dilakukan ialah melaksanakan perawatan pada tumbuhan diantaranya melaksanakan penyiangan atau pencabutan pada gulma atau tumbuhan pengganggu yang ada disekitar tumbuhan dan juga penyemprotan insektisida secara rutin untuk mencegah tumbuhan terjangkit hama penyakit namun penyemprotan tersebut jangan berlebihan.


d. Pemberian Pupuk Pada Tanaman Jati Putih

Tanaman jati putih, perlu diberi pupuk untuk membantu memenuhi kebutuhan zat hara. Pupuk yang diberikan pada tumbuhan jati putih berupa pupuk Urea atau pupuk NPK, pemupukan tersebut dilakukan secara terencana yaitu setiap dua bulan sekali dalam waktu 2 tahun. Pupuk tersebut diberikan dengan takaran yang sesuai dan pastikan sesuai dengan kondisi tanah lahan tanam.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Jati Putih Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Jati Putih Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel