Fakta Gedebok Pisang Untuk Pakan

“Kalau tersedia aku biasanya memperlihatkan cacahan batang pisang,” ujar Sajudin di Kecamatan Cempaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Sajudin yang mempunyai 15 kambing itu lebih sering menggembalakannya di area terbuka yang ditumbuhi rerumputan. Doyan? Lantaran diberikan sesekali ketika tersedia, kambing-kambing itu tidak selalu menghabiskannya.


Pemanfaatan batang pisang sebagai pakan memang sudah banyak diaplikasi peternak. Tak hanya diberikan segar, ia juga sanggup diberikan sehabis difermentasi terlebih dahulu selama 8-10 hari sebagai pakan komplemen pada penggemukkan kambing dan domba. Pakan komplemen itu biasanya dikombinasi pula dengan aneka materi lain ibarat dedak serta bungkil kedelai.


Sejatinya gedebok pisang mempunyai nilai palatabilitas rendah. Palatabilitas memperlihatkan sebuah respon dari ternak terhadap pakan yang diberikan. Respon tersebut dipengaruhi oleh aneka macam faktor ibarat rasa, warna, serta bau. Nilai palatabilitas rendah juga memperlihatkan terdapat gangguan untuk mencerna materi organik, terutama protein kompleks. Pada gedebok pisang gangguan itu disebabkan oleh kehadiran senyawa tanin.


Meskipun berefek pada tingkat kecernaan ternak, kehadiran senyawa tanin dari gedebok pisang justru memperlihatkan laba lain pada kambing atau domba dalam jumlah terbatas. Riset Prof (Riset) I Wayan Mathius dan rekan dari Balai Penelitian Ternak yang termaktub dalam Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner Volume 6 pada 2001, memperlihatkan senyawa tanin pada gedebok pisang yang diberikan 0,5 kg/hari/ekor pada domba sanggup memperlihatkan dukungan terhadap perombakan protein garang di rumen, sekaligus meningkatkan jumlah asam amino tanpa mengurangi kemampuan hidrolisis protein di abomasum dan usus kecil.


Perlindungan tersebut otomatis akan meningkatkan protein lolos cerna dari degradasi di rumen lantas masuk ke usus kecil serta siap dihidrolisis secara enzimatis. Pada ujungnya proses tersebut akan menyediakan protein siap di serap badan sehingga domba pun sanggup tumbuh dan berkembang maksimal.


Belum ada Komentar untuk "Fakta Gedebok Pisang Untuk Pakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel